Cara Meremajakan Kulit Wajah Agar Tidak Kusam Dan Keriput

cara meremajakan kulit wajah
loading...

Seiring dengan bertambahnya usia, kecantikan pada seorang wanita juga akan semakin menurun. Secara umum, faktor umur ini menjadi penyebab terjadinya perubahan pada tubuh, salah satunya adalah kulit wajah.

Dengan usia yang semakin tua, maka kulit wajah juga akan semakin mengkerut, ditandai dengan timbulnya kerutan halus pada kulit wajah. Selain itu, wajah juga akan mengalami perubahan warna, timbul bintik-bintik hitam, mengendur sehingga akan mengurangi kecantikannya.

Faktor lain yang menjadikan wajah tidak lagi segar dan sehat adalah karena pola hidup tak sehat, seperti merokok, minum alkohol, kurang istirahat, sering terkena sinar ultraviolet serta polusi yang mengancam kerusakan pada kulit wajah.

Sebenarnya semua jaringan tubuh, termasuk kulit akan menjalani regenerasi. Tapi karena faktor usia tersebut menjadikan tubuh tidak maksimal memproduksi kolagen yang bertindak sebagai nutrisi untuk mengencangkan kulit wajah.

Oleh karena itu, kita seharusnya selalu menjaga dan merawat kulit wajah supaya tetap segar dan tampil sempurna. Ada banyak cara meremajakan kulit wajah yang bisa dilakukan sebagai upaya perawatan kecantikan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meremajakan kulit wajah adalah dengan memberikan nutrisi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa cara mengencangkan kulit wajah di bawah ini bisa Anda coba di rumah.

Cara Alami Meremajakan Kulit Wajah Yang Mulai Menua

Walaupun di luaran sana banyak produk kecantikan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit, namun ada cara alami yang bisa digunakan dan juga sangat ampuh menyegarkan penampilan kulit.

Tentunya cara alami ini dijamin aman, murah dan tidak memiliki dampak negatif sama sekali. Seperti memakai masker wajah dari bahan alami seperti :

1. Lemon

Lemon termasuk buah untuk meremajakan kulit wajah yang sangat efektif. Manfaat lemon untuk wajah bukan hanya untuk menghilangkan kerutan halus tanda penuaan. Tapi di dalam lemon juga ditemukan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas.

Kandungan asam amino pada buah lemon juga berguna untuk mencerahkan kulit wajah serta membersihkan sel kulit mati. Penggunakan lemon pada wajah tidak boleh berlebihan, khususnya untuk kulit kering, sebab dapat menimbulkan iritasi.

Cara meremajakan kulit wajah dengan buah lemon adalah :

  • Cuci bersih lemon yang masih segar, belah menjadi 2 bagian dan peras airnya dalam sebuah wadah
  • Tambahkan beberapa tetes madu dan aduk hingga bercampur rata
  • Kombinasi lemon dan madu ini bisa langsung dioleskan pada permukaan wajah dan biarkan selama 10 menit
  • Setelah mengering, bersihkan wajah dengan air hangat

2. Kayu Cendana

Kayu cendana berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit supaya jerawat dan komedo tidak timbul. Kadar minyak yang berlebihan pada wajah juga bisa dikurangi dengan memakai masker kayu cendana secara teratur.

Caranya adalah :

  • Siapkan bubuk kayu cendana secukupnya, lalu tambahkan air mawar
  • Campur kedua bahan bahan tersebut dengan jumlah perbandingan 1:1
  • Kemudian oleskan masker kayu cendana tersebut pada wajah dan setelah kering basuh muka dengan air dingain

3. Kentang

Bahan alami yang satu ini sering digunakan sebagai scrub wajah untuk menghilangkan area hitam di sekitar mata. Kulit wajah di area mata akan diremajakan dengan beberapa kandungannya yang efektif.

Caranya juga cukup mudah, tinggal kupas kentang yang sudah dicuci bersih kemudian diiris menjadi irisan tebal. Tempelkan irisan kentang tersebut pada area sekitar mata selama 20 menit.

4. Putih Telur

Keampuhan bahan alami yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi, sebab sudah banyak para wanita yang membuktikannya. Beberapa manfaat masker telur adalah dapat mengencangkan kulit wajah, menghaluskan dan memutihkan sehinngga tampil awet muda.

  • Siapkan 1 butir telur dan pisahkan putih telur dari kuningnya
  • Tambahkan beberapa tetes air perasan lemon, lalu kocok sampai berbusa
  • Oleskan masker putih telur pada wajah. Anda bisa menggunakan bantuan kuas agar hasilnya bisa merata
  • Kalau sudah kering, cuci wajah menggunakan air hangat.

5. Mentimun

Bahan alami berikutnya yang dapat dijadikan masker untuk meremajakan kulit wajah adalah mentimun. Didalamnya terdapat kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga dan menghidrasi kulit wajah dan mencegah timbulnya jerawat.

Manfaat mentimun lainnya adalah untuk menjadikan kulit kencang sehingga akan tampak jauh lebih awet muda. Antioksidan di dalam mentimun juga sangat baik menjaga kulit supaya terhindar dari kerusakan karena radikal bebas.

Cara membuat masker mentimun untuk meremajakan kulit wajah ialah :

  • Siapkan timun lalu cuci hingga bersih, kemudian diparut hingga halus
  • Ambil 2 sendok parutan mentimun dan campurkan setengah gelas yogurt
  • Aplikasikan masker mentimun dan yogurt secara merata pada bagian wajah dan leher
  • Tunggu hingga mengering lalu bilas

6. Ampas Kopi

Pasti Anda tidak pernah menyangka jika sisa bubuk kopi yang kita minum tersebut bisa dijadikan masker wajah. Manfaat masker ampas kopi tersebut sangat baik bagi kesehatan kulit wajah.

Memakai masker kopi secara rutin dan teratur, maka dapat menjadikan kulit wajah semakin lembut dan terbebas dari ancaman radikal bebas. Ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit wajah.

Cara membuat masker ampas kopi adalah :

  • Ambil bubuk kopi secukupnya dan letakkan dalam sebuah gelas
  • Tuangkan air panas pada gelas dan diamkan sejenak
  • Setelah itu saring air dan kita mengambil ampas kopinya saja
  • Tambahkan beberapa bahan alami lainnya seperti madu, yogurt, susu dan minyak zaitun. Gunakan salah satu bahan tersebut sebagai campuran pada ampas kopi
  • Setelah dicampur dan diaduk merata, oleskan masker ampas kopi tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 menit
  • Jika sudah kering, maka bersihkan wajah menggunakan air hangat.

7. Pepaya

Di dalam buah pepaya banyak sekali kandungan gizi dan nutrisinya, seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Ketiga vitamin tersebut bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga kulit agar tetap halus dan lembab.

Selain itu, manfaat masker pepaya bagi wajah adalah untuk mengobati jerawat, menghilangkan bekas jerawat serta mengatasi komedo. Senyawa alpha hydroxy acids pada pepaya sangat efektif membantu pengelupasan sel kulit mati.

Cara membuat dan menggunakan masker pepaya untuk peremajaan kulit wajah adalah :

  • Ambil 2 sendok makan pepaya, campurkan dengan 1 sendok madu dan setengah sendok air perasan lemon
  • Aduk ramuan masker alami tersebut hingga bercampur menjadi satu
  • Kemudian oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama 20 menit. Lalu bilas.
  • Gunakan masker pepaya ini setiap akhir pekan secara rutin dan teratur

8. Pisang

Buah yang juga sangat ampuh meremajakan kulit wajah adalah pisang. Dan bahkan bukan hanya bagian buahnya saja yang berkhasiat untuk kecantikan, tapi masker dari kulit pisang juga ampuh untuk menghilangkan keriput di wajah.

Caranya adalah :

  • Siapkan 1 buah pisang matang yang berukuran kecil
  • Tumbuk hingga halus, lalu tambakan susu dan madu secukupnya
  • Oleskan pada wajah dan keringkan selama 30 menit

9. Yogurt

Asam laktat yang terdapat di dalam yogurt berguna sebagai pembersih alami. Tentunya ini membantu membersihkan sel kulit mati serja menjaga agar tetap lembab dan tidak kering.

Ambil 2 sendok yogurt dan campurkan dengan bubuk kunyit dan tepung. Aduk-aduk kombinasi masker alami ini sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan sampai kering. Terakhir bilas wajah agar bersih dari sisa-sisa masker.

Sebenarnya masih lagi bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk meremajakan kulit wajah. Seperti madu, jeruk nipis, baking soda, alpukat dll. Yang utama adalah pemakaiannya harus rutin dan teratur supaya dapat hasil yang maksimal.

Tips Agar Kulit Wajah Kencang Dan Sehat

  • Seringlah berolahraga karena selain membuat sehat, keringat yang keluar dari pori-pori kulit wajah akan membawa kotoran. Sehingga wajah akan lebih bersih dan segar.
  • Untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang, Anda juga bisa melakukan facial massage. Tujuannya adalah untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah.
  • Buang jauh-jauh beban pikiran yang menjadi masalah agar kita tidak stres. Sebab stres menjadi salah satu pemicu masalah pada kulit wajah.
  • Biasakan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup dan pilih asupan makanan yang memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Sekarang Anda sudah tau kan cara meremajakan kulit wajah dan tips-tips yang bisa Anda terapkan di rumah agar kulit wajah tidak kendor dan terbebas dari masalah kerusakan yang mengancam. Selamat mencoba.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*