Cara Menurunkan Gula Darah Dengan Kayu Manis

cara menurunkan gula darah dengan kayu manis

Kita harus mengakui bahwasanya ada beberapa jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari banyak mengandung kadar gula. Salah satunya adalah nasi putih. Tentu hal ini menjadi simalakama, sebab nasi putih sudah menjadi makanan pokok sehari-hari.

Khusus bagi para penderita penyakit diabetes harus pintar memilih jenis makanan yang baik agar kadar gula tidak naik. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati diabetes atau kencing manis ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menurunkan kadar gula darah dengan kayu manis. Kayu manis dengan nama latin Cinnamomum verum ini adalah jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan masakan di Indonesia.

Apa Benar Kayu Manis Dapat menurunkan Kadar Gula?

Meskipun para pakar kesehatan masih berbeda pendapat akan manfaat kayu manis sebagai penurun kadar gula darah, tidak ada salahnya kita mencoba mengkonsumsi jenis rempah yang satu ini.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwasanya kayu manis bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk menurunkan kadar gula darah untuk mengontrol penyakit diabetes.

Salah satu penelitian yang populer pernah dilakukan oleh Diabetes Care pada tahun 2003. Pada studi tersebut dilakukan percobaan pemberian kayu manis kepada penderita diabetes sebanyak 1 gram, 3 gram dan 6 gram kayu manis.

Setelah dicoba selama 40 hari berturut-turut, ternyata memang benar mengkonsumsi kayu manis dengan semua jumlah diatas dapat menurunkan kadar gula sebanyak 18-29%.

Pada tahun 2016, Journal of Intercultural Ethnopharmacology juga pernah mempublikasikan tentang keampuhan kayu manis untuk menurunkan gula darah. Para partisipasi yang terdiri dari beberapa penderita diabetes disuruh mengkonsumsi kayu manis sebanyak 1 gram setiap hari selama 12 minggu. Hasilnya sungguh terjadi penurunan gula darah yang sangat signifikan.

Sebenarnya masih banyak lagi penelitian yang menunjukkan akan keampuhan kayu manis untuk mengontrol diabetes agar gula darah bisa turun. Tapi tentunya kadar jumlah kayu manis yang dikonsumsi tersebut tidak boleh berlebihan.

Dan bagi para penderita penyakit kerusakan hati sebaiknya menghindari mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah banyak karena dapat memperparah kondisi kerusakan hati.

Baca Juga : Tanaman Herbal Yang Ampuh Untuk Penderita Diabetes

Cara Kerja Kayu Manis Dalam Menurunkan Gula Darah

Banyak para ibu-ibu yang menggunakan kayu manis sebagai penyedap rasa dan penambah rasa manis pada masakan. Bagi Anda yang ingin memasak masakan dengan kadar gula yang rendah maka bisa mengganti gula dengan kayu manis.

Tentunya dengan cara begitu maka dapat membuat asupan gula yang masuk ke dalam tubuh dapat di kontrol sehingga diabetes tetap akan normal. Cara kerja kayu manis ini seperti hormon insulin dengan cara memindahkan glukosa ke dalam sel secara efisien seingga kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik.

Selain itu, kayu manis ini juga dapat mencegah gula darah naik ketika kita habis makan. Alasannya adalah karena kayu manis dapat memperlambat pengosongan perut dan menghambat enzim pencernaan saat memecah karbohidrat.

Dan yang paling penting adalah di dalam kayu manis terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini tentunya sangat baik bagi tubuh secara keseluruhan. Seperti menjaga kerusakan sel, mengurangi stres oksidatif dan mengontrol diabetes.

Baca Juga : 9 Bahaya Efek Gula Darah Rendah Bagi Kesehatan

Cara Mengkonsumsi Kayu Manis Sebagai Obat Diabetes

Dengan aroma khas dan rasa pedas, kayu manis dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Tapi tentunya harus dengan dosis yang tepat. Lalu bagaimana cara mengolah kayu manis yang benar agar diabetes dapat terkontrol dengan baik?

Sebenarnya cara mengolah kayu manis ini tidaklah sulit karena para ibu sudah sangat familiar dengan rempah yang satu ini. Cara yang paling mudah adalah dengan menjadikan kayu manis dalam bentuk bubuk. Nantinya bubuk kayu manis tersebut bisa Anda campurkan pada minuman seperti teh dan kopi. Takaran terbaiknya adalah 1 gram setiap hari secara rutin.

Jika Anda ingin memasak kayu manis untuk diabetes, maka silahkan simak cara mengolah dan mengkonsumsinya di bawah ini.

  • Cara pertama, rebus 3 batang kayu manis dengan 2 gelas air dan tunggu sampai mendidih. Setelah airnya tersisa 1 gelas saja angkat dan dinginkan. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan kayu manis tersebut.
  • Cara kedua, Anda bisa mengolah teh mawar dan nantinya masukkan 2 batang kayu manis ke dalam teh mawar selama 10 menit. Dan konsumsi seperti biasanya.

Terakhir, sebaiknya Anda selalu mengecek gula darah secara berkala. Ini berfungsi untuk mengetahui tentang diabetes sejak dini. Terlebih bagi Anda yang sudah berusia diatas 40 tahun.

Jadi Anda tidak perlu menunggu terkena gejala diabetes terlebih dahulu. Sebab pengobatan diabetes yang parah akan lebih sulit disembuhkan. Lebih baik mencegah daripada susah-susah menjalani pengobatan. Gula darah yang normal berkisar antara 70-100 mg/dl.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara menurunkan gula darah dengan kayu manis. Tentunya dengan pengobatan herbal alami akan lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*