10 Cara Menghilangkan Sariawan Secara Alami Tanpa Obat

cara menghilangkan sariawan secara alami

Sariawan, sebuah keadaan yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang, namun rasa tidak nyaman dan perihnya sering kali membuat orang-orang yang sedang dihinggapinya tidak berhenti untuk mengeluh.

Ketika sedang sariawan, biasanya seseorang tidak akan merasa nyaman ketika menyantap makanan atau berbicara, sehingga akan sangat mempengaruhi hari-hari mereka.

Saat ini, memang sudah ada beberapa obat untuk mengobati sariawan. Namun, akan lebih baik jika Anda mencoba beberapa cara menghilangkan sariawan dengan cara dan bahan alami terlebih dahulu. Hal ini semacam menjadi pelajaran bagi tubuh agar tidak langsung bergantung pada obat ketika sedang mengalami sedikit masalah dengan kesehatannya.

Cara Mengobati Sariawan Menggunakan Bahan Alami

Jika diruntut dan diingat-ingat kembali, ada banyak sekali cara menghilangkan sariawan yang bisa dicoba di rumah, namun tentu saja tidak bisa langsung dituliskan semuanya kali ini.

Berikut kami rangkum beberapa cara mengatasi sariawan yang paling disarankan dan tentunya sangat ampuh tanpa efek samping. Diantaranya adalah :

1. Menggunakan Air Garam

Cara menghilangkan sariawan pertama ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara yang sudah paling umum untuk dilakukan. Namun, biasanya ketika dilakukan akan sedikit memberikan rasa perih, sehingga tidak jarang orang yang menggunakannya akan meringis menahan perih.

Benar sekali, cara pertama ini ialah dengan menggunakan garam. Atau lebih tepatnya air garam yang digunakan dengan cara berkumur-kumur. Dengan berkumur menggunakan air garam, bakteri penyebab sariawan akan hilang sehingga sariawan akan menjadi lebih cepat sembuh.

2. Menggunakan Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang sangat mungkin untuk dijadikan sebagai obat atau penghilang sariawan ialah minyak kelapa. Minyak kelapa ini memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa perih dan nyeri pada bibir atau mulut yang sedang terhinggapi sariawan.

Selain bisa menyembahkan sariawan, minyak kelapa ini juga bisa menurunkan suhu tubuh ketika sedang sakit atau tidak enak badan. Oleh sebab itu, jangan heran jika orang tua biasanya mengoleskan minyak kelapa pada anak mereka yang sedang meriang atau sakit.

3. Menggunakan Daun Basil

Jika sering memasak beberapa jenis masakan terlebih yang dari luar negeri, tentu Anda akan merasa cukup familiar dengan daun basil, karena bahan yang satu ini memang sering dijadikan bumbu untuk masakan.

Ternyata, daun basil juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi sariawan meskipun masih belum terlalu banyak orang yang mengetahuinya.

Untuk menggunakan daun basil pada masalah sariawan ini, Anda disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu dengan air hingga mendidih. Lalu, dinginkan sebentar air rebusan tersebut dan menggunakannya untuk berkumur beberapa kali.

4. Bawang Putih

Bagi orang Indonesia, bawang putih menjadi salah satu bumbu wajib dan hampir ada pada seluruh masakan. Selain sebagai bumbu, bawang putih juga memiliki beberapa khasiat lainnya dan salah satunya ialah sebagai bahan untuk mengobati sariawan.

Itu artinya, Anda tak perlu repot membelinya terlebih dahulu karena biasanya selalu ada di setiap dapur rumah. Cara menghilangkan sariawan menggunakan bawang putih juga cukup mudah.

Anda hanya perlu mengambil satu siung bawang putih dan kemudian mengirisnya. Terakhir, Anda hanya tinggal mengoleskannya saja pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan Tubuh

5. Menggunakan Kunyit

Bahan alami lainnya yang juga sangat mungkin dan manjur untuk dijadikan sebagai bahan alami mengatasi sariawan ialah kunyit. Karena warnanya yang kuning dan mudah menempel kemana-mana, cukup banyak orang yang merasa malas untuk menyentuhnya langsung, padahal benar-benar bisa membantu Anda yang sedang memiliki masalah dengan sariawan.

Untuk menggunakan kunyit ini, ambil dulu kunyit secukupnya saja lalu bersihkan sehingga benar-benar aman untuk digunakan. Kemudian tumbuk hingga agak halus, campurkanlah dengan teh gliserin. Jika semuanya sudah merata, Anda hanya tinggal mengoleskannya saja pada bagian mulut yang terdapat sariawan.

6. Mengkonsumsi Buah-buahan

Munculnya sariawan bisa saja disebabkan oleh kurangnya vitamin C dan vitamin-vitamin lainnya. Oleh sebab itu, cukupilah asupan beberapa vitamin agar bisa membantu Anda untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Carilah buah-buahan yang mengandung vitamin B12 juga.

Buah-buahan dengan kandungan tersebut biasanya tidak terlalu mahal dan mudah untuk didapat, sehingga Anda tidak perlu merasa was-was. Beberapa buah-buahan yang bisa Anda jadikan pilihan utama dalam pengaplikasian cara menghilangkan sariawan ialah tomat, jeruk dan juga beberapa buah lainnya.

7. Menggunakan Minyak Peppermint

Mungkin tidak semua tempat di Indonesia bisa dengan mudah mendapatkan minyak peppermint. Namun, jika di daerah Anda bisa mendapatkannya, jangan ragu untuk membelinya karena di saat-saat tertentu bisa sangat membantu Anda, salah satunya ialah ketika Anda sedang mengalami masalah sariawan.

Karena sudah berbentuk minyak, maka cara mengobati sariawan dengan bahan ini akan sangat mudah, yakni Anda hanya perlu untuk mengoleskannya saja.

Minyak peppermint ini akan sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan perih karena sariawan. Agar lebih cepat sembuh, oleskanlah minyak peppermint ini dua kali dalam satu hari.

8. Menggunakan Baking Soda

Bahan lain yang bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan sariawan ialah baking soda. Untuk bisa bekerja dengan lebih baik, Anda dianjurkan untuk menambahkan garam.

Cara yang perlu Anda lakukan juga sangat sederhana, dimana Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dan garam, lalu menambahkan air sedikit atau secukupnya.

Jika sudah, Anda tinggal mengoleskannya saja pada bagian yang terkena sariawan. Biasanya, akan terasa sedikit perih ketika pertama kali mengoleskannya. Agar sariawan cepat sembuh, mau tidak mau Anda harus menahannya sebentar agar campuran bahan tadi bisa bekerja seperti seharusnya.

9. Menggunakan Pisang Dan Madu

Salah satu obat sariawan alami yang juga cukup sering digunakan ialah dengan menggunakan pisang dan madu. Kedua bahan ini memang merupakan bahan dengan rasa yang nikmat dan manis, jadi jangan heran jika cara yang satu ini akan menjadi salah satu cara yang paling difavoritkan.

Untuk membuatnya, setelah Anda menyiapkan kedua bahan tadi maka langkah selanjutnya ialah dengan menghaluskan pisang. Jika malas menghaluskannya sendiri, maka bisa menggunakan blender.

Ketika menghaluskan, tambahkan madu sedikit saja. Lalu, Anda tinggal mengoleskannya dan memarkan campuran tadi melekat beberapa saat pada bagian yang sedang bersariawan.

10. Menggunakan Yoghurt

Cara menghilangkan sariawan terakhir yang bisa Anda lakukan ialah dengan memanfaatkan yoghurt. Yoghurt bisa menyeimbangkan bakteri yang ada di dalam tubuh terlebih di bagian mulut. Itu artinya, yoghurt juga bisa mengontrol bakteri yang seringkali menjadi penyebab utama munculnya sariawan.

Karena tekstur yoghurt yang sudah sedikit cair, maka Anda tidak perlu melakukan beberapa langkah atau usaha lainnya, melainkan hanya tinggal mengoleskannya saja pada bagian mulut yang sedang terkena sariawan.

Atau, Anda juga bisa langsung mengonsumsi yoghurt seperti biasa saja, karena sengaja atau tidak sengaja yoghurt akan mengenai bagian yang sedang sariawan.

Dari kesepuluh cara mengobati sariawan yang sudah disebutkan tadi, cara mana yang akan Anda coba untuk pertama kalinya? Cara manapun yang Anda pilih, akan lebih baik jika Anda melakukannya dengan rutin dan yakin, sehingga sariawan bisa lebih cepat untuk hilang dari mulut Anda.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*