6 Faktor Penyebab Obesitas Dan Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan

faktor penyebab obesitas dan dampak negatifnya

Pernahkah Anda melihat seseorang yang memiliki berat badan berlebihan sehingga membuat orang tersebut sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari? Jika pernah, itu adalah orang yang memiliki berat badan berlebih atau dapat dikatakan obesitas.

Penyebab obesitas sendiri bermacam-macam pada setiap orangnya. Obesitas sendiri bisa menimpa anak, remaja dan orang dewasa. Dan yang penting untuk diketahui adalah dampak negatif dari obesitas itu sendiri agar kita bisa menghindari semua penyebabnya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan pengertian obesitas, penyebab dan efek negatif obesitas bagi kesehatan tubuh. Sehingga kita bisa terpacu untuk menerapkan pola hidup sehat supaya terhindar dari ancaman penyakit.

Tahukah Anda Apa Itu Obesitas?

Obesitas merupakan salah satu masalah pada seseorang yang disebabkan oleh porsi lemak pada tubuh yang terlalu banyak atau berlebihan. Seseorang yang dikategorikan obesitas biasanya jika dilihat dari berat bandanya yang lebih banyak 20% diatas angka normal.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah berat badan Anda termasuk obesitas atau tidak?

Cara mengetahui apakah berat badan yang dimiliki termasuk dalam kategori obesitas atau tidak yaitu dengan menggunakan Indeks Masa Tubuh atau dapat dikenal dengan Body Mass Index yang dapat disingkat BMI.

Dalam perhitungan menggunakan Indeks Masa Tubuh maka berat badan yang normal berada pada angka 18,5 sampai dengan 24,9. Sedangkan untuk berat badan yang dikategorikan dalam berat badan berlebih, maka angka kisarannya mencapai 25-29,5.

Untuk berat badan yang dikategorikan dalam obesitas yaitu ketika angka indeks telah mencapai di atas 30. So, coba kategorikan dalam indeks apakah berat badan Anda saat ini. Agar lebih jelas silahkan baca Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita.

Beberapa Faktor Penyebab Obesitas

Setelah mengetahui apakah Anda termasuk obesitas atau tidak, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui apa sih sebenarnya penyebab obesitas. Mengapa obesitas bisa terjadi pada manusia?

Obesitas biasanya terjadi dikarenakan terlalu banyak kalori yang dikonsumsi oleh tubuh melebihi jumlah kalori yang dibakar. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan penumpukan lemak dalam tubuh, dan jika dibiarkan secara terus menerus maka akan mengakibatkan obesitas.

Penyebab obesitas yang lain juga dikarenakan oleh makan terlalu banyak, sedangkan aktivitas olahraga yang dilakukan terlalu sedikit bahkan tidak pernah. Nah untuk lebih jelasnya yuk simak faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab obesitas di bawah ini.

1. Faktor Genetik

Salah satu penyebab obesitas yang paling tinggi biasanya dikarenakan faktor genetik. Hal ini terjadi karena salah satu anggota keluarga ada yang mengalami obesitas, misalnya dari ayah memilki berat yang berlebih maka kemungkinan besar anak juga bisa mengalami berat berlebih pula.

Jika sudah demikian yang harus dilakukan oleh Anda yaitu melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari obesitas, sebab jika disebabkan oleh faktor genetik maka hal yang bisa dilakukan hanyalah pencegahan.

Anda bisa terkena obesitas tergantung dari pola hidup dan lingkungan yang ada di sekitar. Bahkan sebuah studi mengatakan bahwa seorang ibu yang mengalami obesitas, maka anak-anaknya bisa mengalami kemungkinan untuk obesitas sebanyak 75%.

2. Faktor Usia

Tidak hanya faktor genetik saja yang menjadi penyebab obesitas. Namun, faktor usia juga turut memengaruhi penyebab obesitas pada seseorang.

Hal ini disebabkan karena ketika seseorang semakin tua maka kemampuan tubuhnya untuk melakukan metabolisme makanan akan lebih lambat dibandingkan saat usianya masih muda.

Dari hal inilah yang mengakibatkan tubuh tidak membutuhkan kalori yang harus dijaga keseimbangannya untuk tetap mengontrol berat badan. Sehingga ketika seseorang bertambah usia kebanyakan perut mereka mulai membesar.

3. Faktor Gender

Hal lain yang menjadi penyebab obesitas adalah faktor gender atau jenis kelamin. Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita lebih berisiko terkena obesitas dibandingkan dengan seorang pria.

Mengapa demikian? Ini dikarenakan wanita memiliki tingkat metabolisme yang lebih lambat dibandingkan dengan metabolisme pria.

Bahkan ketika seorang pria tidur, maka tubuhnya tetap melakukan metabolisme lebih cepat dibandingkan dengan wanita. Hal ini berarti seorang pria lebih membutuhkan banyak kalori dibandingkan dengan wanita.

Terlebih lagi wanita ketika ia akan memasuki usai menopause maka metabolisme tubuhnya akan semakin menurun. Dari situlah akan ada banyak lemak yang tertimbun sehingga mengakibatkan obesitas.

4. Faktor Lingkungan

Lingkungan juga turut menjadi penyebab seseorang mengalami obesitas. Faktor lingkungan yang dimaksud di sini adalah seperti pola hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak sehat serta banyak mengonsumsi makanan yang tinggi kalori tetapi tidak dibarengi dengan melakukan aktivitas yang sesuai.

Sebenarnya hal ini tidak masalah, yang menjadi masalah adalah jika kebiasaan buruk ini dilakukan setiap hari dan terus menerus. Maka lemak dalam tubuh akan semakin menumpuk dan menumpuk sehingga mengakibatkan obesitas.

5. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik juga mempengaruhi penyebab obesitas. Hal ini karena seseorang yang melakukan aktivitas fisik lebih tinggi maka akan ada banyak kalori yang diperlukan untuk dibakar.

Sedangkan seseorang yang tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali atau sangat rendah melakukan aktivitas fisik maka akan ada banyak kalori yang tidak terbakar sehingga tertimbun dalam tubuh.

Oleh sebab itu, kebanyakan penderita obesitas adalah mereka yang jarang mel

loading...