7 Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Ini Memberikan Hasil Yang Luar Biasa

cara mengatasi kulit kering pada wajah

Kulit kering atau sering disebut dengan xerosis maupun xeroderma merupakan suatu masalah kulit yang sering terjadi baik di lengan, wajah, tangan, maupun kaki. Kulit kering disebabkan oleh kurangnya cairan pada lapisan kulit paling luar.

Sebenarnya, kulit dapat berubah menjadi kering karena disebabkan oleh beberapa faktor. Yang pertama adalah cuaca dingin dan juga rendahnya kelembaban udara di sekitar. Selain itu, penggunaan sabun yang terlalu berlebihan juga dapat menghilangkan minyak alami kulit yang berfungsi melembabkan kulit.

Seseorang yang memiliki kulit wajah yang kering maka akan nampak kusam seakan tidak terawat. Tentunya ini menjadi masalah bagi Anda yang selalu ingin tampil cantik dan sempurna. Simaklah artikel ini hingga tuntas agar Anda bisa menemukan cara mengatasi kulit wajah yang kering tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah kulit yang satu ini, yuk terapkan 7 cara mengatasi kulit kering pada wajah yang dapat dimulai dari kebiasaan sehari-hari!

1. Menggunakan Pelembap Secara Teratur

Kulit kering pada wajah dapat dengan mudah diatasi secara cepat menggunakan pelembap. Meski Anda rajin mencuci wajah menggunakan sabun pembersih, terkadang karena faktor cuaca maupun faktor sabun yang tak cocok, kulit wajah tetap bisa berubah menjadi kering.

Menggunakan pelembab juga merupakan salah satu langkah untuk menjaga kulit dalam beraktivitas sehari-hari. Jangan hanya gunakan saat cuaca terik saja, rutinlah mengaplikasikan pelembab di wajah tiap habis mandi ataupun sesaat sebelum tidur.

Ingat! Bersihkan terlebih dahulu tangan Anda sebelum mengoleskan pelembab ke wajah.

2. Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

Mungkin bagi sebagian orang, mencuci muka merupakan salah satu cara mengatasi kulit kering pada wajah yang sangat efektif dan efisien. Namun tahukah Anda jika terlalu sering mencuci muka justru dapat membuat kulit wajah menjadi kering? Terlebih dengan air hangat.

Air hangat disinyalir dapat menghilangkan kelembaban alami yang di produksi oleh kulit jika terlalu sering menggunakannya sebagai pencuci muka.

3. Perbaiki Waktu Mandi Anda

Sama seperti mencuci wajah, terlalu sering mandi juga dapat menyebabkan kulit menjadi mudah kering. Hal ini disebabkan minyak alami di kulit akan menjadi hilang karena proses pembersihan yang Anda lakukan.

Cara mengatasi kulit kering pada wajah melalui cara mandi adalah dengan membatasi durasinya menjadi 5 sampai 10 menit saja. Terlalu lama berinteraksi dengan air, terlebih air hangat, dapat merusak lapisan lemak yang berfungsi melindungi kulit.

4. Jauhi Alkohol dan Rokok

Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi. Jika tubuh dehidrasi, maka secara otomatis kulit juga akan mudah mengering, tak terkecuali kulit wajah. Kulit yang kering dapat memicu timbulnya iritasi sehingga warna kulit akan berubah memerah karena kurangnya cairan dan juga mineral.

Siapa yang tak kenal dengan pengaruh buruk rokok terhadap kesehatan? Rokok memiliki kandungan zat aditif seperti nikotin dan juga tar yang dapat merusak jaringan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu, asap rokok juga bisa menghambat produksi kelenjar minyak di dalam kulit sehingga kulit wajah Anda akan terlihat kusam, kering dan juga pecah-pecah. Start from now on, lets avoid cigarettes and alcohol!

5. Minum Banyak Air Putih

Kandungan cairan di dalam tubuh memang memiliki manfaat dalam membantu proses metabolisme dan juga menjaga kelembaban kulit. Sehingga tak heran jika kulit wajah menjadi kusam, kering, ataupun bersisik karena kurang mengonsumsi cairan.

Salah satu cara mengatasi kulit kering pada wajah adalah dengan minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter selama sehari. Hal tersebut tentu dapat membantu tubuh dalam menjaga kelembaban kulitnya.

Selain itu, banyak minum air putih juga dapat membantu proses detoksifikasi yang juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel pada tubuh.

Meskipun kebutuhan cairan dapat kita peroleh tak hanya dari air putih, namun hindari mengonsumsi minuman kemasan yang memiliki kandungan pemanis buatan. Terlalu sering mengonsumsi minuman kemasan justru dapat membuat kondisi kulit akan semakin buruk.

6. Rajin Berolahraga

Cara mengatasi kulit kering pada wajah yang selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Ketika Anda melakukan aktivitas olahraga, keringat akan keluar dari tubuh. Keringat tersebut membawa berbagai zat buruk yang dapat merusak kesehatan tubuh dan juga kulit.

Selain itu, olahraga juga membantu melancarkan proses peredaran darah pada tubuh, tak terkecuali wajah. Sehingga kesehatan wajah tentu dapat terjaga karena asupan nutrisi yang disalurkan oleh darah. Buatlah jadwal rutin olahraga dan rasakan manfaat yang timbul pada kulit wajah Anda!

7. Memanfaatkan Bahan Alami Sebagai Masker

Dalam mengatasi masalah kulit kering pada wajah, Anda juga tak boleh melewatkan berbagai bahan alami yang tersedia di rumah. Bahan alami tersebut dapat berasal dari buah, sayuran, minyak dan juga lain sebagainya.

Kulit kering memang sangat membutuhkan asupan vitamin C, vitamin E, asam folat dan juga kolagen. Nah, kandungan-kandungan tersebut dapat Anda dapatkan dari berbagai jenis buah maupun bahan alami lainnya yang ada di sekitar.

  • Pisang

Cara mengatasi kulit kering pada wajah menggunakan buah pisang sudah banyak diterapkan oleh masyarakat. Pisang memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium dan juga potasium sehingga sangat efektif dalam melembabkan kulit wajah yang kering.

Anda dapat memanfaatkannya dengan membuatnya sebagai masker. Cukup haluskan beberapa buah pisang dan tambahkan bahan lain seperti yoghurt ataupun susu. Campurkan hingga merata dan tempelkan di sekitar kulit wajah yang kering. Tunggu beberapa saat dan temukan hasilnya.

Selain memanfaatkan isi buahnya sebagai masker wajah, Anda juga dapat membuat masker dari kulit pisang tersebut. Khasiat dari masker kulit pisang tersebut juga sangat ampuh mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah.

  • Madu

Madu berperan sebagai pelembab alami kulit wajah yang mampu mengatasi kulit kering dan juga mengencangkan kulit. Cara mengatasi kulit kering pada wajah menggunakan madu adalah dengan mengoleskannya secara merata pada wajah.

Pastikan wajah Anda sudah dicuci terlebih dahulu sebelum diolesi madu. Tunggu selama 30 menit hingga 1 jam sehingga nutrisi yang ada pada madu dapat menyerap ke dalam kulit. Lakukanlah secara rutin tiap akan tidur untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Bibir Hitam Supaya Terlihat Lebih Menarik

  • Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan mineral tinggi yang tak hanya bermanfaat sebagai penutrisi rambut saja. Namun juga mengatasi kulit berjerawat dan juga kulit kering. Cukup sediakan lidah buaya yang โ€œfresh from the ovenโ€ dan ambil gelnya.

Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu sehingga getah lidah buaya tak membuat kulit iritasi. Kemudian oleskan gel tersebut ke seluruh bagian wajah dan biarkan beberapa saat hingga meresap.

Kemudian bilas wajah menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori. Cara mengatasi kulit kering pada wajah menggunakan lidah buaya ini dapat Anda rasakan hasilnya dalam waktu yang cukup singkat.

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering disebabkan karena faktor genetik, tak ada salahnya jika mencoba menerapkan beberapa cara mengatasi kulit kering pada wajah diatas secara rutin dan teratur.

Wortel, alpukat, tomat dan berbagai bahan alami lainnya juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kulit kering. Dan tentu pada akhirnya akan menambah nilai kecantikan dan kesehatan kulit wajah Anda.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*