8 Cara Mengatasi Wajah Terlihat Tua Di Usia Muda, Praktis Dan Mudah

cara mengatasi wajah terlihat tua di usia muda

Ketika Anda berumur 20 tahun tapi orang-orang di sekitar Anda justru mengira Anda berumur 30 tahunan. Tentu hal tersebut akan menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda bukan? Wajah terlihat lebih tua atau biasa disebut dengan wajah boros memang menjadi masalah yang dialami oleh sebagian orang.

Cara mengatasi wajah terlihat tua di usia muda ini dapat Anda lakukan dengan perawatan wajah yang rutin dan teratur. Perawatan disini bukan berarti mengunjungi klinik-klinik kecantikan dan menghabiskan banyak biaya untuk membuat tampilan semakin cantik.

Namun, cara mengatasi wajah terlihat tua di usia muda justru dapat Anda lakukan dengan cara-cara sederhana namun terbukti berkhasiat menangkal penuaan dini. Penasaran dengan tips-nya? Yuk, baca terusan artikel di bawah ini untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda.

loading...

Tips Merawat Wajah Agar Tidak Terlihat Tua Di Usia Muda

1. Memakai Krim Pelindung Wajah

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai wajah Anda memang dapat menjadi timbulnya kerutan-kerutan di wajah. Terlebih jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan dalam durasi yang tak sebentar.

Panas matahari yang mengandung sinar ultraviolet dapat mengubah kulit wajah Anda menjadi kemerahan atau bahkan gosong. Dari situlah, tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, kerutan-kerutan halus, maupun garis-garis halus dapat muncul di wajah.

Oleh karena itu, sangat disarankan memakai krim pelindung kulit wajah agar dapat melindungi wajah dari paparan langsung sinar ultraviolet. Selain itu, biasakan untuk memakai topi atau pelindung lain ketika Anda beraktivitas di luar ruangan.

2. Rajin Minum Air Putih

Cara mengatasi wajah terlihat tua di usia muda yang kedua adalah dengan rajin mengonsumsi air putih. Tubuh kita mengandung 80% cairan yang berfungsi melancarkan kerja organ di dalam tubuh.

Itulah kenapa, mengonsumsi banyak air putih merupakan kebiasaan yang harus Anda lakukan. Dalam bidang kecantikan sendiri, air putih berperan sebagai pelembab wajah yang alami.

Jika Anda jarang minum air putih, maka kulit Anda akan mudah kering dan tanda-tanda penuaan akan semakin mudah muncul di wajah Anda. Seperti kulit keriput dan kulit kusam. Konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter. Dengan mengonsumsi air putih, tubuh akan semakin sehat, kuat dan tak mudah lemas. Ayo konsumsi air lebih banyak.

3. Hindari Konsumsi Alkohol

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, Anda juga harus menghindari konsumsi alkohol yang dapat memperburuk kondisi kulit wajah. Kandungan yang ada pada alkohol dapat menyebabkan sel-sel kulit tidak mengalami pembaruan akibat tersumbat zat berbahaya yang ada pada alkohol.

Alkohol juga dapat membuat kulit mudah mengalami dehidrasi sehingga kelembapan kulit akan menurun, dan diiringi dengan kulit menjadi kusam, kering dan bersisik. Jadi, jika ingin terlihat lebih muda dan segar, maka cara mengatasi wajah yang tampak tua di usia muda dengan menerapkan pola hidup sehat ini harus Anda lakukan.

4. Jangan Menjadi Perokok

Sama seperti alkohol, kandungan zat aditif dalam rokok sangat berperan dalam membuat tampilan wajah lebih tua dari umur aslinya. Zat aditif yang ada pada rokok memicu tumbuhnya radikal bebas dalam tubuh yang pasti dapat merusak sel-sel tubuh.

Selain menyumbat sel-sel kulit, menghisap rokok juga dapat membuat otot wajah menjadi tak kencang seperti seharusnya. Bayangkan apabila Anda menghisap rokok setiap harinya, maka otot wajah akan tertarik secara terus-menerus dan dampaknya dapat dilihat pada wajah yang terlihat lebih kendur.

Selain menghindari penuaan dini, cara mengatasi wajah terlihat tua di usia muda yang satu ini juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

5. Rutin Berolahraga

Malas berolahraga merupakan salah satu jalan mempercepat penuaan dini yang ada di wajah. Jika kita jarang atau bahkan tak pernah berolahraga, maka tubuh akan lebih sulit mengeluarkan zat buruk maupun racun yang ada di dalam tubuh. Begitupun dengan radikal bebas yang terkandung dalam wajah.

Jadi, cara mengatasi wajah yang terlihat tua di usia muda yang satu ini mutlak harus dilakukan jika tidak ingin memiliki wajah yang terlihat lebih tua. Tak perlu berolahraga yang berat-berat, cukup olahraga yang ringan saja. Asalkan rutin atau minimal dua kali dalam seminggu.

Anda dapat melakukan aktivitas yang Anda sukai seperti berenang, jogging, aerobik maupun lain sebagainya. Orang yang sering berolahraga biasanya akan memiliki aura semangat dan jiwa muda yang sangat berbeda dengan orang yang malas berolahraga. Ayo, singkirkan kerutan dan garis di wajah dengan rajin berolahraga!

6. Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Bagi Anda yang jarang mengonsumsi buah dan sayuran, masalah kulit yang timbul pada wajah Anda biasanya akan mudah muncul. Tak terkecuali masalah seperti penuaan dini, yang tentu akan membuat tampilan Anda menjadi kurang menarik.

Cara mengatasi wajah terlihat lebih tua di usia muda yang selanjutnya adalah rajin mengonsumsi buah dan juga sayuran. Buah dan sayur emang dikenal memiliki berbagai macam nutrisi dan juga vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Sebagai contoh, Anda bisa mengonsumsi semangka secara rajin untuk menutrisi kulit Anda. Selain kandungan airnya yang tinggi, buah semangka juga memiliki kandungan mineral, vitamin dan antioksidan yang tinggi sehingga kekencangan kulit wajah akan tetap terjaga.

Tomat juga memiliki kandungan likopen yang sangat berperan dalam menjaga kulit wajah dari sengatan matahari dan juga penuaan dini. Selain tomat, bayam juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, mineral, asam folat dan juga serat yang sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya kerutan maupun garis halus di wajah.

Selain buah dan sayuran, menutrisi kulit wajah juga dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi pil vitamin yang kaya akan vitamin E maupun biotin.

7. Memakai Masker Wajah

Salah satu cara alternatif untuk menghilangkan kerutan dan garis halus pada wajah adalah dengan menggunakan masker alami. Ada banyak bahan alami yang bisa dijadikan masker dan tentunya Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Anda bisa menggunakan masker putih telur, minyak zaitun, madu asli, masker bekoang, mentimun dan masih banyak lagi yang lainnya. Kegunaan masker alami ini adalah untuk menutrisi kulit agar bisa lebih sehat dan kencang sehingga wajah akan tampak lebih awet muda.

8. Kurangi Asupan Gula

Cara mengatasi kulit wajah terlihat tua di usia muda yang kedelapan adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Gula memang tak pernah bisa dipisahkan dengan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Namun, tahukah Anda bahwasanya mengonsumsi gula terlalu banyak dapat menimbulkan glikasi? Apa itu glikasi? Glikasi merupakan proses penggumpalan lemak dan protein dengan glukosa.

Proses ini dapat membuat fungsi organ tubuh menjadi tak maksimal karena jaringan dalam tubuh menjadi kaku dan juga memicu proses pengerutan kulit. Sehingga mau tak mau dampaknya juga akan sampai ke wajah yaitu berupa munculnya kerutan dan garis halus.

Pada dasarnya, konsumsi gula berlebihan memang sama sekali tak dianjurkan untuk kesehatan, baik gula alami ataupun gula buatan. Anda dapat mengurangi asupan gula dengan mengonsumsi buah-buahan manis ataupun mengurangi kadar gula yang dicampurkan dalam minuman dan makanan.

Selain tips diatas, Anda juga harus mengurangi kebiasaan buruk seperti stres, begadang dan sering meminum soda. Pada intinya, terapkanlah gaya hidup sehat dengan melakukan hal-hal yang tidak merugikan tubuh.

Meski terlihat sederhana, kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dapat memicu timbulnya masalah kulit terutama di wajah. Siap menerapkan cara mengatasi kulit wajah terlihat tua di usia muda yang sederhana dan efektif?

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*