11 Cara Mengatasi Perut Kembung Paling Manjur Dan Alami

cara mengatasi perut kembung

Permasalahan perut kembung tentu hampir setiap orang sudah pernah merasakannya. Jika perut sudah kembung maka yang dirasakan hanya perut terasa sangat penuh dan tidak nyaman. Hal ini dikarenakan oleh terdapat tumpukan gas yang tidak dapat keluar di dalam perut. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung?

Akibat dari perut kembung maka bagian area perut akan terasa keras dan bengkak. Adapun penyebab perut kembung biasanya karena terlalu banyak makan secara berlebihan atau juga bisa dikarenakan oleh sembelit.

Bahkan mengonsumsi makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh perut juga dapat mengakibatkan perut kembung. Biasanya ketika seseorang menderita perut kembung, maka akan ada gejala lain yang mengikutinya seperti nyeri pada perut, sendawa, diare, sesak napas, perut tidak nyaman dan masih banyak lainnya.

Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Alami Dan Mudah

Perut kembung disebabkan karena di dalam usus kecil dan lambung terdapat gas yang menumpuk dan tidak dapat dikeluarkan sehingga memicu perut kembung. Tentunya saat terjadi perut kembung sangatlah tidak nyaman. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami perut kembung dan bingung bagaimana cara mengatasi perut kembung yuk simak cara mengatasi perut kembung di bawah ini.

1. Menggunakan Jahe

Cara ampuh pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung adalah dengan memanfaatkan jahe. Seperti yang diketahui bahwa jahe merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang sudah banyak diketahui manfaatnya.

Bahan aktif pada jahe yaitu shogaol dan gingerol yang dimiliki jahe sangat berguna untuk mengatasi permasalahan peradangan pada usus. Sehingga dengan mengonsumsi air jahe maka dapat mengurangi rasa kembung pada perut Anda.

Tidak hanya bermanfaat untuk meredakan kembung saja, melainkan jahe juga dikenal mampu menghangatkan tubuh. Jadi jika Anda mengalami masalah kembung, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi jahe.

2. Makanan Yang Mengandung Probiotik

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah dengan menggunakan makanan yang mengandung probiotik. Probiotik sendiri merupakan salah satu jenis mikroorganisme yang sangat baik bagi usus.

Micro organisme ini memiliki peran yang sangat baik untuk menjaga pencernaan di dalam usus agar lebih lancar. Hal inilah yang membuat probiotik sangat bermanfaat dan berguna untuk mengatasi perut kembung.

Adapun makanan yang mengandung probiotik misalnya seperti yoghurt dan sejenisnya. Jadi jika Anda mengalami kembung anda bisa menggunakan cara mengatasi perut kembung menggunakan yoghurt.

3. Hindari Minuman Bersoda

Soda merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari oleh orang-orang. Sebab dengan meminum soda sangat berguna untuk menghilangkan rasa dahaga dan memiliki sensasi yang lebih.

Namun, tahukah Anda bahwa minuman bersoda sangat tidak baik bagi pencernaan khususnya perut kembung. Jika Anda sedang mengalami kembung maka sebaiknya hindari mengonsumsi soda.

Sebab soda merupakan minuman yang mengandung gas, sehingga jika Anda mengonsumsinya maka gas yang menumpuk pada perut akan semakin bertambah.

4. Teh Chamomile

Masih banyak yang belum tahu apa itu teh chamomile. Teh chamomile merupakan teh yang dibuat dengan menggunakan bunga chamomile yang diseduh seperti layaknya teh.

Dalam bunga chamomile ini terdapat kandungan sebagai anti-inflamasi dan antispasmodik yang sangat berguna bagi organ pencernaan.

Oleh sebab itu teh chamomile ini sangat berkhasiat jika digunakan untuk mengobati perut yang kembung. Tidak hanya itu, teh chamomile juga terkenal dapat membuat rilex sehingga sering dijadikan sebagai obat penenang.

5. Jus Jeruk

Siapa yang tidak suka jus jeruk, jus yang memiliki rasa manis ini ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi perut kembung. Cara mengatasi perut kembung menggunakan jus jeruk merupakan salah satu cara yang paling disukai oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan jus jeruk memiliki rasa yang enak sehingga ini dijadikan sebagai pengobatan perut kembung yang paling disukai.

Mengapa jus jeruk bisa dijadikan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi perut kembung? Ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga hal ini dapat digunakan untuk mengatasi masuk angin dan sangat cocok untuk mengatasi perut kembung.

Baca Juga : 12 Manfaat Minum Air Jeruk Nipis Hangat Sebelum Tidur

6. Menggunakan Daun Pepaya

Anda pasti penasaran mengapa daun pepaya dapat digunakan untuk penyembuhan perut kembung. Jangan salah, meskipun memiliki rasa yang pahit, ternyata air rebusan daun pepaya sangat berkhasiat untuk mengatasi perut kembung.

Mau tahu cara mengatasi perut kembung menggunakan daun pepaya? Caranya yaitu rebus daun pepaya hingga mendidih. Ambillah air rebusan tersebut dan minum.

Jika Anda tidak kuat dengan rasa pahit dari air rebusan daun pepaya tersebut maka Anda bisa menambahkan madu untuk menentralisir rasa pahit yang ditimbulkan.

7. Hindari Makanan Dan Minuman Dingin

Ketika seseorang mengalami perut kembung itu artinya ia sedang mengalami masuk angin. Nah ketika orang sedang masuk angin sebaiknya jangan konsumsi makanan atau minuman yang dingin terlebih dahulu. Sebab hal itu akan memperburuk kondisi Anda.

Untuk mengonsumsi makanan saat perut sedang kembung maka Anda bisa minum atau makan makanan yang hangat agar tubuh tetap hangat. Bila perlu berilah minyak kayu putih di area perut yang kembung agar perut kembung segera reda.

8. Atur Pola Makan Menjadi Lebih Teratur

Salah satu penyebab perut kembung yaitu karena terjadi kekosongan pada perut sehingga mengakibatkan banyak gas yang dihasilkan oleh lambung. Oleh sebab itu cara mengatasi perut kembung yang paling sederhana yaitu dengan menerapkan pola makan yang teratur.

9. Menggunakan Jaket Saat Berpergian

Penyebab perut kembung juga sering terjadi diakibatkan oleh terkena angin saat berkendara. Menggunakan jaket saat berkendara sering dilupakan oleh banyak orang, sehingga sering kali setelah berkendara perut menjadi kembung. So mulai sekarang pakailah jaket saat berkendara agar perut tidak kembung lagi.

10. Menggunakan Pappermint

Cara mengatasi perut kembung lainnya yaitu dengan menggunakan pappermint. Hal ini disebabkan karena dalam pappermint terdapat kandungan mentol yang segar serta memiliki peran sebagai anti-spasmodik.

Sehingga papermint sangat berguna untuk mengatasi perut kembung. Jika tidak percaya Anda bisa mencobanya sendiri saat perut kembung. Maka dalam sekejap saja rasa perut kembung akan hilang sedikit demi sedikit.

11. Beraktivitas Setelah Makan

Kebiasaan banyak orang ketika setelah makan dan kenyang adalah bersantai-santai di kasur atau kursi sambil tiduran. Hal ini merupakan hal yang lumrah karena setelah makan mata akan mengantuk. Namun tahukah Anda bahwa hal ini berbahaya bagi kesehatan.

Jika Anda ingin tiduran atau bersantai setelah makan sebaiknya tunggulah terlebih dahulu sekitar 10-30 menit agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar. Nah salah satu akibatnya adalah perut menjadi kembung dan yang paling parah perut menjadi buncit.

Oleh sebab itu untuk menghindari perut kembung maka usahakan jangan langsung tiduran setelah makan meskipun hal tersebut sangat nikmat.

Mengalami perut kembung merupakan salah satu keluhan tubuh yang cukup mengganggu. Sebab hal ini akan terasa tidak nyaman dan sulit untuk beraktivitas. Oleh sebab itu Anda bisa menggunakan cara mengatasi perut kembung di atas jika Anda sedang mengalami perut kembung.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*