Gejala, Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Stroke Ringan Secara Alami

cara menyembuhkan stroke ringan secara alami

Jenis penyakit apapun memang tidak bisa dibiarkan begitu lama, termasuk salah satunya adalah stroke ringan. Sebab jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan menimbulkan masalah besar yang membahayakan tubuh.

Stroke ringan merupakan salah satu jenis penyakit saraf yang bisa disembuhkan dengan berbagai macam cara. Cara menyembuhkan stroke bisa secara alami atau dengan pengobatan medis.

Dewasa ini, banyak cara alami yang ditawarkan untuk menyembuhkan stroke ringan. Banyak para penderita stroke yang kebingungan memiliki alternatif pengobatan yang paling ampuh.

Oleh sebab itu, lakukan segera penangan yang terbaik jika kita mengalami gejala stroke ringan, baik secara medis atau dengan cara alami.

Agar Anda tidak bingung dan lebih jelas, kami akan paparkan tentang seperti apa itu stroke ringan dan cara menyembuhkan stroke ringan secara alami yang bisa dipilih. Mulai dari membahas tentang khasiat, obat alami yang sesuai hingga efek sampingnya.

Penyakit Stroke Ringan Dan Gejalanya

Stroke ringan yang menyerang manusia biasanya memiliki waktu yang singkat, dalam artian serangan stroke ini tidak bertahan lama karena akan menghilang dengan sendirinya.

Tapi perlu diingat, meskipun gejala tersebut sudah tidak ada, penyakit ini tetap berbahaya bagi kesehatan tubuh karena biasanya para penderitanya juga mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dalam istilah medis, stroke ringan disebut transient ischaemic attach (TIA) atau serangan iskemik transien. Penyebabnya adalah karena aliran darah ke otak tidak berjalan dengan lancar.

Gejala yang dialami penderitanya hampir sama dengan penyakit stroke biasa. Jadi ini tidak boleh diabaikan karena juga dapat memicu bahaya kematian.

Penderita stroke ringan biasanya mengalami beberapa gejala atau tanda-tanda, seperti kelumpuhan wajah, kepala pusing, hilang keseimbangan dan lumpuh sebelah tangan dan kaki.

Selain itu bentuk mulut dan wajah penderita stroke ringan tak simetris, pikun, cara bicaranya mulai tak bisa dipahami, hilang kesadaran, perilaku yang berubah dan tidak bisa mengontrol buang air kecil.

Ciri-Ciri Penyakit Stroke Ringan

Ciri-ciri stroke ringan tampak pada melemahnya otot di organ tubuh. Biasanya otot wajah terlihat menurun ke salah satu sisi dan penderitanya tidak mampu mengangkat kedua tangan.

Selain itu, penderita stroke ringan juga sulit untuk tersenyum dan kemampuan berbicaranya terganggu. Kata yang dilafalkannya tidak beraturan atau bahkan tidak bisa berbicara sama sekali.

Perbedaan mendasar antara stroke ringan dan stroke biasa adalah pada besarnya sumbatan yang menghalangi aliran darah menuju otak.

Sumbatan stroke ringan terbilang kecil dan bersifat tidak permanen karena dapat disembuhkan kembali oleh sistem pertahanan tubuh. Jika ukuran sumbatan lebih parah maka dapat mengakibatkan stroke sepenuhnya.

Penyebab Stroke Ringan

Ada banyak sekali penyebab stroke ringan. Jika disimpulkan, para penderita stroke ringan ini biasanya menjalankan pola hidup yang tak sehat.

Seperti merokok, pola makan tak sehat, obesitas, jarang berolahraga, hipertensi, jantung, kolesterol tinggi dan diabetes.

Selain itu, stroke ringan juga dapat disebabkan oleh usia, jenis kelamin dan penyakit turunan keluarga.

Bahaya Penyakit Stroke Ringan

  • Sel saraf di otak rusak
  • Kaki dan tangan lemas
  • Panca indra mulai kabur
  • Sesak nafas
  • Koma
  • Ekspresi wajah yang datar
  • Kematian
  • Kelumpuhan

Meskipun hanya relatif singkat, stroke ringan ini juga dapat berujung pada penyakit stroke yang sebenarnya sehingga menjadi permanen.

Jika gejala stroke ringan yang dialami penderitanya dibiarkan begitu saja maka dapat merusak otak dan memicu kerusakan penglihatan, demensia dan gangguan kognitif lainnya.

Pada masa 9 tahun pertama, resiko harapan hidup penderita stroke ringan lebih rendah dibandingkan orang yang tidak pernah mengalami penyakit stroke sama sekali.

Mengingat bahaya dan dampak negatif dari stroke ringan, maka lebih baik segera dicegah sedini mungkin. Berikut kami juga akan paparkan cara menyembuhkan stroke ringan secara alami sebagai solusi penyembuhannya.

Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Stroke Ringan

1. Pengobatan Herbal

Banyak sekali obat-obatan herbal alami yang dapat menyembuhkan penyakit stroke ringan. Tidak ada salahnya mencoba cara pengobatan herbal ini sebab banyak penderita stroke ringan yang pulih dengan obat herbal tersebut.

Diantaranya adalah jus mengkudu, propolis, ekstrak daun sambiloto dan lainnya. Perlu diperhatikan, semua obat herbal tersebut memiliki manfaat dan efek samping sendiri-sendiri.

2. Makanan Sehat

Ada beberapa jenis makanan sederhana yang murah dan mudah menemukannya. Makanan sehat ini berkhasiat untuk membantu pemulihan pada penderita stroke ringan. Seperti bawang putih dan ikan laut yang mengandung omega 3.

Makanan yang kaya akan vitamin dan gizi ini dapat dikonsumsi setiap hari secara rutin dan penyakit stroke sedikit demi sedikit akan pulih dan kembali normal.

3. Akupuntur

Cara menyembuhkan stroke ringan juga bisa dengan jalan akupuntur. Cara alternatif ini dapat membantu memperlancar aliran peredaran darah.

Di setiap kota banyak sekali klinik akupuntur bersertifikat sehingga para penderita stroke tidak kesulitan untuk menjalani pengobatan akupuntur ini.

4. Pijat Refleksi

Cara kerja dari pijat refleksi adalah dengan menekan pusat saraf yang menjadikan pemicu penyakit stroke ringan. Ini merupakan cara alami untuk melancarkan peredaran darah pada titik-titik tertentu.

Pijat refleksi bisa menjadi cara alami untuk menyembuhkan stroke ringan asalkan dilakukan secara rutin dan teratur.

5. Bekam

Cara alternatif lainnya untuk menyembuhkan stroke ringan secara alami adalah dengan bekam. Gunanya adalah untuk mengeluarkan darah kotor yang umumnya banyak mengandung lemak jahat.

Saat ini terapi bekam juga tidak sulit mencarinya karena sudah banyak klinik yang melayani bekam. Anda harus melakukannya secara teratur agar stroke cepat pulih kembali seperti sediakala.

Tips Memilih Pengobatan Stroke Secara Alami

Memilih cara menyembuhkan stroke ringan secara alami tentu bukanlah perkara yang mudah. Sebab tidak semua metode akan cocok bagi penderita. Di bawah ini beberapa tips penting agar pengobatannya bisa berjalan maksimal.

  • Saat memilih pengobatan herbal maka pastikan terlebih dahulu si penderitanya tidak mengalami alergi terhadapat bahan tersebut. Bila terjadi alergi maka sebaiknya cari bahan alternatif lainnya atau memakai metode alternatif lain.
  • Bila sedang mengalami penyakit lain, sedang hamil atau menyusui maka sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Ini untuk menghindari kemungkinan efek samping yang akan terjadi.
  • Lakukan pengobatan alami ini secara rutin sebab cara alami tentu bukanlah cara yang instan. Anda harus sabar dan tekun menjalani metode alami ini.
  • Bila memilih jalan terapi maka pastikan terapisnya tersebut memiliki sertifikat dan kliniknya mempunyai ijin resmi. Sebab jika tidak, takut terjadi hal yang justru malah memperparah keadaan.

Tips Untuk Mencegah Stroke Ringan

  • Rajin berolahraga setiap hari merupakan langkah awal agar tubuh terhindar dari stroke ringan. Minimal lakukan olahraga 30 menit setiap hari.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol karena menyebabkan penyumbatan aliran darah. Hal inilah yang menjadi pemicu kelumpuhan tubuh, seperti pada tangan dan kaki.
  • Jangan duduk terlalu lama, khususnya bagi para pekerja yang sering berada di depan laptop. Sesekali lakukan gerakan berjalan agar otot pada tubuh tidak kaku.
  • Gerakkan otot-otot pada tubuh, khususnya kaki dan tangan. Latihan ini berfungsi untuk mengembalikan kinerja otot dan saraf.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang banyak akan gizi dan nutrisi serta vitamin. Seperti buah-buahan yang kaya vitamin C. Salah satu manfaat vitamin C bagi tubuh adalah untuk mencegah penyakit stroke.
  • Jalani pola hidup sehat yang baik. Hindari segala hal yang menjadi pemicu timbulnya penyakit stroke ringan.

Tentunya cara menyembuhkan stroke secara alami ini tidaklah mudah, dibutuhkan kesabaran extra. Para keluarga penderita juga dituntut harus sabar merawat penderita stroke ringan. Selalu berikan motivasi agar penderita punya harapan dan cepat sembuh seperti semula.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*