Cara Menebalkan Alis Dengan Kemiri Bakar, Alami Tanpa Efek Samping

cara menebalkan alis dengan kemiri bakar

Bagi para kaum hawa, kecantikan wajah merupakan hal penting yang selalu mendapat perhatian lebih utama.

Ada berbagai macam cara yang dilakukan untuk melakukan perawatan wajah agar bisa tampak lebih menarik ketika berhadapan dengan pasangan.

Salah satunya yang selalu menjadi perhatian adalah bulu alis mata. Sehingga tidaklah heran jika di luaran sana ada beragam produk kecantikan alis, mulai dari pensil alis, penebal alis dan lain sebagainya.

Alis yang tipis memang identik dengan kecantikan yang kurang sempurna. Berbeda dengan alis yang tebal yang akan membingkai wajah menjadi lebih manis dan tentunya memberi nilai lebih bagi wajah seorang wanita.

Oleh karena itu, ritual merias wajah kuranglah sempurna tanpa membentuk alis yang tebal, lentik dan rapi. Bentuk alis yang tebal dan lebat akan menunjukkan bentuk wajah yang simetris dan tentunya akan menambah rasa percaya diri bagi setiap wanita.

Lalu apa ada cara menebalkan alis secara alami yang mudah dilakukan? Jawabannya ADA.

Untuk mendapatkan alis yang tebal dan mempesona tidaklah harus mengeluarkan budget yang cukup mahal. Anda bisa menggunakan bahan alami seperti minyak kemiri.

Kandungan Dan Manfaat Minyak Kemiri Untuk Menebalkan Alis

Kemiri merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan oleh para ibu-ibu ketika memasak. Di dalam rempah kemiri ini terkandung minyak alami, yang mana minyak inilah yang biasanya digunakan untuk mempertebal dan menghitamkan rambut.

Sudah tidak diragukan lagi bahwasanya manfaat minyak kemiri memang sangat berkhasiat untuk menumbuhkan rambut dan bulu.

Ada banyak sekali produk berbahan dasar dari minyak kemiri yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan botak, menghitamkan dan juga membuatnya lebih lebat.

Khasiat minyak kemiri untuk melebatkan alis ini sangatlah ampuh karena di dalam kemiri terdapat beberapa kandungan senyawa seperti polifenol, flavonoid dan saponin.

Semua zat yang terkandung dalam kemiri tersebut berfungsi untuk melebatkan dan menghitamkan alis.

Pada intinya, kemiri ini digunakan untuk menumbuhkan rambut, tak terkecuali bulu alis. Untuk mendapatkan alis yang tebal menggunakan minyak kemiri ini maka rempah yang satu ini harus diolah terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Melebatkan Bulu Mata Secara Alami Agar Penampilan Semakin Cantik

Cara Melebatkan Alis Dengan Minyak Kemiri

1. Kemiri Bakar

Ada beberapa cara untuk membuat minyak kemiri ini, salah satunya adalah dengan dibakar. Cara ini adalah untuk sekali pakai saja dan yang paling praktis. Langkah-langkah pembuatannya cukuplah mudah, yaitu :

  • Siapkan 1 biji kemiri yang sudah bersih
  • Kemudian bakar hingga gosong
  • Setelah itu tumbuk kemiri bakar tersebut hingga halus, dan ambil sari minyaknya
  • Oleskan minyak kemiri bakar tersebut pada bulu alis secara merata
  • Pakai cara ini 2 hari sekali agar bulu alis bisa lebat dan tebal seperti yang diinginkan

2. Kemiri Sangrai

Selain dibakar, Anda juga bisa membuat ramuan ekstrak minyak kemiri ini dengan cara disangrai. Proses pembuatan kemiri sangrai ini juga tidaklah terlalu ribet, yaitu :

  • Ambil beberapa buah kemiri yang sudah bersih
  • Lalu sangrai atau panggang dalam oven dengan api sedang, tunggu hingga matang dan dinginkan
  • Kemudian tumbuk kemiri yang sudah matang hingga hancur, lalu tambahkan sedikit air
  • Peras kemiri tersebut menggunakan kain yang bersih dan lembut
  • Kemudian aplikasikan pada alis secara rutin

3. Kemiri Parut

Cara ketiga untuk menebalkan alis dengan kemiri adalah dengan cara di haluskan dengan parut atau di blender. Caranya adalah :

  • Siapkan beberapa buah biji kemiri lalu parut atau blender, tambahkan sedikit air
  • Kemudian peras kemiri yang sudah halus hingga airnya berubah menjadi bening
  • Letakkan air perasan tersebut pada tempat tertutup dan biarkan selama sehari semalam
  • Setelah itu masak air kemiri tersebut hingga air dan minyaknya terpisah
  • Proses pembuatan minyak kemiri yang satu ini biasanya menghasilkan minyak yang lebih sedikit dibandingkan dengan kemiri bakar atau kemiri sangrai

4. Kemiri Tumbuk

Cara menebalkan alis dengan kemiri yang terakhir adalah dengan cara ditumbuk hingga halus. Hasil tumbukan tersebut kemudian dicampur dengan air dan peras memakai kain halus.

Masak air kemiri diatas kompor dengan api yang sedang, sambil diaduk-aduk sampai tersisa minyaknya saja.

Proses ini memang membutuhkan waktu yang agak lama, berbeda dengan cara yang pertama, kedua dan ketiga. Jika anda ingin yang cepat maka cobalah cara yang pertama, yaitu menggunakan kemiri bakar.

Dari keempat cara tersebut, cara pemakaiannya sama saja. Anda harus hati-hati mengoleskannya dan jangan sampai terlalu banyak, karena ditakutkan menetes ke mata. Yang penting olesan minyak kemiri tersebut merata ke seluruh bagian alis.

Anda tidak perlu membilasnya, cukup biarkan minyak itu mengering dengan sendirinya. Atau bisa juga dioleskan pada malam hari saat menjelang tidur. Gunakan olesan minyak kemiri ini 2 hari sekali agar khasiatnya lebih efektif.

Baca Juga : Cream Minyak Kemiri Al-Khodry Untuk Penumbuh Rambut

Tips Merawat Bulu Alis Agar Bisa Tampil Menawan

Tentunya fungsi alis bukan hanya sebagai pelindung mata dan penghias wajah saja. Namun saat ini alis sudah menjadi bagian penting dalam kecantikan wajah seorang wanita. Rambut alis yang berantakan akan membuat penampilan kurang menarik.

Jika ritual make up bibir, mata, pipi sudah sempurna namun alis masih tidak rapi dan lentik, tentunya kecantikan wanita akan kurang sempurna. Semua riasan wajah akan sia-sia bila keindahan alis tidak tampak menawan.

Lalu bagaimana cara merawat dan merapikan bulu alis yang bisa memiliki bentuk yang indah dan lentik? Berikut beberapa perawatan alis yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Mencabut bulu alis yang tidak rapi

Cara merapikan rambut alis yang bisa dilakukan agar tampak rapi adalah dengan mencabut setiap helai bulu yang tidak rapi. Dengan cara mencabut ini tentu jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan mencukur alis.

Caranya adalah :

  • Pilih pinset yang bagus agar mudah pencabutannya dan tidak gampang patah
  • Lakukan pencabutan ini setelah mencuci muka atau sehabis mandi, karena kulit wajah masih dalam keadaan lembab
  • Untuk mengurangi rasa sakit saat mencabut maka Anda bisa mengoleskan lotion pada alis
  • Cabutlah bulu alis yang terkesan mencuat atau tumbuh secara tidak rapi saja, jangan semuanya

2. Mencukur alis

Cara yang kedua adalah dengan mencukur bulu alis yang tumbuh liar agar kedua sisi kanan kiri bisa sama dan simetris. Anda harus berhati-hati saat sedang melakukan pencukuran bulu alis agar bisa menghasilkan bentuk alis yang bagus dan lentik.

  • Gunakan pisau cukur khusus alis dengan ketajaman yang sedang. Jangan terlalu tajam karena ditakutkan melukai kulit
  • Lakukan mencukur alis sehabis mandi, saat kulit terasa lembab
  • Atau Anda bisa mengoleskan lotion pada rambut alis agar tidak terasa sakit saat mencukur
  • Jangan sampai mencukur semua bulu alis sampai gundul, karena itu akan menghilangkan fungsi alis sebagai pelindung mata

3. Memakai pensil alis

Apabila Anda merasa malas dengan cara yang pertama dan yang kedua, maka Anda bisa mencoba cara yang ketiga yaitu membentuk alis dengan memakai pensil alis. Caranya adalah :

  • Sisir alis agar rapi mengikuti bentuk tumbuhnya
  • Bentuk pola menggunakan pensil pada bagian pinggirnya terlebih dahulu
  • Setelah itu Anda bisa mewarna keseluruhan alis dan pastikan jangan terlalu tebal

Itulah beberapa tips merawat alis dan cara menebalkan alis dengan kemiri bakar, sangrai atau dihaluskan. Sebenarnya di pasaran sudah banyak sekali produk untuk menebalkan alis menggunakan ekstrak minyak kemiri.

Jika Anda ingin membelinya maka pastikan memilih produk yang asli agar khasiatnya lebih ampuh, karena produk kosmetik yang abal-abal pastinya kurang terasa keampuhannya.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*