16 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Agar Tidak Berjerawat

cara mengatasi kulit wajah berminyak agar tidak berjerawat

Bila kulit wajah berminyak, apa yang akan Anda lakukan? Diusap pakai tangan, mengambil tisu, cuci muka atau memakai facial foam?

Pada dasarnya minyak itu dibutuhkan oleh wajah dan tidak selamanya berdampak buruk. Fungsi minyak di kulit wajah adalah sebagai pelembab alami agar kulit tidak kering, serta dapat mencegah penuaan dini sehingga cenderung kelihatan awet muda.

Jadi ada dampak positif sekaligus negatif dari kulit wajah yang berminyak tersebut. Namun bagi para kaum hawa yang suka memakai make-up pada wajah, tentu ini akan menjadi masalah karena dapat membuat kosmetik wajah belepotan tidak karuan. Itulah sebabnya banyak para wanita yang merasa risih dengan wajah berminyak tersebut.

loading...

Penyebab Wajah Berminyak

Wajah berminyak dan jerawat merupakan 2 hal yang sulit dipisahkan. Jika jumlah minyak pada kulit wajah masih dalam kadar yang wajar maka itu tidak ada masalah. Namun bila berlebihan maka ini dapat memicu masalah. Debu dan kotoran yang menempel pada wajah berminyak maka akan membuat pori-pori tersumbat, dan pada akhirnya akan rentan timbul jerawat dan komedo.

Hormon Berlebihan

Ini biasanya dialami oleh kaum wanita yang sedang hamil dan menstruasi, serta para kawula muda yang sedang dalam masa puber. Pada keadaan tersebut hormon sedang tidak stabil sehingga tubuh cenderung memproduksi minyak yang berlebih, terutama di area wajah.

Makanan Berlemak

Mengkonsumi makanan dan minuman yang berlemak juga dapat memicu produksi minyak di dalam tubuh, sehingga wajah pun akan ikut berminyak. Oleh karena itu sebaiknya kurangi makanan yang banyak mengandung lemak.

Sedang Stres

Lelah karena bekerja, kurang piknik, galau dengan masalah, itu adalah penyebab utama stres. Keadaan stres dapat memicu produksi hormon kartisol pada wajah dan inilah kenapa minyak muncul pada kulit wajah. Dan jika terus dibiarkan maka juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Faktor Gen

Terkadang ada sebagian orang yang mengalami masalah dengan wajah berminyak karena disebabkan oleh faktor keturunan. Ini termasuk faktor eskternal yang sulit dihindari, namun tetap bisa dirawat dan diatasi dengan mudah.

Pola Tidur

Sering begadang dan tidur terlalu malam juga termasuk salah satu penyebab timbulnya minyak di wajah. Sebaiknya Anda kondisikan waktu tidur dengan baik agar kulit tidak terlalu muncul minyak yang berlebihan.

Cuaca Panas

Tubuh akan lebih sering berkeringat jika berada dalam suhu yang panas. Selain itu produksi minyak dalam tubuh juga meningkat. Dan jika minyak dan keringat ini dibiarkan maka akan menyebabkan timbulnya bau badan.

Perawatan Yang Salah

Bagi para wanita yang suka menggunakan produk perawatan kecantikan maka sebainya memilih produk yang benar, yang cocok dengan kulit wajah. Karena jika produk salah dan cara pemakaian juga salah, maka juga dapat menyebabkan kulit berminyak.

Cara Ampuh Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Ada banyak cara yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan wajah berminyak, seperti memakai produk kecantikan atau terapi wajah. Harganya pun beragam. Namun jika ingin yang murah dan tanpa efek samping, maka Anda bisa memakai bahan-bahan alami yang ada di sekitaran rumah.

Namun sebelum mencoba cara alami ini, pastikan kulit wajah Anda tidak alergi terhadap bahan tersebut. Berikut dibawah ini ada beberapa tips cara mengatasi wajah berminyak secara alami agar kulit tidak kusam dan mencegah kulit terkena jerawat.

1. Jeruk Nipis Atau Lemon

buah jeruk nipis
Via https://heyku.me

Rasa masam pada jeruk nipis ini banyak mengandung vitamin C dan asam folat yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah sekaligus menghilangkan minyak agar terbebas dari jerawat. Namun, resep dibawah ini tidak disarankan bagi kulit yang sensitif karena dapat menimbulkan iritasi yang menyebabkan rasa perih dan gatal

  1. Ambil 1 buah jeruk nipis segar lalu belah menjadi 2 bagian
  2. Siapkan kapas yang benar-benar bersih
  3. Peras air jeruk nipis pada kapas tersebut
  4. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berminyak secara merata
  5. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat

2. Buah Pisang

buah pisang
Via https://styletips101.com

Masker buah pisang bisa menjadi nutrisi bagi kulit agar terlihat lebih sehat dan segar. Kandungan vitamin A, B dan E dalam buah pisang juga bermanfaat untuk mengurangi keriput pada kulit wajah sehingga bisa terhindar dari penuaan dini.

  1. Tumbuk halus 1 buah pisang
  2. Tambahkan sedikit madu agar bisa maksimal
  3. Oleskan masker pisang tersebut pada wajah
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Cuci hingga bersih

3. Lidah Buaya

lidah buaya
Via http://www.abeautyhub.com

Gel lidah buaya sangat membantu untuk menyerap minyak berlebih dan juga berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat.

  1. Ambil gel lidah buaya pada daun
  2. Lalu oleskan pada kulit wajah
  3. Diamkan hingga mengering
  4. Gunakan masker ini secara teratur, pagi dan sore hari
  5. Agar mengurangi bau yang menyengat maka Anda bisa mencampur dengan madu

4. Yogurt

yogurt
Via http://www.stylecraze.com

Yogurt mengandung asam laktat yang berkhasiat untuk mengurangi minyak yang berlebih pada wajah dan meregenerasi sel kulit mati.

  1. Siapkan 1 sendok yogurt
  2. Beri sedikit perasan air jeruk nipis
  3. Oleskan pada permukaan wajah
  4. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air

5. Daun Seledri

daun seledri
Via https://selfhelphealth.wordpress.com

Kandungan vitamin E dan vitamin C pada daun seledri sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit. Selain itu juga mampu menangkal radikal bebas sehingga wajah akan terlihat awet muda. Selalin itu, daun seledri juga mengandung omega 6 yang dapat menjadikan wajah nampak lebih cerah, kenyal dan minyak juga akan berkurang.

  1. Siapkan 3 daun seledri yang sudah bersih
  2. Iris kecil-ecil, lalu rendam dalam air panas selama 30 menit
  3. Setelah itu saring sari daun seledri dan dinginkan
  4. Kemudian oleskan pada wajah hingga mengering
  5. Bilas dengan air sampai bersih

6. Madu Asli

madu
Via http://www.nashalady.ru

Madu tergolong bahan alami yang sangat ampuh untuk kesehatan kulit. Solusi mengatasi wajah berminyak dapat diatasi dengan mudah karena madu memiliki sifat melembabkan, mengurangi iritasi, antiseptik, antibakteri dan kaya akan nutrisi yang menyehatkan bagi kulit.

Sebelum memakai masker madu murni ini maka sebaiknya cuci wajah menggunakan air hangat agar pori-pori wajah terbuka. Setelah pemakaian cuci wajah dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

  1. Anda bisa memanfaatkan madu sebagai pembersih wajah (cleanser) dengan cara digunakan sebagai masker dan gosok-gosok secara lembut.
  2. Sebagai scrubbing, yaitu mengangkat sel kulit mati, debu dan kotoran agar kulit lebih halus. Caranya dengan menyiapkan 3 sendok makan madu dan campurkan dengan setengah sendok garam. Lalu oleskan pada wajah hingga merata. Terakhir bersihkan dengan air.
  3. Untuk mengatasi jerawat, yaitu dengan mencampur madu, susu dan kunyit bubuk, masing-masing 1 sendok. Pakai sebagai masker wajah dan diamkan selama 30 menit. Lalu bersihkan dengan air.

7. Susu

susu
Via http://bautifullengths.com

Susu kaya akan protein, isoflavon, AHA dan vitamin E yang bermanfaat untuk melindungi kerusakan kulit dari sinar matahari, mengencangkan kulit wajah dan sekaligus mengurangi minyak berlebihan yang dapat memicu jerawat. Masker susu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak.

  1. Siapkan susu secukupnya
  2. Gunakan sebagai masker wajah sampai merata
  3. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat

8. Bengkoang

bengkoang
Via http://www.mybeautyinside.com

Buah bengkoang ini tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan minyak yang ada di wajah, tetapi juga berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah, sehingga jerawat pun tidak akan tumbuh.

  1. Ambil buah bengkoang, kupas dan cuci hingga bersih
  2. Haluskan buah bengkoang memakai blender
  3. Gunakan masker bengkoang tersebut pada malam hari sebelum tidur
  4. Bersihkan pada pagi harinya

9. Putih Telur

putih telur
Via http://www.diyhealthremedy.com

Putih telur juga termasuk bahan yang ampuh untuk menghilangkan kulit wajah yang berminyak. Ada 5 komponen penting dalam putih telur yang mampu membuat kulit kencang, lebih halus, lebih bersinar, memberantas komedo, menghilangkan flek hitam dan mengatasi jerawat. Kandungan tersebut antara lain enzim lysozyme, riboflavin, kalium, magnesium dan protein.

Cara membuat masker putih telur :

  1. Siapkan 1 butir telur ayam kampung
  2. Pisahkan antara putih dan kuning telur
  3. Ambil putih telurnya saja dan oleskan sebagai masker wajah
  4. Anda bisa memakai kuas masker supaya bisa merata dengan sempurna, termasuk juga ke bagian leher
  5. Diamkan selama 25 menit
  6. Bilas menggunakan air hangat

10. Kentang

kentang
Via http://beautytalk.com

Selain bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak, kentang juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat. Buah yang termasuk umbi-umbian ini yang mengandung vitamin B1, kalium dan kalsium serta kaya akan vitamin C yang bisa mencapai 31mg/100gram.

  1. Ambil buah kentang, kupas dan cuci hingga bersih
  2. Parut kentang tersebut dan gunakan sebagai masker wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Gunakan masker ini secara rutin sebelum tidur

11. Buah Apel

buah apel
Via https://makeupandbeauty.com

Manfaat buah apel bagi tubuh sangat banyak sekali dan yang paling populer adalah untuk diet sehat dan perawatan wajah. Jika jeruk nipis dapat menjadikan kulit wajah perih dan terbakar, berbeda dengan buah apel yang tidak menimbulkan efek samping negatif sama sekali, karena apel bersifat antiseptik dan astringent yang membuat kulit terasa ringan.

Buah apel memiliki kandungan senyawa antilemak yang berfungsi untuk membebaskan wajah dari minyak. Asam malat pada buah apel juga bermanfaat untuk membantu pengelupasan sel kulit mati. Semua jenis apel bisa Anda pakai, baik yang merah maupun apel hijau.

  1. Ambil 1 buah apel apel yang masih segar
  2. Haluskan apel sekaligus kulitnya dengan cara di blender
  3. Tambahkan 3 sendok madu murni, lalu aduk hingga merata
  4. Dinginkan dalam kulkas selama beberapa menit
  5. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berminyak
  6. Diamkan selam 15 menit seraya dipijat-pijat
  7. Bilas hingga bersih

12. Cuka Apel

cuka apel
Via http://www.top10homeremedies.com

Ini fungsinya sama saja dengan buah apel, cuma bahannya lebih praktis karena mudah didapatkan di pasaran. Kandungan AHA pada cuka apel dapat melembabkan kulit dan sifat antibakterinya dapat menghilangkan kulit wajah yang berminyak. Cuka apel juga dapat menyeimbangkan hormon sehingga dapat mengontrol produksi minyak yang berlebihan.

  1. Ambil 1 sendok cuka apel
  2. Campur dengan 3 sendok air
  3. Aduk hingga merata
  4. Celupkan kapas pada campuran tersebut lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah
  5. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas
  6. Dan bila ingin mengkonsumi cuka apel tersebut maka campurlah 1 sendok cuka apel dengan segelas air.

13. Tomat

tomat
Via http://www.remediesandherbs.com

Manfaat dan khasiat buah tomat ini sangatlah beragam, salah satunya adalah untuk kecantikan wajah yaitu dapat mengatasi wajah berminyak secara alami. Tomat mengandung vitamin C dan AHA (alpha hydroxy acids) alami yang berfungsi untuk menstabilkan kadar pH pada kulit. pH ini tingkat keasaman tubuh yang disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Jika kadar pH seimbang maka minyak pada wajah juga akan berkurang.

  1. Ambil 1 buah tomat yang masih segar
  2. Rebus selama 3 menit lalu haluskan
  3. Tambah sedikit madu
  4. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker wajah
  5. Diamkan selama 15 menit
  6. Terakhir bersihkan dengan air hangat

14. Mentimun

mentimun
Via https://www.popsugar.com

Kandungan air dalam mentimun kaya akan manfaat, baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah vitamin E, magnesium dan beragam mineral yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi yang sangat cocok untuk perawatan kulit, seperti mengatasi flek hitam bekas jerawat, menghilangkan komedo, menjadikan wajah cerah tanpa berminyak.

  1. Siapkan mentimun, cuci hingga bersih
  2. Blender sampai halus, tanpa dikupas
  3. Gunakan masker mentimun pada seluruh area wajah
  4. Biarkan meresap hingga 20 menit
  5. Bilas dengan air hangat

15. Buah Semangka

buah semangka
Via https://cikipedia.com

Pada buah semangka terdapat berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti kalium dan magnesium. Selain itu, buah semangka juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi kecantikan, yaitu dapat mengecilkan pori-pori wajah dan mengontrol kadar minyak kulit wajah agar tidak berlebihan.

  1. Ambil bagian daging buah semangka
  2. Tumbuk hingga halus, atau juga bisa di blender
  3. Tambahkan susu atau yogurt secukupnya
  4. Bersihkan wajah dan oleskan hingga merata
  5. Diamkan beberapa saat, lalu bilas

16. Buah Alpukat

buah alpukat
Via http://www.mcall.com

Buah alpukat mengandung antioksidan dan beta karotin yang berkhasiat untuk mengatasi radikal bebas agar kulit terlindung dari pengaruh lingkungan. Zat tersebut juga dapat menghilangkan garis samar pada wajah, menghilangkan keriput dan tanda-tanda penuaan.

Dan masih banyak lagi senyawa lainnya yang sangat menyehatkan kulit seperti vitamin C, vitamin E dan asam lemak tak jenuh. Pada intinya semua senyawa yang terdapat dalam buah alpukat akan menjadikan kulit sehat tanpa berminyak lagi.

  1. Ambil daging buah alpukat
  2. Tumbuk hingga halus
  3. Bisa ditambahkan putih telur dan air jeruk lemon
  4. Oleskan pada wajah hingga ke leher
  5. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat

Tips Merawat Wajah Yang Benar

Dengan kesibukan dan aktifitas sehari-hari tentu akan membuat kulit sering terkena sinar matahari secara langsung, polusi udara, debu dan kotoran. Kondisi ini sangat sulit dihindari. Namun kita bisa menyiasatinya dengan cara merawat wajah secara benar supaya minyak tidak lagi berlebihan.

  • Bersihkan wajah. Rajin-rajinlah membersihkan wajah dengan mencuci muka, setidaknya 2-3 kali dalam sehari. Ini untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah.
  • Hindari pemakaian kosmetik yang berlebihan. Pilihlah pelembab yang bahan dasarnya air (oil-free) dan gunakan sunblock (tabir surya) saat beraktifitas di luar ruangan.
  • Sediakan kertas minyak. Kertas ini mampu menyerap minyak di wajah dengan mudah tanpa membuat wajah jadi kering.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung minyak. Sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B karena ini berfungsi untuk mencegah produksi minyak di kulit wajah. Konsumsi air putih yang cukup
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Lengkapi dengan asupan protein yang cukup.

Itulah beberapa informasi tentang penyebab dan cara mengatasi wajah berminyak memakai bahan alami dan tentunya tanpa efek samping negatif. Anda bisa mencobanya satu per satu.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*