6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Kena Minyak Panas Secara Alami

cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas

Memasak adalah salah satu kegiatan rumah tangga yang wajib dilakukan setiap harinya. Terlebih untuk wanita, memasak merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh kaum hawa. Dalam melakukan kegiatan memasak, kita harus selalu berhati-hati terhadap resiko kecelakaan yang dapat atau mungkin terjadi.

Salah satu resiko memasak yang sangat sering terjadi adalah terkena cipratan minyak goreng panas. Ya, akibat cipratan minyak goreng ini, biasanya tubuh akan memiliki bekas luka yang sulit dihilangkan dan biasanya berupa bintik hitam di bagian tangan.

Padahal, bekas luka tersebut tentu dapat mengganggu penampilan Anda, terlebih jika mengenai area wajah. Bisa-bisa kesempurnaan kecantikan Anda akan tercoreng karena bekas luka kena minyak panas ini.

loading...

Tapi Anda tak perlu khawatir. Berikut dibawah ini beberapa cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas yang dapat Anda coba di rumah. Simak selengkapnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Terkena Minyak Panas

Di bawah ini merupakan cara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping negatif sedikitpun. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal sebab bahan-bahan alami tersebut mudah ditemukan di sekitaran rumah.

1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya tak hanya dikenal sebagai tumbuhan yang dapat menutrisi rambut agar semakin sehat, namun lidah buaya juga berkhasiat dalam menghilangkan bekas luka. Lidah buaya dikenal dengan kandungan anti-inflamasinya yang tinggi sehingga berfungsi menyembuhkan radang pada kulit.

Selain anti-inflamasi, lidah buaya juga memiliki kandungan asam amino dan juga lignin yang berperan dalam melembapkan kulit dan juga memicu proses regenerasi sel. Cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas menggunakan lidah buaya sangat mudah dilakukan.

Petik tanaman lidah buaya dan kupas kulit luarnya sehingga Anda mendapatkan gel lidah buaya. Oleskan gel tersebut ke bagian tubuh yang terkena cipratan minyak goreng, diamkan selama kurang lebih satu jam agar kandungan dalam gel lidah buaya meresap ke dalam luka.

Lakukan hal ini secara rutin sehabis mandi hingga bekas luka memudar dan menghilang. Sebelum mengoleskan gel lidah buaya, Anda harus membersihkan gel dari getah lidah buaya. Sebab getah pada tanaman lidah buaya dapat menyebabkan gatal-gatal dan juga iritasi terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

2. Teh

Anda tak perlu membeli gel penghilang luka, karena cara menghilangkan Bekas luka kena Minyak panas kini dapat dilakukan dengan bahan yang ada di sekitar rumah Anda. Yaps. Teh jawabannya. Teh memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin E yang sangat berperan dalam memperbaiki sel kulit yang rusak.

Selain antioksidan dan vitamin E, teh juga memiliki kandungan tanin yang bermanfaat mencegah terjadinya infeksi sehingga luka bakar akan sembuh dalam jangka waktu yang singkat. Cara menghilangkan bekas luka yang terkena minyak panas menggunakan teh ada dua solusi.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan ampas teh yang telah diseduh. Tempelkan ampas teh tersebut pada bekas luka dan biarkan kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Sedangkan cara kedua yaitu menggunakan air teh saja. Cukup celupkan cotton bud ataupun kapas pada air teh yang telah disediakan dan oleskan pada bekas luka secara teratur. Hasilnya, bekas luka cipratan minyak pada tubuh pasti akan hilang dalam sekejap.

3. Baking Soda

Meskipun dikenal sebagai bahan dalam membuat kue, ternyata baking soda juga memiliki khasiat yang tak main-main untuk menyembuhkan luka. Baking soda memiliki kandungan anti-bakteri dan juga anti-inflamasi yang baik untuk mencegah peradangan pada kulit.

Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antiseptik yang berfungsi mengurangi proses lepuhnya kulit sehingga luka akan menjadi cepat kering.

Cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas menggunakan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai masker. Siapkan takaran baking soda yang cukup untuk mengolesi luka dan larutkan dalam air.

Aduk hingga merata dan kental. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terkena luka akibat cipratan minyak. Diamkan selama 10 hingga 15 menit.

Sebelum menggunakannya secara rutin, akan lebih baik jika mengetes ketahanan kulit Anda terhadap baking soda. Anda dapat melakukannya dengan membuat pasta baking soda dan tempelkan di sekitar tengkuk maupun kulit Anda.

Jika Anda merasakan panas, maka lebih baik Anda tak usah menggunakan baking soda sebagai penghilang bekas luka. Namun, bila kulit Anda tidak merasakan panas, maka penggunaan pasta baking soda sebagai penghilang bekas luka dapat diterapkan.

Artikel Terkait : Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Kulit Wajah

4. Susu

Cara mudah menghilangkan bekas luka kena minyak panas yang selanjutnya adalah dengan menggunakan susu. Susu dikenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga dapat memicu tumbuhnya sel kulit baru yang rusak akibat terkena luka bakar.

Anda dapat menggunakan susu jenis apapun dalam mengobati luka bakar. Namun agar bekas luka semakin cepat menghilang, maka disarankan menggunakan susu UHT untuk mengobatinya.

Pertama-tama, kompres luka akibat cipratan minyak goreng dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, oleskan susu UHT ke daerah kulit yang terkena cipratan. Tunggu selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mengulang pengobatan ini 2 atau 3 kali dalam sehari. Selain itu, mengonsumsi susu UHT secara rutin juga dapat membantu memenuhi nutrisi kulit dan juga tubuh.

5. Lemon

Bekas luka bakar maupun luka lain yang susah hilang biasanya dikarenakan defisiensi vitamin C pada tubuh. Defisiensi vitamin berarti tubuh Anda mengalami kekurangan asupan vitamin dalam hal ini vitamin C.

Lemon dikenal memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat memicu produksi serat kolagen. Serat kolagen adalah salah satu nutrisi yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan disinfektan yang ada pada lemon juga dapat membantu mengurangi infeksi pada luka bakar.

Cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas menggunakan lemon sangat mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya perlu memeras buah lemon dan ambil kandungan airnya. Kemudian campurkan dengan putih telur dan aduk secara merata. Tempelkan pada bekas luka dan diamkan selama beberapa menit. Lakukanlah hal ini secara teratur dan continue.

6. Air Dingin Atau Es Batu

Jika terkena cipratan minyak goreng panas dan lukanya cukup ringan, Anda dapat menghindari tingkat keparahan luka dengan menempelkannya pada freezer ataupun mencelupkannya ke dalam air dingin atau es batu.

Cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas menggunakan es batu adalah dengan menggunakannya sebagai alat kompres. Ambil beberapa buah es batu dan bungkus dengan kain. Setelah itu, kompres pada luka selama 1 hingga 2 jam.

Es batu sangat membantu mencegah luka bakar menjadi melepuh, sehingga bekasnya bisa lebih mudah hilang. Metode ini sebaiknya dilakukan sesaat setelah Anda mendapat luka akibat cipratan minyak goreng. Sehingga luka bakar yang Anda dapatkan belum melepuh maupun berubah menjadi parah.

Tentunya cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas secara alami ini tidak dapat memberikan hasil instan seperti laser ataupun pengobatan lainnya. Namun, dengan menggunakan bahan alami sebagai pengobatan, maka dijamin tak akan ada efek samping dan juga tetap hemat.

Semua butuh proses bukan? Mari berproses dengan menggunakan manfaat yang diberikan oleh alam!

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*