8 Cara Mengatasi Agar Bibir Tidak Kering Secara Alami

cara mengatasi agar bibir tidak kering secara alami

Mempunyai tampilan wajah yang sempurna tentu menjadi hal yang diinginkan oleh semua orang baik pria maupun wanita. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa tampilan wajah yang sempurna dilihat dari bentuk wajah putih atau bentuk mata yang indah.

Namun tahukah Anda bahwa ada hal yang kerap diabaikan untuk membuat tampilan wajah yang sempurna karena mereka hanya terfokus pada wajah saja. Padahal bagian lain seperti bibir juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.

Ketika bibir dalam keadaan kering maka hal tersebut menjadi sebuah kekurangan penampilan meskipun sebagian orang tidak menemukan masalah dengan hal tersebut. Namun, untuk para wanita yang ingin berpenampilan maksimal dalam aktivitas sehari-hari, bibir kering menjadi masalah yang harus segera diatasi.

loading...

Cara Melembabkan Bibir Yang Kering Secara Alami

Tidak perlu melakukan perawatan yang mahal untuk mendapatkan bibir yang sehat, karena dengan menggunakan bahan alami Andapun bisa memperoleh bibir yang diidamkan. Dan berikut terdapat beberapa cara mengatasi agar bibir tidak kering.

1. Minyak Jarak

Cara mengatasi agar bibir tidak kering yang pertama Anda bisa memanfaatkan minyak jarak. Ya, bahan tradisional yang satu ini sangat efektif digunakan untuk solusi bibir kering dan pecah-pecah. Cara pengaplikasiannyapun mudah, ambil saja dua atau tiga tetes minyak jarak yang bisa Anda langsung oleskan pada bagian bibir kering Anda.

Bisa juga Anda mencampurkan satu sendok teh minyak jarak yang dicampur dengan sesendok teh gliserin serta beberapa tetes air perasaan jeruk nipis. Setelah dicampur secara merata, barulah kemudian Anda aplikasikan pada bibir Anda pada malam hari sebelum tidur. Pagi harinya, barulah Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kapas yang dicelupkan pada air hangat.

2. Petroleum Jelly

Apabila bibir Anda kering, jangan ragu untuk memanfaatkan bahan herbal yang satu ini melembabkan bibir yang kering. Manfaat utama petroleum jelly yaitu melindungi bibir dari kekeringan dan kerusakan.

Caranya, ambil petroleum jelly secukupnya untuk dioleskan di bagian bibir kering Anda beberapa kali supaya lembab. Jangan lupa gunakan petroleum jelly pada malam hari sebelum tidur agar bibir Anda ternutrisi semalaman.

3. Mentimun

Seperti diketahui bersama bahwa mentimun mengandung air yang tinggi. Sehingga, tidak salah bahwa mentimun bisa jadikan solusi sederhana untuk membuat bibir Anda terasa lembab.

Anda tinggal mengiris mentimun tipis-tipis, kemudian Anda bisa menggosok-gosokan pada bibir kering Anda dan biarkan kandungan air dalam mentimun tersebut meresap ke dalam bibir.

Diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum Anda bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa mencoba beberapa kali selama satu minggu berturut-turut.

4. Lidah Buaya

Gel pada bahan herbal yang satu ini bertujuan untuk menjaga perawatan kulit, termasuk untuk membantu sebagai cara mengatasi agar bibir tidak kering. Manfaat yang Anda dapatkan terbilang besar karena hanya dengan lidah buaya Anda akan mendapatkan tampilan bibir yang sehat.

Baik itu bibir kering ataupun bibir pecah-pecah, Anda bisa mengambil gel dari lidah buaya yang selanjutnya dioleskan pada pada bibir Anda secara merata.

Ketika bibir Anda terasa perih akibat pecah-pecah, ketika diaplikasikan gel lidah buaya tersebut akan cepat pulih. Meski rasanya kurang enak, namun gel lidah buaya yang satu ini memberikan hasil yang luar biasa. Terlebih jika Anda memakainya secara rutin.

5. Kelopak Mawar

Apabila Anda mempunyai tanaman bunga mawar di rumah, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat bibir Anda terlihat lebih sehat. Dengan mengandalkan kelopak bunga mawar Anda bisa menjadikan bahan tersebut sebagai bahan untuk mengembalikan kelembutan dan kelembabannya. Selain itu, air mawar juga berkhasiat untuk memerahkan bibir yang hitam.

Cara mengatasi agar bibir tidak kering dengan menggunakan kelopak mawar yaitu Anda bisa mengambil segenggam kelopak bunga mawar, setelah itu Anda bisa mencucinya dengan menggunakan air bersih. Kemudian, Anda bisa merendamnya ke dalam susu murni hingga beberapa jam. Apabila tidak ada susu Anda bisa menggantinya dengan gliserin. Setelah kurang lebih 30 menit Anda bisa melumatkan bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Dan pasta inilah yang bisa dijadikan masker bibir dengan pemakaian 3 kali dalam sehari.

6. Madu

Sudah bukan jadi rahasia lagi bahwa madu murni menjadi salah satu obat herbal terbaik untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya dapat menjauhkan Anda dari berbagai penyakit, namun madu juga mampu menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit bibir karena madu mengandung antibakteri. Jika Anda menginginkan bibir merah dan lembab maka gunakanlah olesan madu asli ini.

Artikel Terkait : Cara Membuat Bibir Merah Menggunakan Pasta Gigi

Sediakan madu organic yang benar-benar alami, kemudian oleskan langsung pada bibir Anda yang kering. Untuk bibir yang pecah-pecah, Anda bisa menggunakan bahan tersebut, namun pastikan Anda mengaplikasikan pada bibir Anda setiap hari supaya bibir Anda terasa lebih lembab.

Bisa juga ada membuat pasta dengan campuran madu dan gliserin yang kemudian diaplikasikan pada permukaan bibir Anda setiap malam menjelang tidur. Sehingga pada keesokan harinya bibir Anda terasa lembur.

7. Gula

Ketika bibir terasa kering, maka akan memicu tekstur yang kasar pula. Untuk itu, gula merupakan bahan alami yang tepat untuk membantu merawat kesehatan kulit bibir Anda. Kelembutan alami pada bibir akan kembali dengan cepat karena sel-sel kulit mati akan terangkat oleh larutan gula yang berfungsi untuk mengeksfoliasi.

Untuk mengaplikasikannya, cukup sediakan gula sebanyak 2 sendok teh yang kemudian campurkan secara merata dengan satu sendok teh madu. Adonan pasta inilah yang bisa Anda aplikasikan pada bibir Anda dan tunggu hingga beberapa menit. Gunakanlah jari tangan Anda untuk menggosok-gosokan secara lembut pada area bibir guna mengangkat sel-sel kulit mati. Jika sudah, bersihkan bibir Anda dengan menggunakan air hangat.

8. Tomat

Jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi agar bibir tidak kering yaitu tomat. Ya, tomat mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu dalam menjaga kelembaban bibir tanpa adanya efek samping. Anda pun bisa mengonsumsi tomat secara langsung setiap harinya apabila ingin merawat kulit dari dalam.

Cara membuat masker bibir yaitu siapkan satu buah tomat segar, setelah itu potong menjadi dua bagian. Pergunakan potongan tomat tersebut untuk selanjutnya dioleskan ke bagian bibir kering Anda secara merata.

Sebelum membilasnya, Anda bisa mendiamkannya terlebih dulu selama kurang lebih 15 menit supaya kandungan nutrisi pada tomat tersebut bisa meresap sempurna. Untuk hasil terbaik, Anda bisa melakukan perawatan bibir ini setiap harinya agar dapat meningkatkan kelembaban kulit bibir secara optimal.

Tips Merawat Bibir Agar Lembab Dan Merah Merona

Setelah melihat beberapa cara mengatasi agar bibir tidak kering di atas, Anda juga perlu memperhatikan untuk tidak melakukan kebiasaan yang menjadi penyebab bibir hitam dan kering. Beberapa kebiasaan tersebut antara lain :

  • Tidak menggigit bibir
  • Penggunaan lisptik dengan tekstur kering
  • Tidak bernapas melalui mulut terlalu sering
  • Tidak membasahi bibir terlalu sering

Sebaiknya segera Anda hindari kebiasaan tersebut agar bibir tampak lebab dan tidak kusam. Itulah beberapa ulasan mengenai cara mengatasi agar bibir tidak kering yang bisa Anda perhatikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*