Wajib Tahu, 14 Gejala Tumor Otak Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai

gejala tumor otak stadium awal yang harus diwaspadai

Tumor otak merupakan salah satu jenis tumor ganas yang sangat berbahaya di dalam tubuh. Bahkan penderita tumor otak ini bisa berujung meninggal dunia. Umumnya ciri-ciri dan gejala tumor otak stadium awal tak begitu dirasakan, sehingga menyebabkan penyakit tersebut menjadi semakin parah.

Terlepas dari bahaya yang diakibatkan dari penyakit tumor otak, tentunya ciri-ciri dan gejala tumor otak stadium awal perlu diketahui sejak dini. Hal tersebut agar dapat diatasi sejak dini sebelum ke tahap yang lebih parah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Oncology BSMMU terdapat 14 ciri-ciri tumor yang harus diwaspadai. Dimana penelitian tersebut melibatkan 50 penderita tumor dengan rentan umur 2 hingga 60 tahun.

Ciri-Ciri Dan Gejala Terjangkit Penyakit Tumor Otak

Diantara 14 gejala tumor otak stadium awal yaitu :

1. Nyeri Kepala

Bagi sebagian orang, sakit kepala memang dianggap hal yang biasa. Padahl salah satu gejala tumor otak stadium awal yang sering dialami oleh penderita tumor adalah sakit kepala. Sekitar 38 dari 50 orang dalam penelitian mengalami gejala ini.

Namun tentunya tak semua orang yang mengalami sakit kepala mengidap tumor otak. Ciri-ciri sakit kepala yang menjadi gejala tumor otak stadium awal yaitu :

  • Sakit kepala tersebut merupakan hal baru bagi Anda, dimana Anda sebelumnya jarang mengalami sakit kepala, namun tiba-tiba mengalaminya dengan rasa yang berbeda. Maka ketika Anda merasakan hal ini, perlu diwaspadai.
  • Sakit kepala dengan ditandai gejala lainnya. Biasanya sakit kepala yang dimulai karena gejala tumor otak akan disertai dengan gejala lain, seperti mual ketika bangun pagi dan akan membaik pada siang hari.
  • Sakit kepala yang semakin parah. Ketika awal terserang sakit kepala karena gejala tumor otak stadium awal mungkin frekuensi dalam merasakan sakit kepala hanya sedikit. Namun hal tersebut akan semakin parah, dimana Anda akan merasakan sakit kepala yang luar biasa.

2. Mengalami Perubahan Mental

37 dari 50 orang pengidap tumor otak yang diteliti akan mengalami perubahan mental secara drastis. Hal ini karena keberadaan tumor otak yang berjalan tak normal akan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Ciri-ciri perubahan mental tumor otak yaitu :

  • Kehilangan sebagian ingatan
  • Konsentrasi menjadi lemah
  • Mengalami perubahan pada kepribadian dan perilaku
  • Peningkatan intensitas atau jumlah tidur

Jika Anda mengalami gejala tumor otak stadium awal tersebut, maka segera periksakan pada dokter, sebelum keadaannya semakin parah.

3. Muntah-Muntah

Sekitar 26 dari 50 penderita penyakit tumor otak yang diteliti, akan mengalami gejala muntah-muntah pada pagi hari yang disertai dengan sakit kepala. Memang muntah-muntah tak serta merta merupakan ciri-ciri tumor otak, namun Anda harus mencermati gejala tersebut dengan benar.

Ciri-ciri muntah karena tumor otak yaitu :

  • Mengalami muntah yang tak normal dengan cairan berwarna hijau
  • Terjadi dengan tiba-tiba tanpa adanya penyakit tertentu sebelumnya
  • Terjadi secara bersamaan dengan sakit kepala

Penyebab terjadinya muntah-muntah ini karena saraf pada otak terganggu. Dan hal ini biasanya tidak bisa hilang jika tumor masih berkembang di dalam otak.

4. Mengalami Gangguan Penglihatan

23 dari 50 penderita tumor otak mengalami gejala tumor otak stadium awal berupa gangguan penglihatan. Hal tersebut karena saraf mata terganggu oleh keberadaan tumor di otak. Namun hal ini tentunya tergantung dimana lokasi tumor otak bersarang pada otak.

Ciri-ciri gangguan penglihatan ketika mengalami tumor otak yaitu :

  • Melihat lampu seperti kelap-kelip
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Hanya dapat melihat ke arah depan
  • Kehilangan teks saat membaca
  • Gangguan penglihatan lainnya yang tak alami

5. Kesulitan Dalam Bergerak

21 dari 50 penderita penyakit tumor otak akan mengalami kesulitan dalam bergerak. Hal ini karena tumor otak pada lokasi tertentu dapat membatasi fungsi otak yang normal, salah satunya mengganggu motorik gerak tubuh.

Ciri-ciri kesulitan dalam bergerak yang disebabkan penyakit tumor yaitu :

  • Kehilangan keseimbangan ketika berjalan
  • Tersandung atau bersandar di dinding ketika berjalan
  • Kesulitan dalam koordinasi dengan gerak tubuh

Penyebab kesulitan bergerak ini adalah karena saraf motorik dalam otak mengalami kerusakan yang disebabkan keberadaan tumor otak. Sehingga saraf motorik kesulitan dalam mengendalikan pergerakan tubuh.

6. Kejang-Kejang

21 dari 50 penderita tumor otak mengalami gejala tumor otak stadium awal berupa kejang-kejang. Dengan ciri-ciri :

  • Kejang-kejang yang mendadak
  • Yang disertai dengan kehilangan kesadaran
  • Tidak bernafas sekitar 30 detik yang disertai dengan biru kehitaman
  • Kejang-kejang terjadi selama 2 hingga 3 menit
  • Efek setelah kejang adalah penderita akan mengalami kebingungan, sakit kepala, sakit otot dan mati rasa

Penyebab kejang-kenang karena tumor otak adalah adanya aktivitas listrik yang tak normal pada otak. Umumnya, saraf tubuh akan berkomunikasi dengan saraf lainnya, namun karena terjadi gangguan sinyal maka akan menyebabkan kejang-kejang.

7. Ketidaksadaran

Jika tumor otak telah mencapai tahap stadium lanjutan maka akan membuat penderita kehilangan kesadaran. Kehilangan kesadaran yang dimaksud adalah mengalami keluapan atau ketidaktahuan tentang lingkungan dan kejadian yang ada di sekitar.

8. Gangguan Kesadaran

Gangguan kesadaran ini merupakan efek dari gejala tumor otak stadium awal sebelum terjadinya ketidaksadaran. Dimana 3 dari 50 penderita penyakit tumor otak mengalami hal ini. Gangguan kesadaran yang dimaksud adalah sering lupa, sering terkejut dan sering bengong.

9. Penurunan Berat Badan

Belum diketahui secara pasti mengapa tumor otak dapat menyebabkan penurunan berat badan. Hal ini kemungkinan terjadi karena kemampuan kognitif tak normal yang disebabkan sel tumor otak membuat penurunan metabolisme pada tubuh, sehingga mengakibatkan penurunan berat badan.

10. Demam

Sekitar 6% dari 50 penderita timor otak mengalami gejala tumor otak stadium awal demam. Hal ini karena tumor pada otak mempengaruhi sel saraf yang mengatur suhu tubuh.

11. Kebutaan

Seperti yang setelah dijelaskan tadi, gejala tumor otak stadium awal adalah mengalami gangguan penglihatan. Bahkan hal tersebut akan diperparah dengan terjadinya kebutaan. Dimana 10 dari 50 penderita tumor mengalami keadaan tersebut. Hal ini dikarenakan sebagian tumor pada otak menjalar hingga ke bagian mata.

12. Kehilangan Sensasi

Tumor otak dapat mempengaruhi penurunan kemampuan kognitif sehingga menyebabkan pikiran menjadi flat. Dengan begitu penderita tumor otak akan mengalami kehilangan sensasi yang disebabkan karena fungi otak terganggu.

13. Kehilangan Nafsu Makan

Anorexia terjadi pada sekitar 4% dari 50 penderita penyakit tumor otak. Anorexia sendiri merupakan penyakit yang terkait dengan kehilangan nafsu makan.

14. Demensia

Hasil penelitian menyatakan bahwasanya salah satu penyebab demensia adalah karena terserang tumor otak. Tentunya ini merupakan hal yang mengejutkan. Namun pada kenyataannya memang 7 dari 50 penderita tumor otak mengalami gejala ini. Demensia adalah kemampuan otak penderita mengalami kemunduran dan mengakibatkan emosi tidak stabil.

Salah satu cara untuk mencegah agar sel tumor tidak berkembang pada tubuh dan otak adalah dengan banyak mengkonsumsi vitamin C. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi air jeruk nipis hangat pada malam hari sesaat menjelang tidur. Khasiatnya bukan hanya untuk mencegah tumor otak, tapi juga mengatasi semua ancaman penyakit mematikan.

Semua gejala tumor otak stadium awal ini tentunya perlu diwaspadai. Sebab jika sel tumor berkembang pada kondisi yang parah, maka tidak akan mudah untuk disembuhkan. Bahkan tumor otak bisa menyebabkan kematian. Dengan demikian jika Anda dirasa mengalami gejala seperti yang telah disebutkan diatas maka segera periksakan pada dokter agar bisa ditangani sejak dini.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*