10 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Dan Kasar Agar Mulus Kembali

cara mengatasi tumit pecah pecah dan kasar agar mulus kembali

Siapa sih yang tak mau memiliki kaki mulus? Sayangnya, kaki sering diabaikan dalam kecantikan. Kebanyakan perempuan lebih fokus ke muka karena hingga melupakan kakinya.

Alhasil, banyak perempuan yang tumit kakinya pecah-pecah dan kasar. Jika seperti itu, kecantikanmu pun akan seperti sia-sia.

Oleh karena itu, jadilah cantik keseluruhan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Berhubungan dengan masalah tadi, sangat penting untuk mengetahui cara mangatasi tumit pecah-pecah dan kasar.

Penyebab Dan Gejala Tumit Pecah-Pecah

Tumit kasar dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah kurangnya perawatan, perubahan suhu, sebab zat kimia tertentu, pemakaian sepatu, kurangnya asupan gizi, dll.

Tumit yang kasar & pecah-pecah biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti kulit kering, bersisik, mengelupas, gatal-gatal, infeksi, pendarahan di kulit, lapisan kulit tebal dan lain sebagainya.

Bahkan, kadang sudah diobati pun juga belum sembuh-sembuh. Lamanya proses penyembuhan kadang dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya adalah diabetes, menurunnya daya tahan pada tubuh, usia semakin bertambah, penyakit eksim, dll.

Berbagai produk dengan bahan-bahan kimia juga banyak dijual. Akan tetapi, ada baiknya mencoba cara tradisional karena lebih manjur, aman dan tentu saja murah.

Cara Tradisional Mengobati Tumit Pecah-pecah dan Kasar

Cara mengobati tumit pecah-pecah dan kasar bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada banyak cara tradisional yang terbukti manjur mengatasi masalah tumit ini.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Getah Pepaya

Getah pepaya dipercaya bisa membuat kulit menjadi lembut. Jika dipakai untuk tumit, maka kulit kasar dan pecah-pecah akan hilang.

Bahkan, getah pepaya juga bisa mencegah kulit kering pada berbagai area kulit. Jadi, sangat cocok untuk kalian yang sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC.

Cara mengatasi tumit pecah pecah dan kasar menggunakan getah pepaya cukup mudah, yaitu :

  • Pertama-tama, ambil pepaya yang masih mudah dan potong pangkalnya lalu ambil getahnya
  • Kemudian, langsung oleskan di area tumit secara merata atau pada bagian yang kasar dan pecah-pecah saja
  • Diamkan beberapa menit hingga kering sebelum dibilas dengan air. Sebaiknya, gunakan air hangat.

2. Ampas Kopi

Kamu suka ngopi? Jangan langsung buang ampas kopi setelah minum. Ampas kopi memang tidak enak diminum. Tapi ternyata punya manfaat juga, bisa membuat kulit lembut khususnya pada tumit kaki.

Terdengar aneh memang, tapi cara tradisional ini sudah banyak dibuktikan oleh orang banyak.

Ampas kopi bekerja untuk melembabkan permukaan kulit secara alami. Jadi, jika kamu punya tumit yang kering apalagi pecah-pecah, oleskan saja ampas kopi ke area tersebut secara setiap kali habis minum kopi.

Ini adalah cara mengatasi tumit kasar dan pecah-pecah yang sangat ampuh. Ampas kopi juga bisa membuat pengeluasan alami lebih cepat akibat sel kulit mati.

Baca Juga : Jangan Dibuang, Berikut 10 Manfaat Ampas Kopi Yang Jarang Diketahui

3. Ampas Kelapa

Masih berhubungan dengan ampas, kali ini kita akan menggunakan ampas kelapa. Dulu, ampas kelapa sering digunakan untuk mengepel lantai agar kinclong.

Ternyata, ada manfaat lain yaitu untuk mengatasi tumit pecah-pecah & kasar. Selain hasilnya cepat, cara ini juga sangat aman tanpa adanya efek samping.

Dengan kandungan minyak alami di dalamnya, tumitmu yang tadinya kasar dan pecah-pecah bisa lembut dan bersih.

Bagaimana cara menggunakannya? Yang perlu kalian lakukan adalah :

  • Menggosokkan ampas kelapa tersebut ke area tumit dengan lembut dan merata
  • Lakukan pijatan kecil selama sekitar 10 hingga 15 menit sehingga khasiatnya merasuk ke jaringan kulit pada tumit
  • Terakhir, bilas dengan air hingga bersih

Jadi, jika kamu sedang memarut kelapa, jangan buang ampasnya, tapi praktekkan cara mengatasi tumit pecah pecah dan kasar ini sehingga tumitmu kembali halus dan lembut.

4. Madu dan Susu

Madu dan susu sering digunakan bersama-sama. Selain untuk minuman, sering juga digunakan untuk masker wajah.

Ternyata, ada khasiat lain dari kombinasi keduanya, yaitu mengatasi masalah tumit yang kasar dan pecah-pecah. Dengan campuran keduanya, kulit pada tumitmu akan menjadi lembut dan tidak kering.

Caranya sangat mudah. Cukup campur madu dan susu lalu aduk hingga benar-benar campur.

Kemudian, oleskan ke area tumit. Cukup diamkan selama sekitar 15 menit. Lebih bagus lagi jika dilakukan pijatan kecil. Setelah 15 menit, bilas dengan air bersih.

5. Labu Siam

Sayuran ini kaya akan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan. Namun, manfaat lainnya adalah bisa untuk mengatasi masalah kulit pada tumit.

Terbukti, labu siam bisa menghaluskan tumit sehingga tidak pecah-pecah dan kasar. Yang harus kamu lakukan adalah memotong labu dan ambil getahnya.

Lalu, gosokkan ke tumit perlahan-lahan ke area yang kasar dan pecah-pecah. Agar hasilnya maksimal dan cepat, lakukan tips ini 2x sehari.

6. Mentega

Mentega biasanya digunakan untuk membuat adonan kue. Namun banyak yang tidak tahu kalau mentega juga bisa digunakan untuk menghaluskan tumit.

Seperti kita tahu, mentega kurang bagus dikonsumsi, jadi gunakan saja untuk hal yang lebih bagus seperti mengatasi tumit pecah-pecah.

Cara mengobati tumit pecah-pecah dan kasar dengan mentega sangat simple. Cukup oleskan mentega ke area tumit yang kasar dan pecah-pecah secara rutin, kurang lebih 15 menit 2x sehari. Setelah beberapa hari, lihat hasilnya.

7. Air Lemon

Menghaluskan tumit tidak harus memakai produk kulit yang mahal. Cukup dengan air lemon pun bisa.

Selain menghaluskan tumit, air lemon juga mencegah bakteri yang dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit kulit.

Lebih jauh lagi, air lemon bagus untuk menjaga permukaan tumit tetap lembab. Caranya, gosokkan air perasan lemon ke tumit sesering mungkin.

Namun, jika ada luka pada tumit, sebaiknya jangan lakukan ini agar tidak tambah parah. Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini setiap hari.

8. Pisang

Sudah sejak dulu pisang dikenal dengan manfaat hebatnya untuk kulit. Selain melembutkan kulit, pisang juga bisa merapatkan struktur permukaan pada kulit dan menjaganya tetap lembab.

Jadi, pisang sangat cocok untuk mengatasi kamu yang tumitnya kasar dan pecah-pecah. Pisang yang digunakan bisa pisang jenis apa saja.

Caranya, haluskan pisang hingga seperti bubur. Kemudian, langsung oleskan ke tumit tanpa perlu dicampur-campur apapun.

Setelah sekitar 15 menit, bilas menggunakan air hangat. Lakukan minimal 1x setiap hari agar hasilnya bisa cepat dilihat.

9. Gula Pasir dan Minyak Zaitun

Kombinasi gula pasir dan minyak zaitun dengan takaran yang sama juga sangat ampuh mengatasi tumit yang kasar dan pecah-pecah.

Khasiat gula pasir disini berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat mengikis sel kulit mati sehingga tumit akan menjadi lebih bersih dan halus.

Campurkan keduanya hingga membentuk pasta dan oleskan pada tumit,  kemudian diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas tumit menggunakan air hangat sampai bersih.

10. Alpukat

Terakhir, cara mengatasi tumit pecah pecah dan kasar yang kami rekomendasikan adalah menggunakan buah alpukat. Hasilnya pun sangat cepat.

Jika kalian tertarik, silahkan blender daging buah alpukat dengan sedikit campuran ampas kelapa. Kemudian, oleskan ke tumit yang kasar dan pecah-pecah.

Bila perlu, lakukan pijatan-pijatan ringan. Buah alpukat memang cukup mahal, namun cara ini sudah terbukti manjur dan cepat hasilnya. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti trik ini agar tumitmu lembut dan halus.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*