Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Garam Sangat Mudah

cara menghilangkan karang gigi dengan garam

Timbulnya karang pada gigi ini disebabkan karena adanya plak yang lama dibiarkan dan akhirnya mengeras. Proses adanya karang gigi ini terjadi sedikit demi sedikit. Bagi Anda yang memiliki karang gigi sebaiknya jangan membiarkannya karena dapat menimbulkan iritasi.

Sebenarnya karang gigi ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus diapa-apakan. Tapi yang perlu diingat, karang gigi juga menjadi penyebab awal timbulnya sakit gigi karena gigi dapat rusak dan berlubang.

Adanya karang pada gigi bisa menjadi sarang bakteri penyebab gigi rusak. Sebagian orang yang mempunyai karang gigi juga akan mengalami bau mulut, gigi berlubang dan peradangan pada gusi atau gingivitis. Dan dampak terparahnya adalah dapat menimbulkan penyakit periodontis atau timbulnya kantong nanah diantara gusi dan gigi.

Para pakar kesehatan juga berpendapat bahwa karang gigi yang dibiarkan lama juga dapat memicu penyakit stroke dan beberapa jenis penyakit jantung. Tak lain penyebabnya dikarenakan mikro organisme pada plak gigi akan memasuki jaringan darah sehingga aliran darah akan tersumbat.

Penyebab Timbulnya Karang Gigi

  • Jarang gosok gigi. Menggosok gigi secara rutin merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan agar bisa terhindar dari penumpukan plak atau karang gigi. Menggosok gigi ini bukan hanya dilakukan pada pagi dan malam hari, tapi juga penting dilakukan saat kita selesai makan.
  • Mengkonsumsi makanan tertentu. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu terjadikan karang gigi. Seperti kopi, teh, permen, coklat. Oleh karenanya maka sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi jenis makanan ini.
  • Cara menyikat gigi salah. Ingat, jangan asal-asalan saat menggosok gigi. Sebaiknya lakukan dengan baik dan benar. Jangkau semua sela-sela gigi, jangan hanya bagian permukaannya saja.
  • Plak yang dibiarkan saja. Jika Anda menemukan plak pada gigi maka sebaiknya segera bersihkan. Karena ini menjadi pemicu timbulnya karang gigi ketika sudah menebal dan mengeras. Dan lama kelamaan gigi akan berlubang.

Trik Mengatasi Karang Gigi Dengan Air Garam

Kiranya sangat penting bagi kita untuk selalu rutin memeriksakan gigi agar terbebas dari plak. Dan bila Anda ingin mencoba cara alami yang bisa diterapkan di rumah maka coba gunakan air garam.

Garam memiliki sifat pembersih alami. Air garam juga berfungsi sebagai antiseptik yang dapat dijadikan obat untuk menghilangkan karang gigi. Selain itu, garam juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh karang gigi.

Tidaklah heran jika orang-orang dahulu sering menggunakan air garam sebagai obat kumur ketika mereka mengalami gigi ngilu atau sakit gigi. Sebab air garam dapat membersihkan bakteri dan mencegah terjadinya infeksi pada mulut.

Berikut dibawah ini beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan garam yang bisa Anda terapkan di rumah. Diantaranya adalah :

1. Garam dan Air Hangat

Cara paling sederhana untuk membersihkan karang gigi secara alami adalah dengan menggunakan garam yang dilarutkan pada air hangat. Ramuan ini juga  sering digunakan untuk meredakan batuk dan sakit gigi.

  • Siapkan 1 sendok teh garam dan larutkan ke dalam segelas air hangat
  • Aduk air dan garam tersebut sampai bercampur menjadi satu
  • Gunakan ramuan tersebut sebagai obat kumur selama 1 menit
  • Usahakan air garam hangat tersebut masuk ke sela-sela gigi agar karang gigi dapat dibersihkan
  • Lakukan 3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur

2. Garam dan Baking Soda

Garam juga bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya agar bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Salah satu bahan campuran garam adalah baking soda. Tapi tentunya pemakaian campuran baking soda ini jangan sampai berlebihan.

  • Campur 1 sendok garam dan 1 sendok baking soda, kemudian campur sampai merata
  • Siapkan sikat gigi yang sudah dibasahi dengan air, lalu letakkan garam dan baking soda pada permukaan sikat gigi
  • Gunakan bahan alami tersebut sebagai pasta gigi dan gosok gigi seperti biasanya
  • Setelah itu kumur-kumur dengan menggunakan air hangat
  • Pada awal pemakaian sebaiknya cukup sehari 1 kali saja. Dan jika sudah agak bersih maka Anda bisa memakainya seminggu sekali

3. Garam dan Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis juga sangat baik digunakan untuk membersihkan gigi. Selain itu, jeruk nipis juga dapat memutihkan gigi kuning dengan cepat. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkombinasikan garam dan jeruk nipis sebagai bahan alami penghilang karang gigi.

Caranya adalah siapkan setengah sendok garam dan peras jeruk nipis secukupnya. Aduk kedua bahan tersebut sebelum digunakan. Oleskan pada bagian gigi yang terdapat karang yang tebal dan mengeras. Lakukan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan. Anda bisa mempraktekkan cara ini 2 kali dalam sehari.

4. Garam dan Cuka

Yang berikutnya adalah cara menghilangkan karang gigi dengan garam yang dicampur dengan cuka. Cuka ini memiliki kandungan asam asetat yang dapat mencegah penimbunan plak pada gigi. Dengan sifat antibakterinya, cuka juga dapat mengusir bakteri yang menjadi penyebab timbulnya karang gigi.

  • Ambil 1 sendok garam, 2 sendok cuka dan setengah gelas air hangat
  • Campur ketiga bahan tersebut dan aduk sampai bercampur rata
  • Kemudian gunakan sebagai obat kumur secara rutin setiap hari agar karang gigi yang keras bisa menghilang

5. Garam dan Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa juga dikenal memiliki kemampuan untuk membersihkan karang gigi secara efektif. Semua plak yang tebal dan mengeras akan hilang berkat kandungan yang terdapat di dalam minyak kelapa murni.

Caranya adalah dengan mencampur setengah sendok garam dan minyak kelapa secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian karang gigi selama beberapa menit. Pastikan bagian sela-sela gigi juga teraplikasi agar bakteri tidak lagi bersarang di gigi.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Gigi Ngilu Dengan Cepat Dan Alami

Tips Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Setelah membaca penjelasan diatas, kita sudah mengetahui cara menghilangkan karang gigi dengan garam dan bahan campurannya. Dan tidak ada salahnya jika Anda juga harus mengetahui cara mencegah karang gigi agar tidak terjadi.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan supaya karang gigi tidak terbentuk. Diantaranya adalah :

  • Hindari rokok. Selain membahayakan bagi kesehatan, ternyata asap rokok dapat memicu timbulnya plak pada gigi yang pada akhirnya akan menebal dan mengeras.
  • Rajin menyikat gigi juga menjadi kunci penting untuk menjaga kesehatan gigi. Setidaknya lakukan sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Pilihlah sikat yang memiliki permukaan lembut agar tidak merusak enamel gigi.
  • Sesekali Anda bisa mencoba membersihkan plak gigi dengan menggunakan benang. Cara ini sangat efektif untuk menghindari timbulnya plak pada gigi. Ini juga termasuk cara menjadikan gigi lebih putih dan bersinar.
  • Lakukan pemeriksaan pada dokter setidaknya 6 bulan sekali. Gunanya adalah untuk mengetahui dan mencegah hal yang tidak kita inginkan.

Ternyata cara menghilangkan karang gigi tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Cukup dengan menggunakan bumbu dapur seperti garam saja sudah bisa digunakan sebagai pembersih karang gigi. Semoga bermanfaat.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*