Ketahui 7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Dengan Cepat Dan Terbukti Hasilnya

cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat

Memiliki masalah pada gigi memang sangat mengganggu dalam menjalani berbagai aktivitas. Sebut saja saat rasa ngilu menyerang gigi Anda. Tentu saja hal ini membuat tidak nyaman suasana dan menjadikan aktivitas menjadi sangat terganggu. Sehingga saat rasa ngilu menyerang, Anda harus mengetahui cara terbaik dalam mengatasi ngilu pada gigi agar keadaan gigi kembali normal.

Dalam artikel ini akan dikupas tuntas seputar cara mengatasi gigi ngilu secara alami yang terbukti efektif dalam mengatasi rasa  ngilu yang tiba-tiba menyerang gigi Anda, baik saat terkena makanan atau minuman tertentu atau saat melaksanakan aktivitas penting lainnya.

Rasa ngilu ini biasanya menyerang pada gigi bagian depan, gigi yang berlubang, gigi yang patah atau gigi setelah ditambal. Memang perlu perawatan khusus untuk merawat gigi yang sensitif ini agar rasa ngilu tersebut bisa hilang dan tidak mengganggu lagi.

loading...

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Dengan Mudah

Langsung saja, berikut 5 cara mengatasi gigi ngilu yang wajib Anda ketahui saat rasa ngilu tiba-tiba menyerang gigi Anda.

1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Gigi ngilu merupakan salah satu tanda bahwa gigi Anda termasuk gigi yang sensitif. Hal ini dirasakan saat Anda mengkonsumsi makanan tertentu atau minuman dingin yang membuat gigi menjadi terasa ngilu dan tidak nyaman. Dalam kondisi ini, salah satu cara mengatasi gigi ngilu yang dapat Anda lakukan adalah dengan beralih menggunakan pasta gigi yang khusus digunakan untuk gigi sensitif.

Gigi yang terasa ngilu karena keadaan gigi yang sensitif ini terjadi ketika lapisan pada gigi yang dikenal dengan nama dentin, terekspos ke bagian luar gigi karena beberapa faktor. Misalnya saja karena adanya kerusakan pada bagian enamel gigi.

Dentin tersebut terhubung ke saluran yang di dalamnya terdapat serabut-serabut saraf. Ketika dentin ini terkena minuman atau makanan dingin atau panas, secara otomatis serabut saraf ini akan ikut terpapar dan menjadikan gigi terasa ngilu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa beralih dari pasta gigi biasa dengan menggunakan pasta gigi yang di produksi khusus sebagai perawatan gigi sensitif. Pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi sensitif, dapat menjadi pilihan terbaik Anda sebagai cara mengatasi gigi ngilu yang mengganggu ini. Saat ini juga bisa dengan mudah menemukan pasta gigi khusus gigi sensitif. Sudah banyak pabrik-pabrik pasta gigi yang memproduksi pasta gigi khusus gigi sensitif ini.

Baca Juga : Cara Membuat Bibir Merah Merona Menggunakan Pasta Gigi

2. Gunakan Bulu Sikat yang Lebih Lembut

Penggunaan kriteria sikat gigi tertentu juga dapat mempengaruhi kenyamanan Anda dalam membersihkan dan merawat kebersihan gigi. Sebaiknya bagi Anda yang giginya suka merasa ngilu, sangat direkomendasikan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lebih lembut. Tekstur bulu sikat yang lembut ini akan mengurangi rasa ngilu pada gigi Anda.

Sebaliknya, saat Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu-bulu sikat yang kasar, akan merasa kurang nyaman saat menyikat gigi. Sehingga beralih ke sikat gigi dengan bulu-bulu sikat yang lebih lembut merupakan salah satu cara mengatasi gigi ngilu yang efektif dilakukan.

3. Lebih Hati-Hati Dalam Menyikat Gigi

Salah satu penyebab gigi menjadi ngilu karena kebiasaan menyikat gigi terlalu Kencang dan penekanan yang terlalu kuat. Hal ini menyebabkan gigi menjadi ngilu akibat terjadinya kerusakan pada email gigi. Sebagai salah satu cara mengatasi gigi ngilu lebih tepatnya sebagai upaya pencegahan terbaik adalah dengan menyikat gigi Anda secara perlahan dan berhati-hati. Hal ini akan mengurangi risiko kerusakan email pada gigi dan mencegah gigi menjadi ngilu.

Artikel Terkait : Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dan Permanen

4. Berhati-Hati Dalam Memilih Makanan

Gigi yang terasa ngilu juga disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk itu Anda harus berhati-hati dalam menentukan makanan yang akan Anda makan. Makanan yang memiliki rasa terlalu asam merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memicu terjadinya rasa ngilu pada gigi.

Makanan dingin dan panas juga sangat mempengaruhi keadaan gigi Anda. Saat gigi bersentuhan secara langsung dengan makanan yang asam, dingin atau panas ini, dapat menyebabkan lapisan gigi terkikis secara perlahan. Dan lama kelamaan dapat merangsang timbulnya rasa ngilu pada gigi.

Di samping itu, kebiasaan buruk langsung minum dingin setelah mengonsumsi makanan yang panas juga menjadi faktor utama terjadinya gigi ngilu. Sehingga, memberikan perhatian khusus terhadap keadaan makanan atau minuman yang akan Anda konsumsi merupakan salah cara mengatasi gigi ngilu terbaik yang bisa dilakukan.

5. Hindari Kebiasaan Berkumur-Kumur Dengan Obat Tertentu

Layaknya pasta gigi, obat kumur juga mengandung sejenis alkohol dan bahan kimia lainnya yang dapat rangsangan pada gigi lebih peka dan mempengaruhi keadaan dentin pada lapisan gigi terbuka.

Hal ini dapat membuat dentin terhubung dengan saluran serabut saraf dan dapat menimbulkan rasa sakit. Sebagai gantinya agar gigi tidak merasa ngilu tanpa menggunakan obat kumur tertentu. Untuk mengatasi gigi ngilu ini Anda dapat menggantinya dengan menggunakan benang gigi dalam membersihkan gigi hingga ke sela-sela yang tidak dapat terjangkau dengan sikat gigi.

6. Rutin Melakukan Periksa Gigi Ke Dokter

Salah satu penyebab gigi terasa ngilu adalah adanya penyakit pada gusi Anda. Terutama bagi Anda yang sudah berusia senja, kurangnya perhatian dalam merawat kesehatan gigi dapat membuat berbagai kerusakan pada gusi. Keadaan gusi yang tidak sehat ini merupakan salah satu faktor utama dalam menjadikan gigi sensitif dan cenderung menimbulkan rasa ngilu pada gigi.

Dalam mencegah atau mengatasi kerusakan pada gusi, tentu salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara melakukan pemeriksaan gigi secara rutin kepada dokter khusus gigi dan gusi. Hal ini menjadi solusi terbaik untuk merawat gigi agar tetap sehat dan terhindar dari berbabagi masalah gigi lainnya.

7. Rutin Menyikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari

Keadaan gigi yang kotor merupakan salah satu pemicu utama terjadinya berbagai masalah pada gigi Anda termasuk gigi yang ngilu dan sangat mengganggu kenyamanan. Hal utama yang harus Anda lakukan sebagai cara preventif dalam menjaga kesehatan gigi ini adalah dengan memperhatikan kebersihan gigi Anda.

Salah satu hal yang umum dilakukan dalam menjaga gigi tetap bersih dan sehat adalah dengan rajin menyikat gigi secara teratur minimal dua kali dalam sehari. Terutama saat Anda menjelang tidur malam. Karena pada saat malam hari kuman-kuman yang masih menempel dalam gigi Anda akan terkontraksi lebih kuat dalam merusak jaringan dan lapisan pelindung pada gigi.

Kurang rajin menyikat gigi secara teratur dapat menyebabkan adanya penumpukan plak pada gigi dan berdampak buruk terhadap penyerangan berbagai masalah pada gigi termasuk gigi yang menjadi ngilu ini. Sehingga salah cara mengatasi gigi ngilu yang paling efektif dan wajib dilakukan yaitu menjaga kesehatan gigi Anda. Yang bisa dilakukan adalah dengan cara menyikat gigi secara rutin dan teratur minimal dua kali sehari terutama ketika hendak tidur di malam hari.

Nah, 7 cara mengatasi gigi ngilu di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah dan praktis sebagai solusi perawatan kesehatan gigi dan mencegahnya dari beragam masalah gigi Anda, termasuk masalah serangan rasa ngilu pada gigi yang sangat mengganggu dalam segala aktivitas. Gigi yang sehat membuat aktivitas menjadi nyaman dan menyenangkan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*