10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Lemah Agar Kebal Penyakit

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh manusia memang berbeda-beda tergantung dengan pola hidupnya masing-masing. Orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah biasanya akan rentan sekali untuk terkena penyakit. Nah, untuk itu perlu adanya peningkatan daya tahan tubuh yang dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh dapat ditempuh agar tidak mudah terserang penyakit. Ini berguna bukan hanya dalam jangka pendek saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan di masa depan saat usia sudah menginjak tua.

Jika masih bingung bagaimana caranya, berikut ini akan dipaparkan informasi secara detailnya cara memperkuat daya tahan tubuh agar kebal terhadap serangan berbagai penyakit.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi dapat membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat. Makanan tersebut bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Perhatikanlah selalu asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Jangan sampai kekebalan tubuh terganggu karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Berikut ini akan dijelaskan beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Daging

Daging memiliki kandungan zink yang tinggi. Dimana, kandungan zink ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang ada di dalam tubuh sehingga dapat melawan berbagai penyakit. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

  • Barley Dan Oat

Gandum memiliki kandungan serat beta-glucan yang fungsinya sangat baik untuk tubuh yaitu dapat berguna sebagai senyawa antioksidan.

Bahkan, khasiatnya sangat pantas untuk diacungi jempol karena dapat berperan juga sebagai antimikroba. Jadi, dengan mengonsumsi barley dan oat merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang terbukti efektif.

  • Telur

Telur merupakan makanan murah meriah yang sangat baik untuk sistem imun jika diproses dengan cara yang benar yaitu dikukus atau direbus dalam kurun waktu tertentu. Di dalam telur terkandung vitamin B kompleks dan vitamin D yang dapat berkhasiat untuk membasmi penyakit dan juga melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

  • Ubi Jalar

Meskipun sering dipandang sebelah mata, namun makanan yang satu ini ternyata kaya akan vitamin A dan betakaroten.

Vitamin A merupakan vitamin yang vital untuk mengaktifkan jaringan konektif yang merupakan jaringan untuk menghubungkan jaringan di dalam tubuh.

  • Rebusan Daun Sirsak

Khasiat dan manfaat air rebusan daun sirsak sudah mulai populer di kalangan masyarakat luas. Fungsi utamanya adalah untuk mencegah ancaman bebagai jenis penyakit kanker. Daun sirsak menjadi antibodi untuk selalu menyehatkan tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung di dalam air rebusan daun sirsak juga bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh agar terhindar dari radikal bebas yang mengancam.

  • Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin A, B1, dan C yang menjadikannya sebagai buah paling sehat di dunia. Buah ini dapat membantu Anda dalam membersihkan usus secara alamiah.

Di dalam buah alpukat terkandung beta-carotene dan glutation yang berguna sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas serta dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

2. Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang paling mudah dilakukan. Sesibuk apapun Anda saat ini, istirahat adalah hal yang paling utama, untuk itu Anda tidak boleh melewatkannya.

Dengan tidur yang cukup, Anda akan mendapatkan kekuatan kembali setelah bangun tidur. Kekurangan waktu tidur yang berkepanjangan akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan juga mental serta dapat menurunkan kualitas hidup.

Ketika tidur di malam hari, tubuh akan meregenerasi sel-sel sehingga keesokan harinya tubuh menjadi fresh kembali.

3. Hindari Rokok

Rokok sangat tidak baik untuk kesehatan karena dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko timbulnya penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, hipertensi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meskipun sudah jelas merokok dapat mengakibatkan penyakit berbahaya namun masih banyak yang merokok sampai saat ini. Terlebih lagi bagi orang sudah kecanduan, sulit sekali untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

4. Kelola Stres

Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang tidak baik untuk tubuh. Dimana, jika kondisi stres terus menerus terjadi maka akan menekan sistem kekebalan tubuh secara perlahan.

Meskipun Anda memiliki pekerjaan yang berat, Anda harus memiliki managemen stres yang baik agar kesehatan tetap terjaga. Imbangilah antara pekerjaan dengan liburan agar beban Anda tidak terlalu berat.

Artikel Terkait : Cara Mudah Menghilangkan Stres Dan Beban Pikiran

5. Olahraga Teratur

Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang mahal ataupun yang terlalu berat, cukup dengan olahraga yang murah dan ringan saja seperti senam, jogging, renang, bersepeda dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah Anda bergerak setiap hari dan mengeluarkan keringat.

Olahraga teratur juga sangat baik bagi Anda yang sedang dalam program diet. Dimana, dengan berolahraga dapat membakar kalori yang ada di dalam tubuh sehingga berat badan dapat berkurang dengan efektif.

6. Sinar Matahari Yang Cukup

Sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk tubuh karena akan memproduksi vitamin D. Orang yang kekurangan vitamin D akan beresiko untuk terkena penyakit pernafasan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2010 pada anak-anak memaparkan bahwa asupan vitamin D 1.200 IU setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit influenza A secara signifikan.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah ini sebaiknya Anda lakukan setiap hari karena tidak perlu mengeluarkan biaya. Anda cukup berjemur saja di bawah sinar matahari di pagi hari ataupun melakukan aktivitas pagi di luar ruangan.

Selain mendapatkan sinar matahari yang cukup, Anda juga mendapatkan oksigen yang baik sehingga paru-paru tetap terjaga kebersihannya.

7. Menjaga Kebersihan Tangan

Tanpa disadari, setiap harinya tangan selalu bersentuhan dengan barang-barang yang mengandung bakteri. Tak khayal jika tangan merupakan tempat berkumpulnya kuman-kuman.

Mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri merupakan hal yang wajib Anda lakukan agar terhindar dari bakteri ataupun kuman yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Cuci tangannnya pun harus dilakukan dengan benar yaitu dengan menggosok-gosok sela-sela jemari dan mengeringkannya dengan handuk kering yang sudah bersih.

8. Meditasi

Meditasi merupakan kegiatan penenangan pikiran agar terhindar dari stress yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Anda bisa melakukan meditasi dengan duduk rileks, membersihkan pikiran negatif, dan menarik nafas dalam-dalam dari hidung kemudian keluarkan secara perlahan melalui mulut.

Lakukanlah meditasi tersebut setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tak perlu lama-lama cukup 15 menit saja setiap harinya.

Jika Anda ingin mendapatkan ketenangan yang lebih efektif lagi bisa mengikuti kelas yoga yang dekat dengan rumah atau tempat kerja Anda. Datanglah ke tempat yoga saat sedang libur bekerja dan carilah tempat yoga yang instrukturnya sudah kompeten.

9. Mengurangi Makanan Atau Minuman Yang Manis

Makanan atau minuman yang terlalu manis akan membuat kekebalan terhadap flu atau influenza menjadi menurun.

Beberapa jam setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, sistem kekebalan tubuh akan berhenti sejenak dalam melawan infeksi. Hal tersebutlah yang akan membahayakan tubuh Anda.

Bolehlah mengonsumsi makanan ataupun minuman yang manis-manis, namun jangan terlalu berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan.

10. Minum suplemen

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen yang banyak mengandung vitamin C.

Suplemen ini sangat diperlukan terutama jika Anda bekerja di luar ruangan dengan tingkat polusi yang tinggi. Dengan adanya suplemen ini, maka tubuh Anda akan terhindar dari kuman penyebab penyakit.

Sebenarnya, ada banyak cara lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda lakukan sejak dini untuk mencegah datangnya penyakit. Beberapa cara tersebut yang disebutkan diatas bisa Anda terapkan mulai dari sekarang juga, selamat mencobanya.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*