9 Bahaya Efek Gula Darah Rendah Bagi Kesehatan Tubuh

efek gula darah rendah bagi kesehatan

Akhir-akhir ini Anda mungkin sering seringkali mendengar mengenai penyakit darah tinggi dan bagaimana bahayanya bagi tubuh. Hal ini biasanya membuat mereka yang mendengar akan menjadi fokus untuk menurunkan gula darah mereka, bahkan hingga menjadi terlalu rendah.

Namun, tahukah Anda bahwa efek gula darah rendah juga tidak baik kesehatan tubuh? Inilah saatnya Anda untuk kembali mengingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik. Contohnya adalah ketika gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Dalam ilmu kedokteran, adanya zat glukosa atau gula di dalam tubuh disebut dengan gula darah. Keberadaan dan kestabilan gula darah ini menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh, karena biasanya efeknya akan langsung terasa dan menghambat seluruh pekerjaan.

Bahaya Akibat Kadar Gula Darah Terlalu Rendah

Sebelum langsung membahas mengenai dampak buruk gula darah rendah, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu sebutan untuk darah rendah ini, yakni Hipoglikemia. Biasanya keadaan ini akan terjadi ketika gula darah di dalam tubuh Anda sudah kurang dari 70mg/dL.

Salah satu kalangan yang biasanya akan cukup sering merasakan efek gula darah rendah ialah para penderita diabetes dan mereka yang menjalani serangkaian pengobatan. Tidak jarang mereka akan mengalami darah rendah karena obat-obatan yang mereka konsumsi. Mau tidak mau mereka harus lebih bijak lagi ketika mengonsumsi obat.

Nah, untuk Anda yang sudah merasa penasaran dengan apa saja efek negatif gula darah rendah bag tubuh, berikut beberapa diantaranya yang paling sering terjadi.

1. Merasa Kelaparan

Tanda atau efek gula darah rendah pertama yang sangat sering terjadi namun umumnya jarang disadari ialah merasa kelaparan. Banyak orang yang berpikir bahwa efek gula darah rendah yang pertama ini hanyalah hal biasa, sehingga tidak sedikit pun terpikir bagi mereka untuk melakukan pengecekan darah.

Namun, Anda harus berhati-hati karena hal ini juga bisa menyebabkan masalah untuk lambung jika dibiarkan terus-menerus. Misalnya saja bisa merasakan perih pada bagian lambung atau bisa menderita sakit maag.

2. Lebih Mudah Merasa Lelah

Melakukan banyak aktivitas setiap harinya memang mau tidak mau membuat Anda merasa lelah. Namun, jika rasa lelah ini menjadi datang lebih sering padahal Anda belum melakukan pekerjaan yang berat, Anda juga sebaiknya berhati-hati karena bisa saja hal tersebut menjadi salah satu dampak negatif gula darah rendah.

Perumpamaan mudahnya ialah Anda yang sedang mengalami gula darah rendah akan seperti kekurangan atau kehabisan bahan bakar. Tubuh akan lebih mudah untuk merasakan lelah atau malah seperti ponsel yang sedang lowbat.

3. Tubuh Terasa Tidak Bertenaga Dan Lemas

Hal ini juga masih berkaitan dengan efek negatif gula darah rendah dan mungkin juga rasanya akan tidak jauh berbeda. Anda yang memiliki cukup banyak aktivitas setiap hari tentu akan sangat dirugikan jika mengalami keadaan yang satu ini. Oleh sebab itu, mengecek gula darah sebaiknya dijadikan hal yang penting bagi kesehatan tubuh Anda sendiri.

Bukan hanya akan merugikan diri sendiri, akibat gula darah rendah ini juga bisa mengganggu bahkan merugikan teman kerja Anda. Meskipun hanya sekedar lemas, namun biasanya lemas karena efek gula darah rendah akan terasa sedikit berbeda dengan lemas yang disebabkan oleh pekerjaan yang terlalu banyak.

4. Menjadi Sulit Untuk Fokus Dan Konsentrasi

Kurang gula darah dalam tubuh juga akan sangat mempengaruhi peredaran darah, dimana pada akhirnya peredaran darah tersebut akan menjadi tidak lancar. Itu artinya, asupan oksigen dan darah yang menuju otak juga akan berkurang.

Tahukah apa yang akan Anda rasakan ketika sedang mengalami hal semacam ini? Ya, Anda akan merasa sulit sekali untuk fokus dan konsentrasi dengan pekerjaan yang ada di hadapan Anda saat itu. Efek gula darah rendah yang keempat ini tentu saja juga akan sangat merugikan Anda.

5. Menjadi Gugup

Tidak hanya sulit untuk berkonsentrasi, dampak gula darah rendah lain yang juga biasanya muncul ialah merasakan gugup. Bukan gugup biasa seperti orang yang akan naik panggung untuk mempersembahkan sesuatu, namun gugup yang terkadang penyebabnya tidak diketahui dengan jelas.

Keadaan seperti ini tentu saja akan sangat mengganggu Anda yang sudah bekerja, terlebih berhubungan dengan orang banyak. Kalau sudah merasakan hal ini, memang sebaiknya Anda mulai mengingat-ingat makanan apa saja yang sudah dimakan. Kemungkinan besar penyebabnya adalah karena makanan tersebut.

6. Muncul Keringat Dingin

Salah satu bahaya gula darah rendah yang bisa dilihat oleh orang yang ada di sekitar ialah munculnya keringat yang lebih banyak dari biasanya. Bukan keringat biasa, keringat yang dimaksudkan ialah keringat dingin. Salah satu gejala yang memang biasanya menjadi pertanda bahwa seseorang sedang dalam keadaan yang kurang baik.

Jika sudah merasakan munculnya keringat dingin, efek gula darah rendah lain yang biasanya langsung menyusul ialah jantung yang berdebar-debar lebih cepat daripada biasanya.

7. Tubuh Menjadi Gemetaran

Tidak hanya perasaan tidak enak, lemas hingga tidak konsentrasi, tubuh Anda juga akan menimbulkan efek gula darah rendah lain yang lebih berbahaya, yakni bisa hingga merasakan gemetaran dan menggigil pada seluruh tubuh. Jika sudah memunculkan efek yang satu ini, biasanya Anda sudah dianjurkan untuk beristirahat saja.

Siapa yang menyangka bahwa kekurangan darah pada tubuh bisa menyebabkan efek yang cukup ekstrim seperti ini? Bahkan masih ada efek lainnya yang lebih ekstrim, sehingga Anda memang harus benar-benar berhati-hati.

8. Kejang-Kejang

Selain merasa menggigil dan gemetaran tadi, bahaya darah rendah lain yang bisa langsung dilihat oleh orang lain ialah kejang-kejang. Efek yang satu ini bisa terjadi ketika kekurangan gula darah sudah benar-benar parah sehingga tubuh memang sudah tidak bisa bekerja seperti yang seharusnya.

Jika sudah sampai pada tahapan ini, siapa pun yang melihatnya harus segera membawanya ke rumah sakit saat itu juga, atau hal buruk bisa saja terjadi tidak lama kemudian. Jika sudah sampai keadaan ini terjadi, barulah biasanya orang-orang menyadari bahwa mengetahui kadar gula darah sendiri merupakan hal yang sangat penting.

9. Akan Muncul Perubahan Perilaku

Hal lain sebagai efek gula darah rendah yang sangat mungkin terjadi ialah munculnya perubahan perilaku dan emosi seseorang. Efek yang satu ini juga bisa terjadi ketika kekurangan gula darah sudah benar-benar parah dan tubuh sudah membutuhkan bantuan secepatnya.

Tanda yang cukup mudah untuk dilihat ialah jika seseorang yang selama ini dikenal ramah dan penyabar tiba-tiba menjadi sangat cepat marah. Efek gula darah rendah yang satu ini memang cukup mirip dengan efek pada penderita darah tinggi, sehingga tidak ada yang lebih baik dibandingkan dengan melakukan pengecekan ke dokter terlebih dahulu.

Jadi, Anda sudah bisa lebih paham dengan efek gula darah rendah saat ini? Semoga saja beberapa efek gula darah rendah yang sudah disebutkan tadi bisa membuat Anda lebih mengenali orang-orang di sekitar yang mungkin sedang mengalaminya, juga membuat Anda lebih peduli untuk mengecek gula darah dengan teratur.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*