21 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dan Permanen

cara memutihkan gigi kuning secara alami dan permanen

Semua orang pasti menginginkan gigi yang sehat dan putih berkilau, terutama anda yang dituntut tampil sempurna di khalayak ramai seperti model, MC, pembicara, dan lainnya. Dengan senyum yang cerah akan membuat Anda lebih menarik di hadapatn umum.

Memiliki gigi kuning terkesan jorok dan sering menjadi masalah, yaitu membuat kita susah senyum, karena ada rasa minder dan tidak percaya diri. Meski hanya sekedar warna tetapi gigi yang kuning akan mempengaruhi penampilan.

Warna putih pada gigi disebabkan karena adanya lapisan email. Jika email ini rusak maka akan membuat gigi tidak sehat, mudah sakit gigi dan warnanya berubah kuning. Oleh karena itu, rawatlah dengan baik lapisan email gigi ini supaya gigi terus sehat.

loading...

Penyebab Gigi Bisa Berubah Warna

Gigi memiliki peranan penting dalam kehidupan. Gigi merupakan bagian sistem pencernaan yang sangat penting untuk menghaluskan makanan agar bisa dengan mulus masuk ke saluran pencernaan. Beragam makanan yang dikunyah ini turut membuat gigi berubah dari warna aslinya. Lapisan luar gigi tertutup noda makanan dan pada akhirnya warna gigi tidak putih lagi.

Sebenarnya bukan hanya makanan saja, ada banyak faktor yang menyebabkan gigi berubah warna. Namun secara khusus dibagi menjadi 2 penyebab, faktor luar (ekstrinsik) dan faktor dalam (intrinsik).

Faktor luar yang dapat merusak warna alami gigi ini disebabkan oleh makanan, rokok dan alkohol. Seperti kopi, teh, coklat dan tembakau pada rokok. Ini bisa diatasi dengan segera membersihkan gigi ketika setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Faktor dalam yang dapat merubah warna putih gigi disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Perubahan warna yang disebabkan oleh faktor intrinsik ini lebih sulit dihilangkan.

penyebab gigi bisa berubah warna
Sumber http://guff.com

Berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan warna putih gigi bisa tertutup :

# Minum Teh

Daun teh, khususnya teh merah dan teh hitam, memiliki kandungan zat tanin yang dapat membuat warna gigi menjadi keruh. Tanin yang sudah bercampur dengan zat dari makanan lainnya juga akan lebih memperkeruh warna asli gigi. Jika anda terbiasa mengkonsumsi teh dan ingin gigi tetap bersih maka biasakan minum teh hijau.

# Minuman Berkarbonasi

Jenis minum bersoda, minuman yang dicampur gula, minuman yang mengandung karamel dan minuman yang mengandung asam dapat merusak lapisan enamel gigi. Hindari kebiasaan mengkonsumsi menimun yang disebut diatas jika menginginkan gigi putih cemerlang.

# Permen

Rasa manis pada permen terbentuk karena adanya campuran gula didalamnya. Gula inilah yang dapat merubah warna gigi. Kebiasaan mengunyah permen yang lama juga beresiko menjadikan gigi rusak.

# Anggur

Semua minuman yang terbuat dari buah anggur mengandung zat tanin yang sama seperti teh merah dan teh hitam. Itulah sebab kenapa warna gigi bisa berubah dari aslinya.

# Saos

Saos yang terbuat dari tomat, cabai maupun kari akan merusak warna alami gigi. Dan bahkan jika saos ini berlama-lama berada di dalam mulut juga berpotensi membuat gigi keropos.

# Kecap Dan Cuka

Kecap dan cuka membuat warna gigi akan lebih kusam dan lebih gelap. Jika anda ingin gigi anda tetap putih bersih maka kurangi konsumsi kecap dan cuka.

# Buah Berwarna

Jenis buah yang memiliki kandungan warna dari polifenol seperti blueberry juga dapat merusak warna alami putih pada gigi. Setelah makan buah berwarna dianjurkan segera membersihkan gigi dengan sikat gigi.

# Jus Botol Atau Kalengan

Rasa jus dalam botol atau kaleng memang sangat menyegarkan, namun kandungan asam dialamnya dapat merusak warna gigi yang putih.

Cara Memutihkan Gigi Yang Kuning Secara Alami

Sebagian kecil orang menghabiskan uang untuk memutihkan gigi dengan cepat di klinik atau dokter gigi. Banyak juga yang beranggapan, dengan menggosok gigi 2x sehari sudah cukup membuat gigi putih dan mencegah gigi berlubang.

Sebenarnya itu masing kurang, anda harus menggunakan beberapa bahan alami dibawah ini agar mendapatkan gigi putih, bersih dan sehat serta biaya yang sedikit.

1. Siwak

kayu siwak
Sumber http://brush-yourteeth.blogspot.co.id

Sejarah mencatat, siwak pada jaman Mesir Kuno sudah biasa digunakan masyarakat sebagai bahan pembersih gigi, gusi dan mulut. Anda bisa memanfaatkan pohon siwak pada bagiah dahan atau akarnya.

Umat Islam juga sudah mengenal siwak sejak Nabi Muhammad SAW dan menggunakan siwak juga termasuk sunnah rosul. Berikut cara menggunakan siwak untuk menghilangkan noda dan memutihkan gigi :

  1. Ambil dahan atau akar siwak
  2. Lembutkan salah satu ujungnya dengan ditumbuk
  3. Gosokkan ke seluruh permukaan gigi secara perlahan
  4. Lakukan selama 10 menit
  5. Lalu bersihkan dengan berkumur air hangat

2. Daun Mimba

Mungkin terdengar asing, daun mimba bisa digunakan sebagai bahan tradisional untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut. Cukup ambil minyak daun mimba dan campurkan dengan pasta gigi, lalu gosokkkan ke gigi 2x sehari.

3. Jahe

jahe
Sumber http://www.livestrong.com

Jahe juga berkhasiat untuk membuat gigi lebih putih dan membersihkan noda kuning pada gigi. Ambil jahe yang sudah bersih secukupnya, lalu di blender hingga berbentuk pasta, kemudian gosokkan pada gigi. Terakhir berkumur dengan air hingga bersih.

4. Arang Kayu

arang kayu
Sumber http://vdeltagoods.com

Memang aneh, memutihkan sesuatu dengan bahan yang jelas berwarna hitam legam. Namun harus anda ketahui, arang kayu ini sangat ampuh dan efektif membersihkan warna kuning pada rongga-rongga dalam gigi.

Tapi, menggunakan arang kayu sebagai pemutih gigi ini jangan berlebihan. Karena dapat mengikis email gigi, yang dapat menyebabkan rasa ngilu dan sakit gigi.

  1. Persiapkan arang kayu yang bersih secukupnya
  2. Tumbuk halus hingga menjadi bubuk
  3. Gosokkan bubuk arang kayu tersebut pada gigi dengan perlahan
  4. Lakukan selama 10 menit
  5. Berkumur dengan air hangat

5. Kulit Jeruk

kulit jeruk
Sumber http://www.glorioustreats.com

Mulai sekarang, jangan buang kulit buah jeruk yang habis Anda makan. Selain bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat, kulit jeruk juga bermanfaat untuk merawat dan memutihkan gigi secara alami. Dengan pemakaian yang rutin, juga akan menyehatkan gusi dan bebas dari kuman.

  1. Ambil kulit dari buah jeruk yang baru dikupas
  2. Kerok bagian putih (bagian dalam) hingga habis
  3. Gunakan sebagai pengganti odol dengan cara disikatkan pada gigi menggunakan sikat gigi
  4. Berkumurlah menggunakan air hangat

6. Buah Stroberi

buah stroberi
Sumber https://www.almanac.com

Selain memiliki rasa yang lezat dan nikmat, buah strawberry juga berkhasiat untuk memutihkan gigi. Buah stroberi ini juga memiliki fungsi yang sama dengan apel, wortel dan seledri yang berfungsi untuk menghilangkan warna kuning pada gigi.

Tidak ada cara khusus untuk merawat gigi agar putih menggunakan bahan-bahan tersebut. Cukup dikonsumsi seperti biasanya, kunyah agak lama supaya bisa merata ke seluruh bagian gigi.

7. Pasta Gigi Alami

Kamu harus mencoba pasta gigi alami yang terbuat dari kulit jeruk dan daun salam. Ramuan pasta gigi ini tidak perlu lagi diragukan khasiatnya. Cara memutihkan gigi dengan pasta gigi alami :

  1. Sediakan daun salam dan kulit jeruk secukupnya
  2. Keringkan pada sinar matahari hingga kadar airnya hilang
  3. Tumbuk halus dan tambahkan sedikit air
  4. Gosokkan pada gigi menggunakan sikat gigi
  5. Berkumurlah dengan air hangat hingga bersih

8. Permen Karet

Mengunyah permen karet berlama-lama juga membantu memutihkan gigi dengan cepat. Sisa-sisa makanan akan ikut menempel pada permen karet tersebut. Bahkan saat ini sudah ada permen karet yang khusus digunakan untuk membantu memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.

9. Kulit Pisang

Selain bermanfaat untuk kecantikan, kulit pisang juga berkhasiat untuk membersihkan noda sisa makanan dan plak kuning yang menempel di gigi. Cara memutihkan gigi kuning dengan kulit pisang yaitudengan menggosok-gosokkannya pada gigi selama 2 menit, kemudian sikat hingga bersih.

10. Minyak Kelapa

minyak kelapa
Sumber http://www.well-beingsecrets.com

Siapa yang menduga jika minyak kelapa juga dapat memutihkan gigi dan sekaligus mencegah plak pada gigi. Minyak kelapa ini memang kaya manfaat bagi kehidupan manusia.

  1. Ambil 1 sendok minyak kelapa
  2. Oleskan pada gigi secara merata
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Kemudian buang dan berkumur hingga bersih
  5. Sikat gigi anda hingga bersih

11. Lemon Dan Garam

Fungsi garam hampir sama dengan arang kayu, secara alami efektif untuk memutihkan gigi yang kuning. Namun perlu diingat, usahakan penggunaannya jangan berlebihan karena dapat mengakibatkan gigi rusak.

  1. Ambil buah lemon kemudian peras
  2. Air perasan tersebut dicampur dengan sedikit garam
  3. Aduk secara merata hingga membentuk pasta
  4. Gosokkan pada gigi seperti biasanya
  5. Bersihkan dengan berkumur pakai air hangat

12. Baking Soda

baking soda
Sumber https://www.medicalnewstoday.com

Cara memutihkan gigi yang berikutnya memakai baking soda. Bahan ini mungkin lebih dikenal sebagai bahan campuran pembuat roti dan kue. Baking soda memiliki sifat abrasif yang juga bermanfaat untuk mengangkat kotoran kecil pada sel-sel gigi. Perlu diingat, pemakaiannya jangan berlebihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi.

  1. Siapkan baking soda secukupnya, campurkan dengan air hangat
  2. Aduk-aduk hingga membentuk pasta
  3. Oleskan ke seluruh permukaan gigi selama 15 menit
  4. Kemudian sikat gigi menggunakan pasta gigi biasanya

13. Hidrogen Peroxida

hidrogen peroxida
Sumber http://jatim.tribunnews.com

Ini adalah salah satu bahan kimia yang dapat dipakai untuk memutihkan gigi. Produk ini biasanya digunakan sebagai pemutih makanan. Hidrogen Peroxida banyak dijual di apotik. Gunakanlah hidrogen peroxida yang berlabel food grade (aman dikonsumsi).

  1. Siapkan 1 sendok hidrogen peroxida, lalu campur dengan segelas air
  2. Pakailah larutan tersebut untuk berkumur
  3. Atau bisa juga memakai hidrogen peroxida sebagai pasta gigi dengan mencampurnya dengan baking soda
  4. Perhatian, jangan berlebihan menggunakan hidrogen peroxida karena dapat merusak gigi. Saran terbaik, gunakan minimal 1 bulan satu kali.

14. Cuka Sari Apel

cuka sari apel
Sumber https://www.wellandgood.com

Hasil penelitian membuktikan bahwa cuka sari apel dapat menghilangkan noda pada gigi, khususnya noda yang disebabkan oleh kafein dan nikotin.

  1. Sediakan 2 sendok cuka sari apel
  2. Campurkan dengan setengah gelas air
  3. Gunakan untuk berkumur selama 1 menit
  4. Terakhir gosok gigi anda seperti biasanya

15. Obat Kumur

Obat kumur memiliki beragam kandungan yang dapat membersihkan dan memutihkan gigi. Tapi hindari obat kumur yang mengandung alkohol karena justru akan membuat gigi semakin kusam.

16. Bersihkan Gigi Dengan Benang

bersihkan gigi dengan benang
Sumber http://www.stomatologijavukic.com

Benang bisa dijadikan bahan untuk membersihkan gigi. Sikat gigi secara naik turun menggunakan benang yang bersih. Ini adalah cara untuk menghilangkan semua noda yang tertinggal di sela-sela gigi.

17. Biji Pinang

Biji buah pinang ini bukan hanya bermanfaat untuk memutihkan gigi kuning secara alami tapi juga berkhasiat untuk memperkuat gigi dan menyehatkan gusi.

  1. Bakar biji buah pinang hingga hangus menghitam
  2. Tumbuk hingga halus dan campurkan air hangat
  3. Gosokkan pada bagian gigi menggunakan kain
  4. Lalu berkumur dengan air hangat hingga bersih

18. Mengkonsumsi Susu

Ada banyak jenis susu yang berkhasiat untuk memutihkan gigi, seperti yoghurt, ice cream, keju dan lainnya. Susu mengandung kalsium yang sangat tinggi yang juga bermanfaat untuk menjadikan gigi lebih kuat.

19. Konsumsi Makanan Pembersih Gigi

Ada beberapa jenis makanan yang sangat disarankan karena dapat membantu membersihkan gigi dari noda, seperti apel, wortel, sayuran, buah per, dll. Beberapa makanan ini bisa anda konsumsi selepas makan siang atau malam hari sebelum gosok gigi.

20. Menyikat Gigi Dengan Benar

Malas menggosok gigi merupakan penyebab utama gigi berwarna kuning. Usakan setiap hari menyikat gigi secara rutin 2-3 kali, dengan jangkan waktu 3 menit. Pastikan teknik menyikatnya dilakukan dengan benar, jangan terlalu keras dan gunakan sikat gigi yang bertekstur lembut.

21. Rutin Ke Dokter Gigi

Periksakan kesehatan gigi anda secara teratur ke dokter, minimal 6 bulan sekali. Ini berfungsi untuk mengetahui bilamana terjadi masalah pada gigi agar bisa dilakukan tindakan secepatnya.

Tips Merawat Gigi Agar Tidak Kuning

tips merawat gigi agar tidak kuning
Sumber http://www.lifestylebypoliquin.com

Ada banyak hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghindari warna putih gigi berubah. Hindari semua jenis makanan yang meninggalkan noda pada gigi seperti rokok, kopi, teh, alkohol, anggur dan lain sebagainya.

Berikut tips lengkapnya :

Menggosok Gigi Secara Rutin

Jarang sikat gigi termasuk salah satu faktor yang menyebabkan gigi berwarna kuning. Fungsi dari gosok gigi ini adalah untuk membersihkan bakteri, sisa makanan serta mengembalikan warna alami gigi. Pakailah sikat yang bertekstur lembut dan tidak kasar agar tidak melukai gusi.

Berhenti Merokok

Tembakau pada rokok mengandung nikotin yang dapat membuat gigi kuning secara cepat. Nikotin pada rokok dapat menyebabkan noda yang melekat pada gigi dan terakumulasi menutupi warna alami gigi hingga menjadi kuning. Berhenti merokok juga dapat membuat hidup lebih sehat.

Memakai Sedotan

Memang terkesan aneh, namun siapa sangka meminum kopi, teh dan jenis minuman lainnya menggunakan sedotan turut mencegah perubahan warna gigi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah benturan langsung antara zat dalam minuman dengan gigi.

Hindari Makanan Panas Atau Terlalu Dingin

Makanan dan minuman yang memiliki suhu terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak tingkat sensitifitas gigi. Pada akhirnya akan membuat kerusakan pada email gigi. Oleh karena itu pastikan makanan anda tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Jaga Kebersihan Lidah

Lidah memiliki sifat elastis yang dapat menyentuh gigi. Jika lidah kotor maka gigi pun akan ikut kotor dan berubah warnanya. Jaga kebersihan lidah semaksimal mungkin. Gunakan sikat khusus untuk membersihkan lidah agar tidak terasa sakit.

Ganti Sikat Gigi Secara Berkala

Sikat gigi yang dipakai dalam jangka waktu yang lama menyebabkan penumpukan bakteri didalamnya. Jadi lakukan gosok gigi dengan sikat yang benar-benar bersih agar warna gigi tetap putih.

Berkumur-Kumur

Sering-seringlah berkumur, ini untuk membantu membuang sisa-sisa makanan yang terdapat di celah gigi. Anda bisa menggunakan air putih biasa atau air cuka apel untuk berkumur.

Cukup mudah kan? Meskipun bahan-bahan alami pemutih gigi yang disebutkan diatas itu sepele, khasiatnya tidak diragukan lagi untuk memutihkan gigi yang kuning. Cobalah salah satu bahan alami diatas dan tunggulah hasilnya dalam beberapa hari.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*