Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Pria Dan Wanita

cara menghitung berat badan ideal pada pria dan wanita

Tingkat kepercayaan diri seseorang akan meningkat bila memiliki bentuk tubuh yang ideal. Hampir setiap orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal, tubuh yang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.

Bila kita melihat ke sekitar, di berbagai pusat kebugaran banyak sekali orang yang berusaha membuat bentuk tubuhnya menjadi ideal seperti yang diidamkan. Bagi yang kelebihan berat badan, mereka akan berusaha melakukan beragam cara dengan mengikuti program diet ketat agar berat badannya bisa ideal.

Tapi yang perlu anda ketahui bahwasanya ada perbedaan pandangan antara bentuk tubuh ideal dengan berat badan ideal. Bentuk tubuh merupakan hal yang subjektif dan sedangkan berat badan adalah objektif. Bisa jadi bentuk tubuh ideal menurut Anda tidak sama dengan pandangan teman Anda. Bentuk tubuh ideal seorang binaragawan dan seorang model tentu tidaklah sama.

loading...

Berbeda dengan cara pandang memaknai berat badan ideal. Ini adalah hal mutlak dengan satu persepsi. Semua sepakat bahwa berat badan yang ideal adalah menyesuaikan dengan tinggi badan, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.

Lalu, bagaimana cara menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita? Untuk lebih jelas silahkan simak artikel berikut ini.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Tinggi Badan

Sebelum menghitung berapa berat badan ideal maka terlebih dahulu Anda harus mengetahui berapa tinggi badan Anda. Ada patokan umum yang sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk mengukur berat badan, yaitu dengan menggunakan rumus :

Tinggi Badan – 100 = Berat Badan Normal

Sebenarnya rumus tersebut belum memenuhi spesifikasi berat badan ideal. Itu hanya rumus untuk mengetahui berat badan normal saja.

Ada beberapa rumus acuan untuk menentukan berat badan ideal dan yang paling umum digunakan adalah Rumus BMI (body mass index) dan Rumus Broscha. Cara penghitungan kedua rumus tersebut tidaklah sulit, mari kita bahas satu per satu.

Cara Menghitung Berat Badan Dengan Kalkulator BMI

Body Mass Index atau BMI sering juga disebut Indek Massa Tubuh (IMT) merupakan salah satu acuan untuk mengetahui berat badan yang ideal. Penghitungannya memadukan antara tinggi badan dan berat badan. Rumusnya adalah :

Berat Badan : (Tinggi Badan x Tinggi Badan) = Nilai BMI

Contoh : Anda memiliki berat badan 55 kg dan tinggi badan 166, maka penghitungannya :

55 : (1,66 x 1,66) = 55 : 2,75 = 20

Jadi nanti nilai 20 tersebut dicocokkan dengan tabel standarisasi nilai BMI di bawah ini :

Standar Nilai BMI Pria

  • < 17 = Kurus / Under Weight. Sebaiknya segera tambah berat badan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti susu
  • 17 – 23 = Ideal / Normal Weight. Termasuk berat badan yang ideal
  • 23 – 27 = Gemuk / Over Weight. Anda mulai kelebihan berat badan, sebaiknya lakukan olahraga ringan.
  • > 27 = Kegemukan / Obesitas. Sangat disarankan mengikuti program diet sehat agar terhindar dari ancaman penyakit akibat obesitas.

Standar Nilai BMI Wanita

  • < 18 = Kurus / Under Weight. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya gizi dan nutrisi.
  • 18 – 25 = Ideal / Normal Weight. Berat badan ideal
  • 25 – 27 = Gemuk / Over Weight. Lakukan diet ringan agar berat badan bisa ideal
  • > 27 = Kegemukan / Obesitas. Harap berhati-hati dan jangan dibiarkan. Ikuti program penurunan berat badan agar terhindar dari obesitas atau kegemukan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Memakai Rumus Broscha

Selain menggunakan rumus dan tabel penghitungan BMI, untuk mengetahui berat badan Ideal juga bisa menggunakan hitungan rumus broscha. Rumus ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu rumus broscha untuk pria dan rumus broscha untuk wanita.

Rumus Broscha Untuk Berat Badan Ideal Pria

(Tinggi Badan – 100) – (10% x (Tinggi Badan – 100)) = Berat Badan Ideal Pria

Contoh pada pria yang memiliki tinggi badan 166 cm, berapakah berat badan idealnya :

(166 – 100) – (10% x (166 – 100)) = 66 – (10% x 66) = 66 – 6,6 = 59,4 kg

Jadi berat badan ideal seorang pria dengan tinggi badan 166 cm adalah 59,4 kg.

Rumus Broscha Untuk Berat Badan Ideal Wanita

(Tinggi Badan – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100) = Berat Badan Ideal Wanita

Contoh pada wanita yang memiliki tinggi badan 158 cm, berapa beat badan idealnya :

[158 – 100] – [10% x (158 – 100)] = 58 – (15% x 58) = 58 – 8,7 = 49,3 kg

Jadi berat badan ideal seorang wanita dengan tinggi 158 cm adalah 49,3 kg

Jadi hasil dari penghitungan rumus broscha diatas nanti bisa menjadi acuan untuk mengetahui berat badan ideal Anda. Jika melebihi nilai broscha diatas maka lakukan diet menurunkan berat badan dan jika dibawahnya maka segera lakukan penggemukan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi.

Baca Juga : Tips Diet Sehat Dengan Menu Nasi Beras Merah

Lebih Baik Memakai Rumus BMI atau Broscha

Seperti kita ketahui bersama bahwasanya bentuk tubuh manusia itu bermacam-macam, ada yang berbentuk lonjong, oval, segitiga terbalik, lurus dan lainnya. Keberagaman bentuk tubuh inilah yang menjadikan patokan berat badan ideal menjadi absolut.

Jika Anda dalam masa menjalankan program diet menurunkan berat badan maka sebaiknya jangan memakai rumus broscha. Sebenarnya rumus broscha ini dikembangkan untuk mengetahui dosis obat berdasarkan berat badan seorang pasien, bukan untuk menghitung berat badan ideal.

Rumus broscha juga tidak cocok untuk wanita yang tinggi badannya pendek dan pria yang bertubuh tinggi. Rumus ini sebenarnya muncul di negara Prancis yang rata-rata penduduknya bertubuh tinggi di bandingkan Indonesia, sehingga kurang cocok diterapkan pada masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, bagi Anda yang bertubuh pendek dan menggunakan rumus broscha untuk menentukan berat badan ideal maka Anda akan terlihat sangat kurus dan kurang sehat. Berbeda dengan rumus BMI yang bisa mengakomodir semua bentuk tubuh dan tinggi badan. Jadi kesimpulannya rumus BMI lebih cocok digunakan untuk masyarakat Indonesia baik itu yang pendek maupun yang bertubuh tinggi.

cara mengukur berat badan ideal
Gambar dari https://www.ecomarket.bio

Manfaat Memiliki Berat Badan Yang Ideal

Ada sebagian orang yang menginginkan berat badan di bawah normal. Sebenarnya hal ini tidak disarankan karena tidak baik bagi kesehatan. Berat tubuh yang terlalu kurus atau sangat gemuk tidak dianjurkan oleh ahli kesehatan.

Memiliki berat tubuh yang berlebihan atau obesitas dapat memicu datangnya penyakit, seperti stroke, batu empedu, serangan jantung, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi dan beberapa jenis kanker.

Dan berat badan ideal itu sangatlah penting dan berperan untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan. Ini juga berfungsi untuk mencegah penyakit yang mengancam tubuh.

Tips Agar Berat Badan Bisa Ideal

Setelah Anda membaca rumus cara menghitung berat badan ideal pada wanita dan pria diatas, pastinya Anda akan berusaha menyesuaikan berat tubuh Anda sesuai dari hasil perhitungan salah satu rumus tersebut. Sebaiknya jangan terburu-buru karena Anda juga harus memperhatikan kesehatan tubuh Anda dan melakukannya harus diet dengan cara yang benar.

Bagi yang kurang berat badan atau terlalu kurus maka segeralah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi agar berat tubuh bisa sesuai dengan patokan ideal rumus diatas. Dan bagi yang kelebihan berat badan maka Anda bisa melakukan diet sehat dengan mengatur pola makan sehat dan rajin berolahraga.

Dalam diet sehat maka hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan tinggi kalori, seperti fast food atau makanan cepat saji. Pilihlah makanan yang kaya akan serat dan rendah kalori seperti nasi beras merah, sayuran dan buah-buahan.

Dan yang paling penting adalah lakukan olahraga secara rutin setiap hari. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, tapi cukup olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki, lari-lari kecil dan berenang. Rutinlah 30 menit setiap hari supaya berat badan Anda bisa menjadi ideal sesuai impian.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*