Gerakan Olahraga Dan Senam Untuk Mengecilkan Perut Buncit

gerakan olahraga dan senam untuk mengecilkan perut buncit
loading...

Ada banyak sekali macam-macam gerakan untuk mengecilkan perut buncit yang bisa dicoba di rumah agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang langsing, ramping dan atletis. Seperti yoga, sit-up, aerobic, leg lift dan yang lainnya. Semua olahraga ini sangat efektif menjadikan perut rata dan tidak buncit lagi.

Selain berfungsi untuk mengencangkan perut, semua gerakan tersebut bermanfaat untuk membakar lemak di dalam tubuh. Semua lemak jahat dalam tubuh akan dibasmi dengan beberapa gerakan seman dan olahraga yang akan dijelaskan di bawah agar tidak memicu obesitas yang dapat menimbulkan penyakit serius.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal dan perut yang rata tentu dapat menambah rasa percaya diri. Biasanya para pria dan wanita akan merasa minder jika ketahuan mempunyai bentuk perut yang buncit. Selain itu, perut yang buncit ini memang harus segera diatasi supaya tubuh terbebas dari lemak jahat.

Beberapa Gerakan Untuk Mengecilkan Perut Yang Buncit

Sebenarnya olahraga untuk mengecilkan perut ini tidaklah harus yang berat. Ada beberapa gerakan ringan yang juga sangat ampuh untuk mengatasi perut yang buncit seperti senam yoga, aerobik, DLL.

Senam yoga dan aerobik ini merupakan jenis olahraga ringan yang hampir semua wanita sangat menyukainya. Tidak hanya untuk para wanita muda saja, tapi juga banyak para ibu-ibu yang rutin melakukan gerakan senam yoga untuk mengecilkan perut buncit terutama bagi yang habis melahirkan.

Catatan Penting :

Sebelum mencoba olahraga untuk mengecilkan perut ini maka sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Lakukankan gerakan-gerakan ringan yang tidak berkonsentrasi pada perut terlebih dahulu agar otot-otot tubuh bisa lentur dan tidak kram.

1. Senam Yoga

Saat ini, senam yoga sudah menjadi tren dalam kehidupan banyak orang terutama bagi mereka yang memiliki rutinitas yang padat. Manfaat gerakan yoga ini tidak hanya untuk mengecilkan perut yang buncit saja tetapi juga dapat menghilangkan stres pikiran dan melemaskan otot yang tegang.

Di berbagai kota besar sudah banyak tempat fitness atau pusat kesehatan yang membuka kelas yoga bagi para pemula. Jika Anda tertarik maka cobalah mendaftar kelas yoga tingkat dasar yang dikhususkan untuk pemula yaitu Yoga Vinyasa.

Senam yoga ini tidak hanya berfungsi untuk mengecilkan perut buncit dan membuat tubuh menjadi singset saja, latihan gerakan yoga secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar gula di dalam tubuh. Sirkulasi peredaran di dalam tubuh akan semakin lancar sehingga meminimalisir resiko terkena penyakit.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh gerakan untuk mengecilkan perut dalam senam yoga.

Pavana Muktasana

pavan muktasan
Yoga Pavan Muktasan, via http://www.theyogatutor.com

Caranya adalah :

  • Posisi tubuh berbaring dan kedua lutut ditekuk hingga diatas dada
  • Kepala sejajar dengan lantai dan kedua tengan melingkar pada lutut
  • Selanjutnya kepala diangkat hingga hidung akan menyentuh lutut dan tangan menarik lutut hingga akan menyentuh perut
  • Pada saat posisi menarik tersebut lalukan selama 30 detik dengan nafas ditahan dan lepaskan perlahan sambil kembali ke posisi semula
  • Lakukan gerakan yoga ini selama beberapa menit dalam setiap sesi. Usakan dalam sehari lakukan minimal 3 sesi

Bhujangasana

bhujangasana
Yoga Bhujangasana, via https://yoganeka.com

Cara melakukan :

  • Posisi awal tubuh seperti gerakan mau push-up
  • Tarik bagian dada hingga kepala (bagian atas tubuh) keatas, bertumpu pada kekuatan tangan
  • Rasakan sensasi peregangan otot ini selama 30 detik dengan menahan nafas

Dhanurasana

dhanurasana
Yoga Dhanurasana, via http://food.ndtv.com

Cara melakukan :

  • Ambil posisi tubuh tengkurap ke bawah dan bagian lutut ditekuk ke atas
  • Kedua tangan masing-masing memegang pergelangan kaki
  • Lalu tarik kedua kaki hingga tubuh membentuk lengkungan
  • Usahakan yang menyentuh lantai cuma bagian perut saja
  • Saat menarik maka tahan nafas selama setengah menit kemudian kembali ke posisi awal
  • Lakukan gerakan dhanurasan ini secara teratur setiap hari

Bhanda Sarvangasana

bhanda sarvangasana
Yoga Bhanda Sarvangasana, via http://miriamchristie.com

Cara gerakannya :

  • Ambil posisi terlentang, namun lutut ditekuk ke atas
  • Posisi tangan tetap menyentuh lantai
  • Lalu angkat tubuh bagian pinggang ke atas, kepala dan tangan tetap di bawah
  • Tahan nafas selama 30 detik lalu tubuh diturunkan kembali sambil melepas nafas

2. Senam Aerobik

Selain yoga, senam aerobik juga sangat ampuh menjadikan tubuh langsing dan singset. Di dalam olahraga aerobik ada beberapa gerakan untuk mengecilkan perut buncit yang bisa Anda praktekkan di rumah. Olahraga ini berfungsi untuk membakar lemak dan kalori di bagian perut.

Sama halnya dengan yoga, senam aerobik ini juga dibagi dalam beberapa gerakan. Biasanya alur gerakan tersebut diiringi dengan musik agar bisa menambah semangat. Berikut beberapa gerakan dalam aerobik yang dapat membantu menjadikan perut rata dan langsing.

High Impact Aerobic

high impact aerobic
via https://multigymmtl.com

Gerakan high impact aerobic bisa dibilang sangat cepat dan dibutuhkan kelincahan. Jenis ini sangat cocok bagi orang yang aktif dan lincah karena gerakannya sangat berat dan bervariasi, mulai dari berputar, melompat, sambil tiduran, dll. Bisa dibilang tidak cocok untuk para manula.

Namun, manfaat dari gerakan high impact aerobic ini emang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk mengempeskan perut buncit saja, tapi juga dapat mengecilkan paha, betis dan dada serta membakar lemak di seluruh tubuh.

Low Impact Aerobic

low impact aerobic
via http://www.bactivenbfit.co.uk

Sesuai dengan namanya, gerakan low impact aerobic ini sangat ringan dan mudah. Gerakan jenis ini cocok untuk semua kalangan termasuk mereka para orang tua lanjut usia. Meskipun gerakannya cukup ringan, jika dilakukan dengan rutin maka dapat mengecilkan perut yang buncit.

Discorobic

discorobic
via https://www.groupon.com

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit berikutnya adalah discorobic. Ini perpaduan antara higt impact aerobic dan low impact aerobic. Gerakannya tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu ringan, yaitu tengah-tengah.

Senam discorobic ini sangat menyenangkan karena ada gerakan bergoyang-goyang sambil diiringi dengan music disko. Sesekali didominasi oleh gerakan yang keras dan juga diselingi dengan gerakan yang ringan.

Rockrobic

rockrobicAnda yang suka musik metal atau musik rock maka cocok melakukan senam rockrobic ini. Gerakan senam rockrobic sangat efektif mengecilkan perut buncit dan menjadikan tubuh ideal sesuai idaman. Olahraga sambil diiringi musik cadas tentu sangatlah menyenangkan.

Aerobic Sport

senam aerobic sport
via https://www.independent.ie

Olahraga senam aerobic sport lebih mengutamakan pada kelenturan tubuh. Ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang lentur dan sekaligus bentuk perut yang sixpack dan ramping.

3. Olahraga Kardio (Cardio)

senam kardio
via http://www.diasweethealthy.com

Kardio atau Cardio ini adalah kependekan dari Cardiovaskular yang intinya sesuatu yang berhubungan dengan pembuluh darah, seperti jantung, hipertensi, stroke, dll. Latihan kardio ini bertujuan untuk meningkatkan detak jantung lebih cepat seperti berjalan cepat, berenang, mendayung, berlari dan lainnya.

Semua dalam gerakan kardio ini tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit, tapi juga untuk mencegah penyakit kardiovaskular dengan cara melancarkan aliran darah dan membakar lemak dan kalori.

4. Sit-up

sit-up
via http://flip2bfit.com

Sit-up merupakan gerakan yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang untuk membuat perut rata dan sixpack. Gerakan sit-up sangat bervariasi, seperti cuma mengangkat tubuh bagian atas saja atau mengangkat kepala dan kaki bersamaan seraya mendekatkan kepala ke lutut.

5. Warm Up Crunches

Pola gerakan dalam warm up crunches hampir sama dengan sit-up, cuma berbeda sedikit saja. Caranya adalah :

  • Ambil posisi tubuh terlentang atau berbaring di lantai
  • Letakkan kedua tangan di bawah kepala dan lutut ditekutkkira-kira 30 derajat
  • Angkat bagian kepala dengan tangan, namun bagian bahu dan leher tidak ikut terangkat
  • Lakukan berkali-kali dengan menggunakan otot perut untuk mendorong

6. Reserve Crunches

reverse crunches
via http://www.ironman.today

Fungsi dari gerakan reserve crunches adalah untuk mengecilkan perut bagian bawah dan mengencangkannya agar bisa rata. Caranya adalah :

  • Ambil posisi berbaring dengan tangan menelungkup menempel pada lantai
  • Tarik dan tekuk lutut hingga akan menyentuh dada, tapi posisi kepala dan tangan tetap menempel pada lantai
  • Lalu tarik panggul dengan cara mendekatkan lutut ke wajah dan posisi kaki tetap menekuk
  • Tahan nafas selama 30 detik lalu kembali pada posisi semula

7. Leg Lift

leg lifts
via https://www.popworkouts.com

Gerakan leg lift sangat efektif mengecilkan perut buncit, terutama bagian perut bawah. Silahkan simak caranya.

  • Posisi tubuh terlentang dan tangan menempel ke lantai
  • Kedua pasang kaki saling menempel
  • Lalu angkat kepala dan kaki keatas secara bersamaan
  • Tahan beberapa saat lalu kembali ke posisi semula

Bagi Anda yang masih bingung mempraktekkan gerakan untuk mengecilkan perut buncit seperti senam yoga, aerobik dan gerakan lainnya ini, cobalah searching di youtube supaya bisa mendapatkan panduan yang lebih jelas. Biasanya di acara televisi pada hari minggu pagi juga ditampilkan gerakan olahraga aerobik yang langsung dipimpin oleh instruktur senam yang profesional.

Yang paling penting, selain melakukan gerakan, olahraga dan senam untuk mengecilkan perut, Anda harus memperhatikan pola makan sehat. Asupan gizi dan protein sangat penting dan hindari makanan yang tinggi kalori dan banyak mengandung lemak.

loading...

1 Komentar

  1. Artikelnya sangat menarik. Yang berat adalah menjalankannya. Terus terang, saya sendiri belum bisa rutin menjalankan olahraga mengecilkan perut buncit. Perut saya masih uncit, walau tidak terlalu.
    Tetapu, saya terus memotivasi diri biar fisik ini benar-benar sehat. Tidak hanya sukses mengecilkan perut, tetapi sekaligus membuat badan sehat. Salam sukses dan sehat selalu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*