Cara Paling Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

cara paling ampuh menghilangkan bekas jerawat

Hampir setiap orang yang bermasalah dengan jerawat pasti merasa jengkel. Bagaimana gak kesal, jerawat yang timbul di wajah tersebut selalu meninggalkan bekas berupa flek hitam. Dan bahkan yang paling parah bisa menjadikan kulit wajah tidak mulus lagi alias bopeng.

Noda hitam bekas jerawat tersebut memang sangat sulit dihilangkan. Banyak dari mereka yang bertanya-tanya dan mencari informasi terkait cara paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

Sebenarnya untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut sangatlah mudah asalkan kita memiliki budget yang cukup, seperti memakai produk-produk yang dianjurkan oleh dokter atau bisa juga mencoba terapi laser.

Namun bagi Anda yang ingin mencoba cara alami yang harganya murah meriah, maka bisa mencoba memakai bahan-bahan alami yang ada disekitaran rumah kita. Selain tidak mahal, memakai bahan alami ini juga untuk meminimalisir efek samping yang mungkin akan terjadi.

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Alami

Sebelum mencoba beberapa bahan alami yang kami rekomendasikan di bawah ini, sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau para pakar kulit terlebih dahulu. Sebab lapisan kulit wajah sangat sensitif dan ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti alergi.

1. Lemon

Lemon dan beberapa jenis buah-buahan sitrus lainnya, seperti jeruk nipis, mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kegunaan kolagen tersebut adalah untuk membantu meremajakan sel kulit mati dan diganti sel kulit yang baru.

Manfaat buah lemon bagi wajah adalah untuk menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan kulit wajah serta dapat menghilangkan garis halus yang timbul karena umur yang semakin tua.

  1. Ambil lemon yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih dengan air mengalir
  2. Potong menjadi empat bagian, kemudian peras airnya dalam sebuah wadah
  3. Aplikasikan air perasan lemon tersebut pada wajah. Anda bisa menggunakan kapas saat mengoleskannya agar bisa merata. Dan hati-hati jangan sampai mengenai mata
  4. Setelah merata, diamkan selama 20 menit dan bersihkan wajah menggunakan air dingin
  5. Setelah memakai masker lemon pada wajah, maka disarankan memakai pelembab karena dikhawatirkan kulit menjadi kering

2. Gel Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya yang selama ini kita kenal, bukan hanya berfungsi sebagai bahan alami penyubur dan penumbuh rambut. Ternyata gel lidah buaya juga bisa kita manfaatkan sebagai masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya adalah dengan memanfaatkan gel yang terdapat di dalam batang daunnya. Oleskan gel tersebut pada wajah secara rutin dan teratur setiap hari.

Dalam sehari, gunakan masker gel lidah buaya tersebut minimal 2-3 kali. Dan dengan sendirinya, jerawat yang hinggap di wajah akan hilang tanpa bekas sedikitpun.

3. Kulit Jeruk

Seperti kita ketahui bersama, bahwasanya salah satu penyebab timbulnya jerawat dan komedo yang membandel itu dikarenakan adanya debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

Manfaat masker kulit jeruk adalah untuk membersihkan debu dan kotoran tersebut. Selain itu, kandungan vitamin C dan asam alpha hidroksi pada kulit jeruk juga sangat ampuh untuk meremajakan kulit wajah sehingga bekas jerawat pun akan musnah.

  • Saat Anda makan buah jeruk, maka kulit jeruknya jangan dibuang. Potong kecil-kecil kulit jeruk dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering
  • Haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Kemudian tambahkan sedikit air
  • Aduk adonan tersebut sampai membentuk menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah dan leher sampai merata.
  • Biarkan selama beberapa menit dan terakhir bilas wajah menggunakan air hangat

Baca Juga : Beragam Manfaat Masker Kulit Jeruk Untuk Perawatan Kecantikan Kulit Wajah

4. Air Perasan Jeruk Nipis

Manfaat dari air perasan jeruk nipis memang sangat beragam. Selain menyehatkan tubuh saat dikonsumsi, air jeruk nipis juga memiliki peranan penting dalam dunia perawatan wajah, khususnya untuk menghilangkan bekas jerawat dengan ampuh.

Terdapat beberapa kandungan didalamnya yang diyakini sangat efektif menutrisi kulit wajah serta menjadikannya putih dan mulus. Seperti vitamin C, asam amino, antioksidan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ini termasuk cara paling ampuh menghilangkan bekas jerawat di wajah. Cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit hingga mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.

5. Madu

Madu digadang-gadang menjadi bahan yang paling ampuh menghilangkan bekas jerawat. Sebab didalamnya terkandung antiseptik alami yang dapat melembabkan kulit wajah dan mengurangi peradangan pada wajah.

Madu sangat cocok untuk semua jenis kulit. Kita bisa menggunakan madu murni tanpa bahan campuran apapun sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Ambil beberapa tetes madu dan langsung saja oleskan pada jerawat atau wajah yang terdapat bekas jerawatnya
  2. Biarkan mengering, kurang lebih selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin
  3. Gunakan perawatan wajah dengan masker madu setidaknya 3 kali dalam sepekan

6. Bawang Putih

Bawang putih yang selama ini hanya akrab dengan ibu-ibu yang hobby memasak di dapur, ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alami yang ampuh menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat penghilang bekas jerawat adalah dengan mengoleskan 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan/diblender. Olesan tersebut harus merata pada wajah dan dilakukan secara rutin dan teratur.

7. Baking Soda

Salah satu cara paling ampuh menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mengikis sel kulit mati pada wajah. Anda bisa menggunakan baking soda sebagai bahan alaminya. Manfaat baking soda juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan meningkatkan pH kulit.

  • Siapkan 1 sendok teh baking soda, kemudian campurkan 2 sendok teh air
  • Aduk bahan tersebut sampai terbentuk menyerupai pasta dan oleskan pada wajah
  • Diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air hangat
  • Gunakan pelembab wajah agar wajah tidak kering

Artikel Terkait : Scrub Alami Untuk Wajah Yang Berjerawat Dan Berminyak Serta Cara Pemakaiannya

8. Tomat

Meskipun rata-rata ukuran tomat terbilang kecil, kandungan didalamnya sangat kaya akan vitamin C. Kandungan inilah yang bermanfaat secara ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Vitamin C tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas yang beresiko mengancam kerusakan sel kulit wajah. Antioksidan disini berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya polusi dan paparan sinar ultraviolet.

  1. Siapkan 1 buah tomat segar yang tidak terlalu matang, kemudian haluskan dengan cara diblender
  2. Jangan tambahkan bahan apapun pada tomat tersebut karena sudah bisa langsung digunakan sebagai masker wajah
  3. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-20 menit hingga mengering, dan bilas wajah memakai air dingin

9. Cuka Apel

Kulit wajah yang timbul jerawat biasanya mengalami iritasi dan berwarna kemerahan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka gunakan sari cuka apel sebagai masker alami untuk wajah. Selain itu, manfaat sari cuka apel adalah untuk mengatur tingkat keasaman pH kulit wajah.

  • Siapkan cuka sari apel sebanyak 5 ml, kemudian campurkan dengan 95 ml air
  • Aduk dan oleskan pada wajah. Agar bisa merata maka gunakan kapas saat mengoleskannya
  • Diamkan selama 10-15 menit dan kemudian bersihkan wajah dengan air hangat

10. Es Batu

Cara sederhana menghilangkan bekas jerawat yang tidak kalah ampuhnya adalah dengan menggunakan es batu. Rasa dingin pada es batu dapat menenangkan kulit sehingga akan tampak segar dan bekas jerawat pun akan hilang.

  • Sebelum menggunakan es batu, bersihkan wajah dengan air mengalir
  • Lalu ambil es batu secukupnya dan oleskan pada wajah dengan gerakan memutar
  • Lakukan selama kurang lebih 20 menit dan sesekali berikan pijatan lembut pada kulit wajah
  • Agar hasilnya bisa maksimal maka gunakan perawatan dengan es batu ini setiap hari

Ingat, mulai sekarang jangan pernah lagi memencet jerawat karena justru hal inilah yang dapat merusak sel lapisan kulit sehingga dapat menimbulkan flek hitam bekas jerawat.

Memang butuh ketelatenan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel, tapi cara alami ini terbilang cukup ampuh jika Anda sabar menjalaninya.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*