Yuk Intip 9 Cara Mengobati Psoriasis Kulit Kepala Secara Alami Ini

cara mengobati psoriasis kulit kepala

Anda pernah mendengar istilah psoriasis? Apa sebenarnya pengertian psoriasis sendiri? Psoriasis adalah salah satu jenis penyakit peradangan kulit yang ditandai dengan kulit memerah, terkelupas, menebal, kering dan juga bersisik. Penyakit psoriasis adalah salah satu jenis penyakit menahun.

Psoriasis tak hanya bisa menyerang kulit kepala, namun juga seluruh bagian anggota tubuh. Namun, bagian yang paling sering terkena penyakit psoriasis adalah punggung bagian bawah, lutut, siku dan juga kulit kepala.

Lalu, apakah penyakit psoriasis adalah jenis penyakit berbahaya? Bagaimana cara mengobati psoriasis kulit kepala? Penyakit psoriasis adalah jenis penyakit autoimun. Artinya, penyakit ini muncul akibat kurangnya sistem imun ataupun kekebalan tubuh.

Cara Mudah Untuk Mengobati Penyakit Psoriasis

Penyakit psoriasis bukanlah penyakit menular, dan sifat penyakit ini juga ada yang ringan dan ada juga yang berat, tapi tak sampai pada tingkat yang berbahaya. Hanya saja, penyakit psoriasis biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman di tubuh penderitanya.

Namun tak perlu khawatir, psoriasis dapat diobati dengan cara-cara alami maupun pengobatan modern yang ada di sekitar Anda. Nah, berikut ini adalah cara mengobati psoriasis kulit kepala yang akan menyembuhkan penyakit psioriasis Anda. Check this out!

1. Salep

Banyak salep yang dianjurkan dokter untuk dapat digunakan sebagai obat penyakit psoriasis ini. Diantaranya adalah salep emolien. Salep yang satu ini sangat berperan dalam melindungi dan melembapkan kulit kepala yang selalu terkontaminasi shampoo.

Obat salep emolien dapat diaplikasikan sejak gejala awal penyakit hingga tingkat psoriasis yang sudah parah. Salep ini meningkatkan tingkat regenerasi sel kulit dan juga mencegah inflamasi. Oleskan salep ini setiap pagi sehabis mandi.

Salep kedua yang sering diresepkan oleh dokter adalah kortikosteroid. Salep ini juga berfungsi mengurangi tingkat inflamasi yang terjadi pada kulit. Biasanya, pemberian salep kortekosteroid ini juga akan dibarengi dengan dosis yang disarankan. Menggunakan salep ini secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lebih tipis.

Jenis salep yang terakhir adalah salep coal tar. Salep ini sangat mudah meresap di kulit kepala dan mampu menghilangkan rasa gatal. Namun, penggunaan salep ini tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui.

2. Cuka Apel

Cara mengobati penyakit psoriasis kulit kepala yang kedua adalah dengan memanfaatkan sari cuka apel. Cuka apel memiliki manfaat yang dapat melembabkan kulit dan juga mengurangi peradangan yang terjadi. Selain itu, kandungan antiseptic yang ada pada cuka apel juga dapat mengobati rasa gatal akibat penyakit psoriasis yang menyerang Anda.

Dalam mengaplikasikan cuka apel sebagai pengobatan, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan cuka apel secukupnya dan campurkan dengan air hangat. Kemudian oleskan secara merata ke bagian kulit kepala yang terkena penyakit psoriasis tersebut. Gunakan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga : Manfaat Sari Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah Dan Cara Membuatnya

3. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut memang tak pelru dipertanyakan lagi. Namun benarkah lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengobati psoriasis kulit kepala? Jawabannya adalah ya.

Gel lidah buaya sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan juga menutup luka. Dalam mengobati psoriasis sendiri, lidah buaya akan menutrisi kulit sehingga terjaga kelembabannya. Cukup oleskan lidah buaya di bagian kulit kepala yang terkena psoriasis dan biarkan hingga beberapa menit.

Setelah itu, bilas kulit kepala menggunakan air bersih ataupun shampoo. Rasa gatal dan juga kulit memerah yang disebabkan oleh psoriasis dapat hilang menggunakan pengobatan lidah buaya ini.

4. Baking Soda

Cara mengobati psoriasis kulit kepala menggunakan baking soda sangat mudah cara pengaplikasiannya. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh baking soda dan campurkan ke dalam 4 sendok makan air. Oleskan secara merata ke bagian kulit kepala yang terkena psoriasis.

Terapkan pengobatan ini secara rutin dan teratur. Penggunaan baking soda dikenal sangat efektif dalam mengurangi rasa gatal dan menghilangkan sisik yang timbul akibat psoriasis.

Artikel Terkait : Beragam Manfaat Baking Soda Untuk Kecatikan Kulit Wajah

5. Dadih (Fermentasi Susu)

Mengonsumsi fermentasi susu secara teratur ternyata terbukti sangat efektif dalam menyembuhkan penyakit psoriasis. Konsumsilah minimal 2 gelas per hari untuk hasil yang lebih maksimal. Dadih atau fermentasi susu memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit kepala Anda.

6. Kulit Pisang

Siapa sangka, ternyata manfaat kulit pisang untuk pengobatan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit psoriasis pada kulit. Kulit pisang ini dapat menghilangkan kulit bersisik, kemerahan dan mengatasi gatal pada penderita psoriasis.

Caranya adalah dengan menggosokkan kulit pisang yang sudah bersih pada area kulit kepala yang terkena penyakit psoriasis tersebut secara teratur. Pada awal penggunaan kulit memang mengalami kemerahan, namun secara lambat laun psoriasis akan hilang dengan sendirinya.

7. Ikan dan Minyak Ikan

Cara menyembuhkan psoriasis kulit kepala selanjutnya adalah dengan menu makanan Anda. Ikan memiliki kandungan omega 3 yang dapat menghambat penyebaran penyakit psoriasis di kulit kepala Anda. Selain itu kandungan asam lemak esensial yang ada di minyak ikan juga dapat meningkatkan kekebalan kulit.

Jenis ikan yang baik untuk digunakan sebagai konsumsi penderita penyakit psoriasis adalah ikan tuna, ikan sarden, dan juga ikan salmon.

8. Oat Milk

Menurut ahli kesehatan, oat milk merupakan makanan yang memiliki kandungan mineral dan juga vitamin yang sangat lengkap. Cara mengobati psoriasis kulit kepala menggunakan oat milk adalah dengan menggunakannya sebagai shampoo.

Cukup campurkan oatmilk dengan air dan gosokkan pada kulit kepala yang terkena psoriasis. Oatmilk dapat meredam rasa gatal dan juga menghilangkan kulit kemerahan akibat psoriasis. Selain kulit kepala, oat milk juga sangat efektif digunakan sebagai campuran air ketika mandi jika bagian tubuh yang lain juga terserang penyakit ini.

9. Jangan Mengkonsumsi Makanan Yang Tak Sehat

Bagi penderita psoriasis, biasanya dokter akan memberikan saran untuk menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan tingkat penyakit menjadi semakin parah. Biasanya, makanan yang dihindari adalah makanan yang dapat menyebabkan gatal dan juga mempercepat tingkat pertumbuhan kulit.

Berbagai jenis makanan tersebut antara lain :

  • Makanan yang memiliki kandungan alkohol seperti tape, anggur, durian dan yang paling penting jangan sekali-kali mengonsumsi minuman alkohol ketika Anda menderita penyakit ini. Minuman beralkohol dapat menyebabkan kulit mudah terdehidrasi sehingga penyakit psoriasis yang menyerang akan semakin parah dan sulit disembuhkan.
  • Makanan Asin. Cara mudah mengobati psoriasis kulit kepala adalah dengan membatasi atau bahkan menghindari sama sekali makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Berbagai jenis makanan tersebut antara lain, telur asin, ikan asin, keju dan lain sebagainya.
  • Fast Food. Sosis, nugget, makanan kaleng dan lain sebagainya. Makanan yang memiliki kandungan bahan pengawet ini mutlak harus Anda hindari konsumsinya. Berbagai bahan kimia yang terkandung dalam pengawet ini akan mengakibatkan penyakit psoriasis menjadi lebih mudah berkembang.
  • Makanan yang memiliki kandungan protein hewani. Cara cepat mengobati psoriasis kulit kepala adalah dengan menghambat pertumbuhan sel kulit itu sendiri. Nah, protein hewani adalah salah satu protein yang dikenal sangat baik dalam meningkatkan pertumbuhan sel kulit. Untuk itu, Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang mengandung protein hewani seperti daging bebek, daging ayam, dan lain sebagainya.

Selain berbagai pengobatan menggunakan salep dan bahan alami, Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter jika penyakit psioriasis yang Anda alami sudah mencapai pada tahap yang sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, mari mengonsumsi makanan yang bernutrisi sehingga sistem kekebalan tubuh dapat senantiasa terjaga.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*