10 Cara Mengobati Gondongan Dengan Bahan Alami Pilihan

cara mengobati gondongan dengan bahan alami pilihan

Gondongan merupakan salah satu penyakit yang biasa dialami oleh anak-anak, dimana gejala penyakit tersebut ditandai dengan adanya pembengkakan yang terjadi di sekitar bawah telinga. Adanya pembengkakan ini disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh virus sehingga mempengaruhi kelenjar parotid.

Perlu diketahui bahwa penyakit gondongan termasuk dalam salah satu penyakit yang menular, dimana bisa menular secara langsung atau melalui media perantara.

Siklus terjadinya penyakit ini bermula dari masuknya virus sampai ke kelenjar parotid yang kemudian ke saluran pernapasan. Di saluran pernapasan, virus tersebut akan berkembang selama kurang lebih 14 hari sampai 20 hari.

Gejala Penyakit Gondongan

Sebelum membahas beberapa cara mengobati gondongan, penting untuk mengetahui gejala dari gondongan itu sendiri. Hal ini dikarenakan supaya nantinya Anda bisa mudah dalam melakukan pengobatan.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit gondongan yaitu merasa kelelahan, pusing berat, deman, pegal hingga hilangnya nafsu makan.

Untuk demam yang terjadi biasanya akan terus meningkat hingga mencapai 39,4 derajat celcius. Bahkan, hal yang paling menonjol ditandai dengan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar air liur atau parotid.  Pembengkakan tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang begitu hebat dan kesulitan dalam menelan makan.

Cara Mengobati Gondongan Secara Alami

Mengingat penyakit gondongan bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman, berikut cara mengobati gondongan untuk mengatasinya.

1. Jahe

Cara mengobati gondongan yang pertama ini bisa dikatakan cukup sederhana, dimana Anda bisa memanfaatkan bumbu dapur yakni jahe. Ya, hal ini dikarenakan jahe mempunyai sifat anti inflamasi dan anti virus yang baik untuk membasmi virus gondongan.

Selain itu, kandungan jahe juga bisa membantu dalam mengurangi pembengkakan, rasa sakit yang ditimbulkan dan menyingkirkan virus gondongan. Apabila Anda tengah menderita gondongan, bisa memanfaatkan jahe sebagai cara mengobati gondongan yang tepat.

Anda bisa membuat jahe tersebut menjadi pasta dengan menggunakan bubuk jahe. Setelah itu, oleskan pasta tersebut di bagian bawah rahang. Tunggu hingga beberapa menit hingga pasta tersebut mengering lalu bersihkan dengan lap basah.

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Jahe

2. Lidah Buaya

Tak hanya dimanfaatkan di bidang kecantikan saja, ternyata manfaat lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara mengobati gondongan. Lidah buaya mempunyai kandungan sebagai antivirus, antibiotik dan anti-inflamasi.

Cara membuatnya, ekstrak gel lidah buaya terlebih dulu lalu tambahkan sedikit kunyit. Campur kedua bahan tersebut dan oleskan pada bagian yang mengalami pembengkakan akibat gondongan.

Diamkan ramuan tersebut selama setengah jam sebelum dibersihkan. Untuk membersihkanya, cukup gunakan lap bersih. Supaya gejala gondongan bisa cepat hilang lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam seminggu.

3. Baking Soda

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi gejala gondongan. Adanya kandungan anti inflamasi pada baking soda menjadikannya sebagai salah satu cara mengobati gondongan yang bisa Anda lakukan di rumah. Kandungan inflamasi ini bisa mengurangi pembengkakan.

Tak hanya itu saja, bahkan baking soda juga mempunyai sifat alkali yang bisa membasmi virus gondongan. Untuk membuat baking soda sebagai obat gondongan pun mudah, hampir sama dengan bahan-bahan yang sudah dibahas di atas.

Anda hanya perlu membuat pasta dengan tekstur halus dari baking soda. Pasta tersebut kemudian bisa Anda aplikasikan pada area yang terasa bengkak selama 5 menit. Pasta selanjutnya dibersihkan dengan menggunakan air hangat.

Artikel Terkait : Manfaat Baking Soda Untuk Wajah Dan Efek Sampingnya

4. Asparagus

Sayuran satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Asparagus mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Adanya kandungan nutrisi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengobati gondongan karena efektif dalam melawan virus gondongan.

Cara membuatnya juga sederhana, karena Anda hanya perlu membuat pasta yang terbuat dari bubuk biji asparagus sebanyak tiga sendok yang dicampur dengan serbuk sari biji fenegreek.

Setelah kedua bahan dicampur, aduklah hingga menjadi pasta. Untuk selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan pasta tersebut pada area yang bengkak. Jika pasta sudah mengering, bersihkan dengan menggunakan lap hangat.

5. Air Hangat

Cara tercepat dalam mengatasi gondongan yaitu dengan menggunakan air hangat. Anda bisa mengompres bagian yang terasa bengkak dan sakit dengan menggunakan bahan sederhana ini.

Cara mengobati gondongan ini bisa memberikan rasa nyaman  dan juga bisa mengurangi rasa sakit. Dengan Anda mengompres area yang terkena gondongan juga bisa mengurangi terjadinya pembengkakan.

6. Es Batu

Tak hanya air hangat, es batu juga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk membantu meredakan terjadinya pembengkakan kelenjar.

Namun, sebelum digunakan pastikan terlebih dulu bahwa es batu yang akan digunakan sudah dibungkus sebelum digunakan sebagai pengompres. Rasa dingin yang ditimbulkan dari es batu tersebut akan memberikan efek nyaman dan bisa mengurangi pembengkakan.

7. Daun Banyan

Sayuran ini dikenal mempunyai banyak manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya untuk membantu mengatasi gondongan.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan anti radang yang bekerja efektif dalam meminialisir rasa sakit yang disebabkan oleh virus gondongan. Bahkan, kandungan yang terdapat pada daun banyan juga akan membantu proses pemulihan.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara mengobati gondongan paling mudah ialah dengan memastikan asupan cairan di dalam tubuh terpenuhi. Ya, dengan mengonsumi air putih yang cukup maka tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Terlebih jika gondongan yang dialami disertai dengan demam tinggi.

Dengan Anda mengonsumsi air putih secara teratur maka akan berguna untuk menjaga suhu tubuh supaya tidak mengalami panas yang terlalu tinggi.

Perlu diperhatikan bahwa selama menderita gondongan, tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman seperti jus buah. Hal ini dikarenakan jus buah bisa merangsang kelenjar parotid sehingga bisa memproduksi air liur lebih banyak.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang mirip dengan minyak yang di produksi oleh kulit. Oleh karena itu, keberadaan minyak zaitun bisa diserap baik kedalam kulit.

Tak hanya dioleskan saja, bahkan minyak zaitun ini juga bisa dikonsumsi untuk membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh gondongan mengingat adanya kandungan anti inflamasi dan antosioksidan.

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal gondongan, minyak zaitun juga bisa bermanfaat untuk menghaluskan kulit.

10. Blau

Blau merupakan perlengkapan mencuci berupa zat padat dengan warna biru tua agar membuat pakaian menjadi lebih putih. Secara medis, cara mengobati gondongan dengan blau belum diteliti secara kesehatan. Akan tetapi bahan ini menjadi cara andalan secara turun temurun yang biasa dilakukan sejak jaman dahulu dan dipercaya dapat meredakan gejala gondongan.

Cara mengaplikasikannya pun mudah, Anda hanya perlu mencampurkan blau dengan sedikit air, setelah itu oleskan pada bagian yang bengkak. Jika sudah mengering, bilas dengan menggunakan air hangat.

Selain dengan bahan-bahan di atas sebagai cara mengobati gondongan dengan alami, penting diperhatikan bahwa untuk mendukung proses penyembuhan Anda harus menjaga pola istirahat dengan baik. Selain istirahat cukup, banyak-banyaklah mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan susu agar daya tahan tubuh selalu dalam keadaan baik.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*