Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari Agar Kecantikan Tidak Pudar

cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Aktivitas di luar rumah memang sangat menyenangkan, apalagi saat liburan. Tempat wisata saat liburan yang paling digemari ialah objek wisata pantai, namun beberapa orang menghindari pergi ke pantai karena dapat membuat kulit hitam atau belang.

Nah, kulit terbakar karena sinar matahari merupakan permasalahan yang kerap dihadapi para wanita. Kecantikan menjadi tidak maksimal karena kulit wajah yang kusam, kering dan tidak cerah karena sering beraktivitas di luar rumah dan terpapar sinar matahari.

Selain sinar matahari, debu-debu yang mengudara pun menyebabkan kulit Anda rusak. Hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap merawat dan menjaga kesehatan serta kecantikan wajah Anda.

loading...

Tips Untuk Mengatasi Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari? Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan di salon, spa dan sebagainya. Yang Anda butuhkan hanyalah ketelatenan dan keuletan dalam membuat masker alami buatan sendiri di rumah.

Oleh karena itu, mari kita simak cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari secara alami sebagai berikut:

1. Berendam Dengan Air Dingin

Setelah Anda melakukan aktivitas sepanjang hari di luar ruangan, maka panasnya terik matahari akan membuka pori-pori wajah. Dengan begitu kotoran, debu atau bakteri bisa dengan mudah menyelip ke pori-pori dan mengakibatkan timbulnya jerawat, komedo, dan lainnya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, rendamlah wajah Anda pada air dingin agar pori-pori menutup kembali, sehingga tidak ada bakteri yang masuk ke pori-pori wajah Anda.

2. Menggunakan Madu

Madu merupakan bahan alami yang sangat bagus untuk masker wajah karena mengandung vitamin E sebagai penutrisi kulit.

Cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari menggunakan madu bisa Anda lakukan dengan mencampurnya pada masker bahan alami seperti tomat, kentang, alpukat dan lain-lain. Pakailah masker alami tersebut secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal sebagai bahan shampoo alami yang menyehatkan rambut. Selai itu, lidah buaya juga mampu menutrisi kulit wajah sehingga membuat wajah Anda lebih muda.

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada lidah buaya mampu membantu proses regenerasi kulit serta memperbaiki kulit rusak akibat paparan sinar ultraviolet. Dengan memakai masker lidah buaya secara rutin, kulit Anda akan kembali normal.

4. Menggunakan Kunyit

Meskipun warnanya kuning dan terkenal sebagai pewarna makanan alami agar berwarna kuning, kunyit memiliki kemampuan membuat kulit wajah semakin putih dan cerah.

Nah, cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari menggunakan kunyit cukup mudah, yakni dengan mengoleskannya langsung ke wajah Anda, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Meski menggunakan masker kunyit setiap hari, Anda tidak akan terkena efek samping justru kulit wajah Anda semakin cerah dan putih alami.

5. Menggunakan Tepung Besan

Tepung besan atau tepung gram bisa menjadi bahan alami masker wajah yang mampu mengatasi kulit terbakar matahari.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu mencampur tepung besan ini dengan perasan lemon hingga berbentuk seperti pasta kemudian oleskan pada seluruh permukaan wajah dan leher. Bisa juga Anda aplikasikan pada seluruh tubuh agar menghindari warna kulit belang.

Setelah dioleskan ke seluruh permukaan kulit, tunggulah hingga 15 menit, setelah mengering barulah Anda bilas hingga bersih.

6. Menggunakan Buah Lemon

Buah lemon seringkali menjadi campuran masker alami seperti yang tertulis pada poin nomor 5 di atas. Selain itu, cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari bisa Anda lakukan dengan membuat ramuan perasan lemon dan air mawar.

Cukup oleskan campuran kedua bahan tersebut ke seluruh permukaan kulit yang terbakar sinar matahari, diamkan beberapa menit hingga mengering dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

7. Menggunakan Minyak Zaitun

Selain madu dan lemon, minyak zaitun pun menjadi campuran yang sering digunakan pada masker alami. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu meregenerasi kulit dengan cepat dan mengatasi kulit terbakar matahari.

Selain mencampurnya pada masker alami, Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun langsung pada kulit wajah atau kulit yang terpapar matahari.

Artikel Terkait : 8 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Berseri Alami

8. Menggunakan Yogurt

Yogurt mampu mengembalikan kecerahan kulit setelah terpapar sinar matahari cukup lama. Selain itu yogurt juga mampu menghaluskan kulit wajah Anda secara alami.

Bagaimana caranya? Cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari dengan yogurt adalah memanfaatkannya sebagai scrub, scrub ini bisa Anda pakai saat mandi.

9. Menggunakan Tomat

Buah tomat dipercaya mampu mengatasi kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Selain mengonsumsi tomat secara rutin, Anda juga perlu membuatnya sebagai masker wajah. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan tomat kemudian campur dengan minyak zaitun, perasan lemon atau madu. Oleskan campuran tersebut pada seluruh permukaan wajah secara rutin.

10. Gunakan Pelembab Kulit

Pelembab sangat diperlukan saat Anda akan beraktivitas di luar ruangan. Selain melembabkan kulit, pelembab ini juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Regenerasi kulit Anda pun akan lebih cepat dengan menggunakan pelembab secara rutin.

11. Menggunakan Ketimun

Ketimun adalah buah yang kaya akan antioksidan sehingga pemakaian masker timun yang rutin akan membuat wajah Anda terlihat lebih muda, juga mencegah penuaan dini.

Mentimun pun akan memberi efek kesegaran pada mata, caranya yakni hanya memotong timun dalam bentuk bundar kemudian tempelkan ke mata yang terpejam. Diamkan beberapa saat dalam suasana yang rileks.

12. Menggunakan Tabir Surya

Cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari selanjutnya adalah dengan menggunakan tabir surya. Sebelum Anda melakukan aktivitas di luar, sebaiknya gunakanlah tabir surya atau sunblock ke seluruh permukaan kulit.

Hal ini akan melindungi kulit Anda dari panasnya terik matahari sehingga tidak ada lagi kulit belang atau kusam.

13. Menggunakan Cuka

Cuka ini sering digunakan sebagai bahan tambahan sebuah masakan. Namun banyak yang tidak suka cuka karena baunya yang tak sedap. Akan tetapi, manfaat yang dimiliki cuka untuk kulit Anda sangatlah besar, yakni sebagai pelembab kulit wajah.

Baca Juga : Manfaat Sari Cuka Apel Untuk Kecantikan Kulit Wajah

14. Mengonsumsi Air Putih

Tidak hanya menggunakan masker, sunblock atau topi sebagai cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari, namun perbanyak pula konsumsi air putih. Konsumsi air putih yang dianjurkan untuk kesehatan ialah 8 gelas per hari. Dengan rutin mengonsumsi air putih, maka kulit Anda pun tidak akan kering, justru mampu mencerahkan wajah kembali.

Hal ini dikarenakan air putih mampu meregenerasi kulit dengan cepat, sehingga sel-sel kulit mati akan terganti dengan sel kulit yang baru.

Lakukanlah beberapa hal diatas agar kulit Anda tetap terawat dan cerah meski beraktivitas di luar rumah sepanjang hari. Cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari tidak hanya dengan menggunakan masker, pelembab, sunblock dan sebagainya, namun Anda juga perlu mengonsumsi air putih yang cukup.

Jangan jadikan aktivitas di luar sebagai alasan kulit rusak, kusam atau gelap, lakukanlah hal-hal di atas agar kecantikan alami kulit wajah Anda dapatkan kembali.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*