22 Cara Tradisional Menghilangkan Komedo Secara Alami

Apakah Anda memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan komedo yang membandel? Sudah berulangkali dibersihkan namun komedo tersebut masih muncul lagi? Berikut di bawah ini akan kami jelaskan penyebab komedo membandel dan cara menghilangkan komedo secara permanen menggunakan bahan alami tradisional agar tidak kembali lagi.

Komedo merupakan tumpukan lemak yang bersarang di wajah pada bagian dagu, pipi, hidung, kening dan bahkan di lehar. Struktur komedo dan jerawat hampir sama, perbedaannya adalah jerawat dibalut oleh kulit dan komedo tidak diselimuti oleh kulit.

Timbulnya komedo di wajah disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan bercampur dengan debu dan kotoran. Apabila tidak segera diatasi maka akan menumpuk dan menjadikan kulit tidak rata serta menjadi pemicu timbulnya jerawat. Jadi bisa dikatakan bahwa komedo ini merupakan tahapan awal dari jerawat, meskipun komedo itu sendiri tidaklah menular.

Komedo terbagi menjadi 2 jenis :

1. Komedo Putih

Ini merupakan jenis komedo yang tertutup dan biasanya muncul di pipi dan kening. Komedo ini berbentuk tonjolan bintik putih yang terletak pada jaringan epitel di bawah kulit. Komedo putih tidak terkena udara sama sekali karena tersembunyak di folikel.

2. Komedo Hitam

Ini jenis komedo terbuka dan berupa bintik hitam pada pori-pori wajah. Komedo jenis ini yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang, khususnya para remaja yang masih dalam masa pubertas. Komedo hitam terbentuk karena sebum dan sel kulit mati tersumbat di celah pori-pori kulit. Penyumbatan tersebut mengalami reaksi kimia ketika bersentuhan dengan udara, dan pada selanjutnya akan terjadi oksidasi melanin. Pada akhirnya timbul komedo terbuka yang berwarna hitam.

Penyebab Timbulnya Komedo Di Wajah

penyebab komedo di wajah
Gambar dari http://www.holisticvanity.ca

1. Minyak Yang Berlebihan

Produksi minyak yang berlebihan pada wajah dapat memicu timbulnya komedo. Ini terjadi karena debu dan kotoran yang menempel pada wajah, lalu menutupi pori-pori pada kulit wajah tersebut. Pori-pori yang tersumbat akhirnya menjadi pemicu munculnya komedo dan jerawat.

2. Pemakaian Make Up

Menggunakan make up secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya komedo sebab kulit wajah tidak bisa bebas bernafas dengan sempurna. Oleh karena itu gunakanlah make up sewajarnya saja dan usahakan bersihkan make up di malam hari menjelang tidur.

3. Gaya Hidup

Menjalani gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, sering begadang dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak juga menjadi penyebab datangnya komedo dan jerawat di wajah.

4. Stres

Mengalami stres menjadikan produksi minyak pada wajah tidak stabil dan pada akhirnya juga dapat menimbulkan komedo pada wajah. Rajinlah berolahraga dan refreshing agar anda tidak stres oleh pekerjaan dan aktifitas sehari-hari.

5. Obat-Obatan

Ada sebagian obat-obatan yang juga dapat mempengaruhi hormon yang dapat menimbulkan komedo dan jerawat. Seperti pil KB untuk mencegah kehamilan.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Untuk melakukan perawatan wajah dan menghilangkan komedo tidaklah harus menguras isi kantong. Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo di wajah, salah satu dengan cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitaran. Anda bisa menggunakan masker yang dibuat sendiri dari bahan-bahan yang mudah dicari dan gampang pengaplikasiannya.

1. Putih Telur

putih telur
Gambar dari http://www.remediesandherbs.com

Putih telur mengandung asam amino dan protein yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga bisa mengurangi produksi minyak di wajah. Bahan putih telur ini sangat sering digunakan sebagai masker untuk perawatan kecantikan dan dipercaya berkhasiat untuk menghilangkan komedo, membersihkan sel kulit mati dan membuat wajah jadi kencang dan mulus.

Namun yang harus diperhatikan adalah putih telur yang dipakai sebagai masker adalah telur ayam kampung karena memiliki nutrisi yang lebih bagus dari telur lainnya.

  1. Siapkan putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuningnya
  2. Campur dengan 1 sendok teh madu murni, aduk merata
  3. Oleskan pada bagian wajah yang terkena komedo
  4. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat
  5. Gunakan masker putih telur ini maksimal 3 kali dalam 2 minggu

2. Minyak Pohon Teh

minyak pohon teh
Gambar dari http://www.diyhealthremedy.com

Minyak pohon teh (tea tree oil) bersifat antiseptik yang dapat mencegah berkembangnya virus dan bakteri penyebab komedo serta berfungsi mengurangi peradangan pada kulit wajah.

  1. Ambil beberapa tetes minyak dan campur dengan segelas air
  2. Oleskan pada wajah berkomedo menggunakan kapas
  3. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat

Selain digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo membandel, minyak pohon teh ini juga berfungsi sebagai :

  1. Pembersih dan Pelembab. Dengan cara menambahkan minyak pohon teh 2-5 tetes pada krim pelembab atau pencuci wajah. Ini dapat membantu memerangi komedo secara permanen
  2. Scrub Wajah. Caranya adalah campur minyak pohon teh, minyak zaitun, madu dan sedikit gula. Oles pada wajah dan pijat perlahan, terutama di area wajah yang terkena komedo.
  3. Terapi Mandi. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh pada bak mandi. Ini bermanfaat untuk menghilangkan komedo sekaligus menjadikan tubuh lebih wangi.

3. Gandum

gandum
Gambar dari http://vkool.com

Makanan yang kaya akan manfaat ini juga bisa dijadikan bahan alternatif untuk membasmi komedo dengan efektif. Gandum memiliki kandungan vitamin B1 yang dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati pada pori-pori sekaligus menghilangkan komedo di wajah.

  1. Ambil gandung kualitas terbaik, letakkan dalam wadah
  2. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit
  3. Aduk hingga adonan gandum berubah menjadi pasta
  4. Diamkan beberapa saat
  5. Oleskan pasta gandum tersebut ke seluruh wajah hingga merata
  6. Biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan aiar hangat

4. Daun Sirsak

daun sirsak
Gambar dari http://thereligionofnothing.blogspot.com/

Mungkin sedikit aneh, namun memakai masker wajah yang terbuat dari daun sirsak sangat membantu untuk menghilangkan komedo dan flek hitam bekas jerawat. Selain dijadikan masker wajah, mengkonsumsi sari rebusan daun sirsak juga berkhasiat untuk menjadikan kulit bersih dan tubuh jadi sehat. Cara tradisional menghilangkan komedo dengan masker daun sirsak :

  1. Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda, bersihkan
  2. Tumbuk halus, lalu tambahkan air secukupnya
  3. Oleskan ramuan tersebut pada wajah yang terkena komedo dan jerawat
  4. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan
  5. Gunakan secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal

5. Kacang Kedelai

kacang kedelai
Gambar dari https://www.bebeautiful.in

Kacang kedelai sangat cocok dijadikan bahan alternatif untuk perawatan kecantikan, terutama untuk wajah yang berminyak dan kusam. Kandungan dalam kacang kedelai juga dapat memperbaiki tekstur kulit yang keriput karena terkena sinar matahari langsung. Kandungan vitamin E dan isoflavon pada kacang kedelai mampu untuk menghilangkan komedo dan sekaligus mencegah timbulnya jerawat.

  1. Ambil 2 gelas kacang kedelai, kemudian cuci bersih dan tiriskan
  2. Blender dan tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta
  3. Gunakan masker pasta kacang kedelai pada seluruh wajah hingga agak tebal
  4. Diamkan selama setengah jam agar masker mengering
  5. Bilas dengan air hingga bersih

6. Lidah Buaya

lidah buaya
Gambar dari http://whatwomanneeds.com

Tanaman herbal ini memang sudah tidak asing dan sering digunakan sebagai bahan produk perawatan rambut. Asal Anda tau, kandungan zat enzim, asam amino dan beberapa vitamin dalam lidah buaya juga ampuh untuk mengatasi kulit wajah yang terkena komedo.

  1. Siapkan daun lidah buaya yang sudah dibersihkan
  2. Potong menjadi 2 bagian
  3. Lalu oleskan bagian gel lidah buaya pada wajah
  4. Biarkan mengering selama 20 menit
  5. Bilas menggunakan air hingga bersih

7. Madu

madu
Gambar dari https://www.healthncure.org

Selain berfungsi untuk melembabkan kulit, madu juga ampuh mengatasi beragam masalah pada kulit seperti radang, jerawat dan komedo. Madu memiliki sifat antibiotik alami yang mampu mengeluarkan kotoran dan mengecilkan pori-pori kulit serta memberikan nutrisi agar kulit lembab dan cerah.

Kandungan antibiotik, antiseptik dan antibakteri pada madu berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan timbulnya komedo sehingga kulit akan terawat dengan baik. Cara tradisional menghilangkan komedo dengan madu :

  1. Cuci wajah dengan air hangat
  2. Siapkan 1 sendok madu murni
  3. Oleskan pada area wajah yang terkena komedo
  4. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin

8. Buah Lemon

lemon
Gambar dari https://www.q-depot.com

Air perasan buah lemon sangat baik untuk kesehatan kulit dan juga sangat efektif untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori kulit wajah. Kandungan asam pada buah lemon memang dipercaya untuk memberantas komedo dan jerawat. Berikut cara menghilangkan bekas jerawat dan komedo di wajah dengan maskerĀ  :

  1. Ambil buah lemon yang masih segar
  2. Lalu potong-potong menjadi 4 bagian
  3. Oleskan irisan air perasan jeruk lemon pada wajah
  4. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas

9. Jeruk Nipis

jeruk nipis
Gambar dari http://www.stylecraze.com

Buah jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan mineral serta berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu mengatasi komedo yang membandel. Selain itu, manfaat vitamin C pada jeruk nipis juga ampuh untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Tips menghilangkan komedo sekaligus jerawat dengan masker jeruk nipis :

  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis yang masih segar
  2. Potong-potong dan peras airnya ke dalam wadah
  3. Tambahkan madu murni secukupnya, aduk merata
  4. Oleskan pada wajah hingga merata dan diamkan selama 5 menit
  5. Basuh dengan air bersih

10. Buah Pepaya

masker buah pepaya
Gambar dari http://beautyandblush.com

Pepaya banyak mengandung vitamin E yang dapat menyehatkan kulit wajah dan menjaga kelembaban kulit secara alami serta menghilangkan komedo secara efektif dan permanen.

  1. Kupas buah pepaya yang sudah dibersihkan
  2. Ambil bagian daging secukupnya
  3. Lalu campurkan 1 sendok kopi, aduk hingga membentuk pasta
  4. Gunakan masker pasta buah pepaya tersebut pada wajah
  5. Pijat-pijat selama 10 menit, lalu bersihkan

11. Oatmeal

masker oatmeal
Gambar dari https://www.youtube.com

Oatmeal ini memang lebih terkenal sebagai makanan sehat yang kaya akan serat dan karbohidrat. Namun oatmeal yang digunakan sebagai masker wajah juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo di wajah secara alami.

  1. Ambil oatmeal dan yogurt masing-masing 1 sendok
  2. Aduk kedua bahan hingga bercampur manjadi satu
  3. Oleskan ke seluruh wajah hingga merata
  4. Pijat lembut selama 10 menit lalu bersihkan

12. Kayu Manis

masker kayu manis
Gambar dari http://allremedies.com

Kayu manis memiliki kandungan antiseptik yang berfungsi untuk mengusir bakteri agar tidak terjadi infeksi pada komedo dan jerawat. Sebelum menggunakan masker kayu manis ini sebaiknya dicoba sedikit dulu pada wajah, takutnya kulit wajah kita sensitif, yang dapat menyebabkan iritasi.

  1. Ambil bubuk kayu manis
  2. Campur dengan 2 sendok madu a
  3. Usapkan pada seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menit
  4. Bilas dengan air hingga bersih dan gunakan pelembab agar kulit tidak kering

13. Garam

masker garam
Gambar dari http://diyremedies.org

Garam banyak mengandung mineral dan vitamin yang dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, membersihkan kotoran pada pori-pori kulit serta membunuh bakteri penyebab timbulnya komedo dan jerawat. Fungsi garam juga dapat mengendalikan kadar sebum pada kulit sehingga meminimalkan resiko terkena jerawat dan komedo.

  1. Ambil garam 1 sendok teh
  2. Campur dengan salah satu bahan gula, madu, air jeruk lemon atau air mawar
  3. Oleskan pada wajah secara merata
  4. Bilas dengan dengan air hingga bersih

14. Tepung Maizena

tepung maizena
Gambar dari http://appnationconference.com

Tepung maizena ini terbuat dari bahan dasar jagung dan mempunyai sifat abrasif, yaitu dapat menghilangkan kotoran pada permukaan kulit dan memperkecil pori-pori pada kulit. Cara menghilangkan komedo dengan tepung maizena adalah :

  1. Siapkan setengah sendok tepung
  2. Campur dengan 1 sendok susu
  3. Oleskan pada seluruh wajah
  4. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan

15. Es Batu

es batu
Gambar dari http://nembino.blogspot.co.id

Memakai terapi es batu pada wajah dapat mengurangi minyak berlebih dan juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajah. Cara pemakaiannya adalah dengan cara menekan es batu secara lembut pada bagian wajah yang terkena komedo dan jerawat.

Cara ini untuk membuat komedo dan jerawat mengering serta meringankan iritasi yang ditimbulkan oleh jerawat. Setelah itu bilas wajah menggunakan air yang bersih. Lakukan terapi wajah dengan es batu ini 2 kali dalam sehari.

16. Baking Soda

masker baking soda
Gambar dari https://www.enkiverywell.com

Baking soda ini dapat bertindak sebagai exfoliator yang dapat menjadikan kulit wajah lembut dan mulus serta pori-pori wajah tidak tersumbat oleh sel kulit mati dan kotoran. Manfaat baking soda yang lainnya dapat menetralkan kadar asam pH sehingga wajah tidak memproduksi minyak yang berlebihan.

  1. Oleskan pasta baking soda ke seluruh wajah
  2. Lakukan pijatan lembut agar kotoran di wajah terkikis habis
  3. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih
  4. Ini tidak disarankan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif

17. Kulit Jeruk

kulit jeruk
Gambar dari http://www.diyhomelife.com

Kulit jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga tidaklah heran jika kulit jeruk tersebut efektif untuk menghilangkan komedo dengan aman tanpa efek samping. Masker kulit jeruk juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga wajah akan terlihat bersih dan mulus.

  1. Ambil kulit jeruk yang masih segar
  2. Tumbuk halus, bisa ditambahkan sedikit air
  3. Oleskan masker kulit jeruk pada area wajah yang terkena komedo dan jerawat
  4. Pijat lembut selama 15 menit, lalu bersihkan

18. Pasta Gigi

masker pasta gigi
Gambar dari http://necturajuice.com

Pasta gigi yang memiliki sifat dingin ini juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo, khususnya pasta gigi mint. Kandungan flouride dalam pasta gigi mampu membersihkan sel kulit mati di wajah dan memberikan efek segar pada kulit.

  1. Cuci wajah menggunakan air hangat agar pori-pori sedikit terbuka
  2. Oleskan pasta gigi ke wajah yang terkena komedo
  3. Pijat lembut dan diamkan selama 10 menit
  4. Bilas dengan air dingin hingga bersih

19. Gula

masker gula pasir
Gambar dari https://kawaiibeautyjapan.com

Gula bisa digunakan sebagai scrub alami untuk membantu membersihkan sel kulit mati di wajah dengan tanpa menimbulkan iritasi. Butiran-butiran gula yang memiliki rasa manis tersebut juga mampu menghilangkan komedo dengan ampuh tanpa efek samping.

  1. Ambil 1 sendok gula pasir
  2. Campurkan 2 sendok yoghurt
  3. Aduk merata dan oleskan pada seluruh area wajah
  4. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas

20. Teh Hijau

masker teh hijau
Gambar dari https://www.hokkuu.com

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada wajah dan juga dapat mengatasi permasalah pori-pori yang tersumbat. Manfaat masker teh hijau juga untuk membersihkan sel kulit mati dan menghilangkan komedo dan jerawat.

  1. Rebus 1 sendok teh hijau dengan segelas air
  2. Dinginkan, lalu campur dengan tepung
  3. Aplikasikan pada wajah secara merata
  4. Lalu bilas dengan air hangat

21. Uap Air Panas

terapi uap air panas
Gambar dari http://www.womensok.com

Steaming atau penguapan pada wajah menggunakan air panas juga menjadi metode perawatan kulit, yaitu dapat membersihkan kotoran dan debu yang berada di dalam kulit. Perawatan uap air panas untuk menghilangkan komedo membandel boleh dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu.

  1. Bersihkan kotoran dan make up di wajah
  2. Tuangkan 1 liter air mendidih ke dalam baskom
  3. Tambakan 2 tetes minyak esensial
  4. Ambil handuk untuk menutupi baskom dan wajah, agar uap panas terfokus pada wajah
  5. Pijat perlahan kemudian bersihkan wajah dengan handuk

22. Cuka Apel

cuka sari apel
Gambar dari http://www.mensxp.com

Kandungan dalam cuka apel terdapat senyawa antibakteri yang dapat membunuh mikro organisme penyebab komedo dan juga berfungsi sebagai toner alami pada wajah. Cuka apel juga bersifat antiseptik yang dapat menjaga keseimbangan minyak di dalam kulit.

  1. Ambil 1 sendok makan cuka sari apel
  2. Campurkan dengan segelas air bersih
  3. Ambil kapas, celupkan ke air dan oleskan pada wajah secara merata
  4. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan

Tips Mencegah Timbulnya Komedo Di Wajah

1. Sering Bersihkan Wajah

Jangan malas untuk membersihkan wajah, setidaknya 2 kali sehari menggunakan pembersih yang cocok dengan jenis kulit. Saat ini sudah banyak pembersih yang dibuat khusus untuk mengusir komedo.

2. Asupan Makanan Sehat

Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran karena keduanya banyak mengandung mineral dan serat yang dapat membersihkan racun di dalam tubuh, serta kurangi makanan yang banyak mengandung minyak. Ini adalah kunci memiliki kulit sehat dan bersih.

3. Jangan Pencet Komedo

Jika anda memencet komedo maka akan menyebabkan luka dan bakteri bisa menyebar dengan mudah ke area wajah. Ini dapat memicu munculnya komedo yang baru.

4. Pola Hidup Sehat

Hindari pola hidup yang tidak sehat seperti begadang, merokok dan minum alkohol karena itu menjadi pemicu bakteri penyebab timbulnya komedo dan jerawat.

5. Ganti Sarung Bantal Secara Berkala

Sarung bantal yang kotor menjadi sarang bakteri untuk berkembang dan itu juga menjadi penyebab timbulnya komedo. Membersihkan wajah menjelang tidur akan menjadi sia-sia jika sarung bantal Anda tidak terawat kebersihannya.

Pada umumnya, komedo yang terkena keringat dan kotoran juga dapat menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba salah satu bahan-bahan alami dan cara tradisional diatas untuk menghilangkan komedo dan jerawat, lakukan secara rutin agar tidak muncul kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*