10+ Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

cara mengobati infeksi saluran kemih

Pernahkah Anda mengalami keadaan sering buang air kecil? Atau malah merasa sakit saat buang air kecil? Apabila Anda kerap mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda berhati-hati.

Ya, bisa saja gejala buang air kecil yang terlalu sering dan terasa sakit tersebut adalah salah satu gejala dari infeksi saluran kemih (ISK). Sekilas, gejala kesehatan satu ini memang terlihat ringan, akan tetapi jangan sekali-kali untuk mengabaikannya.

Infeksi saluran kemih bisa menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan, bahkan tidak ada batasan umur. Biasanya, gejala yang ditimbulkan berupa rasa nyeri saat buang air kecil, urin berwarna gelap dan berbau. Infeksi yang disebabkan oleh adanya bakteri ini biasanya menyerang kandung kemih, uretra dan juga ureter.

Cara Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

Infeksi saluran kemih yang dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan infeksi yang bisa menjalar sampai ke ginjal. Sangat berbahaya bukan? Untuk itu, cara mengobati infeksi saluran kemih sangat penting diketahui supaya nantinya mudah dalam penerapannya.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Cara mengobati infeksi saluran kemih yang paling sederhana bisa dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dengan tubuh memiliki cairan yang cukup, maka dapat mempermudah organ yang berkaitan lebih mudah untuk mengeluarkan urin.

Dengan begitu, maka bakteri yang terdapat pada saluran kemih akan ikut terbawa bersama dengan proses pengeluaran urin tersebut.

Di tahun 2003 yang lalu, sudah dilakukan sebuah penelitian dengan melibatkan 141 anak perempuan yang hanya mengonsumsi sedikit cairan setiap harinya, sehingga membuat mereka jarang buang air kecil. Akibatnya, anak tersebut cenderung lebih mudah mengalami infeksi saluran kemih, baik sekali maupun secara berulang.

Nah, supaya kebutuhan cairan dalam tubuh tetap tercukupi, Anda sebaiknya mengonsumsi air putih secara rutin minimal 8 gelas dalam sehari.

Baca Juga : 8 Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Tak hanya meningkatkan kebutuhan akan cairan saja, cara mengobati infeksi saluran kemih juga harus diimbangi dengan memperbanyak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya.

Jika vitamin C dalam tubuh terpenuhi maka dapat membantu meningkatkan keasaman urin, sehingga bisa bekerja efektif dalam membasmi bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih.

Guna meningkatkan asupan vitamin C tersebut, Anda bisa mengkonsumsi sayuran atau buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, lemon, pepaya dan lainnya.

3. Jus Cranberry

Jus cranberry tanpa ditambah pemanis juga bisa dijadikan salah satu cara mengobati infeksi saluran kemih yang paling cepat dan ampuh. Ya, hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada cranberry dapat membasmi bakteri yang terdapat pada saluran kemih.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di tahun 2015, dimana penggunaan kapsul cranberry atau yang setara dengan dua gelas jus cranberry atau sebanyak 480 ml, sangat membantu untuk mengurangi risiko seseorang dari terserangnya penyakit infeksi saluran kemih.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan jus cranberry ini di supermarket. Akan tetapi, Anda harus mengetahui bahwa jus cranberry yang bermanfaat adalah jus yang tidak menggunakan pemanis. Itu artinya, Anda tidak  disarankan untuk mngonsumsi jus cranberry yang terdapat dalam kemasan.

4. Makanan yang Mengandung Banyak Prebiotik

Prebiotik merupakan mikrooraganisme baik yang bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau suplemen. Salah satu makanan yang mengandung prebiotik ialah makanan fermentasi seperti yoghurt atau susu fermentasi.

Cara kerja prebiotik sendiri bisa meningkatkan keseimbangan usus dan bakteri. Manfaat lain dari prebiotik ini yakni dapat membantu dalam mengatasi masalah yang terdapat pada saluran pencernaan, mulai dari fungsi hingga perbaikan pada kekebalan tubuh.

5. Gunakan Soda

Mengonsumsi minuman yang dicampur dengan baking soda juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati infeksi saluran kemih secara alami. Larutan yang dibuat tersebut bersifat basa sehingga bisa menyeimbangkan keasaman urin yang akan membantu meredakan urin.

Tak hanya membantu dalam meredakan nyeri, bahkan larutan baking soda juga membantu mengusir batu ginjal yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

6. Jus Apel atau Cuka Apel

Dalam jus atau cuka apel terdapat kandungan seperti kalium dan enzim, dimana zat tersebut berguna untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri pada saluran kemih.

Tak heran jika cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik alami untuk dijadikan salah satu cara mengobati infeksi saluran kemih.

7. Kompres Dengan Air Hangat

Dengan mengompres perut bagian bawah dengan menggunakan air hangat ternyata bisa membantu mengurangi gejala infeksi saluran kemih. Cara mengobati infeksi saluran kemih ini akan meminimalisir tekanan yang terdapat pada kandung kemih. Cara ini pun bisa membantu mengurangi rasa sakit pada saluran kemih.

Tak hanya itu saja, bahkan dengan Anda mengompres bagian perut maka akan mengurangi peradangan serta mencegah bakteri yang menyebar.

8. Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Saat sedang berusaha mengobati infeksi saluran kemih, hal penting yang harus dilakukan adalah mengurangi kebiasaan buruk seperti minuman beralkohol, panas, atau berkafein. Zat-zat yang terkandung pada minuman tersebut justru akan membuat bagian saluran kemih menjadi semakin teriritasi.

Bahkan, saat Anda tidak lagi terinfeksi saluran kemih, minuman beralkohol dan kafein memang sebaiknya tidak dikonsumsi, apalagi dalam jumlah yang berlebihan. Itu artinya, cara mengobati infeksi saluran kemih ini sekaligus bisa menjadi langkah pencegahan penyakit infeksi saluran kemih.

9. Minuman Bersuplemen

Seperti diketahui bahwa bakteri yang menginfeksi saluran kemih bisa dilawan dengan menggunakan suplemen kesehatan. Suplemen kesehatan yang dimaksud adalah goldenseal, jelatang, vitamin C atau Echinacea.

Beberapa minuman tersebut akan membantu mengasamkan urin, dengan begitu bakteri yang terdapat pada saluran kemih tidak akan betah berada di tempat tersebut. Vitamin ini juga akan membantu memperkuat kekebalan tubuh dan membantu menanggulangi infeksi.

Selain vitamin C, Anda juga bisa mengonsumsi sekitar 250 ml teh yang terbuat dari goldenseal, teh achineacea atau teh jelatang selama beberapa kali dalam sehari. Teh tersebut ternyata mempunyai kegunaan untuk membuat kekebalan tubuh menjadi lebih baik lagi, dan juga mengurangi peradangan. Ini adalah salah satu cara mengobati infeksi saluran kemih yang bisa dilakukan dengan mudah.

10. Menjaga Kebersihan Pribadi

Hal ini memang kerap disepelekan oleh kebanyakan orang, padahal jika tidak membersihkan tubuh dengan baik terutama pada organ intim, akan sangat rentan untuk terkena infeksi.

Untuk wanita sendiri, ketika membersihkan organ intim sebaiknya dengan mengusap dari arah depan ke belakang ketika selesai buang air kecil. Hal lain yang juga perlu Anda hindari adalah penggunaan produk wewangian disekitar organ intim wanita.

11. Obat Antibiotik

Penggunaan antibiotik untuk pria dan wanita tentunya berbeda. Untuk pria disarankan untuk meminum obat antibiotik selama 7 sampai 14 hari, sedangkan untuk wanita disarankan meminum obat antibiotik selama 3 sampai 5 hari. Dalam meminum obat sebisa mungkin harus habis agar bakteri yang terdapat pada saluran kemih bisa hilang

Pentingnya menjaga kebersihan dan mengonsumsi makanan sehat penting dilakukan untuk mendukung sistem metabolisme yang lancar. Apabila tubuh selalu dalam keadaan sehat, maka beberapa kendala dalam kesehatan bisa di minimalisir, salah satunya seperti pada infeksi saluran kemih.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*