27 Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami, Cepat Dan Mudah

cara memerahkan bibir hitam secara alami cepat dan mudah

Senyuman akan terlihat sempurna dengan deretan gigi putih berkilau dan bibir merah merekah. Bibir yang kusam dan menghitam akan membuat penampilan kita kurang sempurna. Bibir merah merona secara alami menjadi poin tambahan untuk penampilan kita. Namun sayangnya, tidak semua orang dikaruniai bibir merah.

Bagi kaum hawa, memiliki bibir merah akan membuat semakin cantik dan seksi serta timbul rasa percaya diri yang tinggi sehingga membuat mereka bisa tersenyum lepas. Bibir merah natural juga membuat wajah kelihatan lebih segar. Banyak para perempuan yang memoles bibir mereka menggunaan lipstik yang tersedia dengan berbagai merk.

Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini banyak sekali lipstik yang beredar di pasaran dengan beraneka macam warna yang akan membuat bibir akan lebih menarik dan menawan. Sayangnya, banyak alat kosmetik untuk memperindah bibir ini ditengarai mengandung bahan-bahan berbahaya, contohnya mengandung racun timbal, triclosan dan ftalat yang dapat berefek negatif bagi kesehatan tubuh.

Beberapa efek samping yang bisa saja terjadi jika terlalu sering menggunakan lipstik :

  1. Jika terlalu sering memakai lipstik maka akan membuat bibir kering dan pecah-pecah
  2. Ada beberapa merk lipstik yang mengandung bahan kimia. Kandungan ini sangat berbahaya bagi tubuh, dan dapat menimbulkan penyakit kanker
  3. Pewarna pada lipstik hanya bersifat sementara. Jika dibersihkan maka tak jarang bibir berubah menjadi gelap dan kusam

Penyebab Bibir Berwarna Kusam

penyebab bibir berwarna kusam
Via http://www.nbtips.com

Sebenarnya, penyebab utama bibir terlihat kusam dan gelap adalah karena terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung, menggunakan kosmetik kualitas rendah, merokok, minum kopi, alergi dan hormon yang tidak seimbang. Bisa juga disebabkan oleh faktor gen (keturunan).

Meskipun warna natural bibir manusia adalah merah, namun bibir dapat mengalami perubahan warna yang disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari luar maupun faktor dari dalam.

  1. Hiperpigmentasi. Ini adalah proses penumpukan melanin dalam tubuh. Penyebabnya karena terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung. Bibir yang mengalami hiperpigmentasi biasanya akan berwarna gelap di bagian atasnya saja.
  2. Gaya Hidup. Pola makan dan tidur yang tidak teratur juga mempengaruhi perubahan warna pada bibir. Kurangnya mengkonsumsi vitamin B juga memicu warna bibir menjadi gelap.
  3. Berhati-hatilah memilih kosmetik karena banyak lipstik di pasaran yang dijual dengan harga murah. Kandungan kimia seperti pewarna dan parfum pada lipstik juga dapat menyebabkan alergi dan menjadikan kulit bibir hitam.
  4. Kelainan Genetis. Warna gelap di bibir juga disebabkan oleh sindrom, yaitu kelainan genetis sehingga warna kusam tersebut tampak tidak merata dan menyerupai benjolan.
  5. Zat Kimia. Tar dan nikotin pada rokok serta kafein pada kopi juga ikut mempengaruhi berubahnya warna bibir. Zat kimia ini dapat mengurangi asupan oksigen pada pembuluh darah di bibir.
  6. Kurangnya konsumsi cairan pada tubuh juga berdampak terhadap kusamnya warna bibir. Bibir yang kering karena dehidrasi akan mudah mengelupas sehingga warna natural bibir akan menghilang.
  7. Iritasi Kulit. Ini dapat merusak struktur jaringan kulit pada bibir. Biasanya ini disebabkan oleh penggunakan obat atau kosmetik yang tidak tepat.
  8. Kurang Vitamin C. Kurangnya asupan vitamin C juga berpengaruh pada bibir. Bibir akan terlihat kusam dan kurang fresh.
  9. Kurangnya asupan makanan yang banyak mengandung zat besi maka akan menyebabkan produksi sel darah merah menurun. Ini juga dapat membuat bibir menjadi kusam dan gelap.

Tips Mudah Memerahkan Bibir Memakai Bahan Alami

Bibir (labia oris) ini merupakan anggota tubuh yang sangat unik karena tidak mempunyai kelenjar minyak, sehingga tidak mengeluarkan keringat. Pada bagian luar bibir ini terdapat pembuluh kapiler yang membawa darah dari jantung. Bibir juga memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan kulit lainnya, sehingga bisa nampak pembuluh darah yang membuat bibir memiliki warna merah yang indah.

Dari keterangan diatas, bisa disimpulkan bibir tidak dapat menjaga kelembabannya dan juga warna bibir secara alami sudah sudah berwarna merah. Jika tidak dirawat dengan baik maka bibir akan mudah kering dan pecah-pecah. Inilah yang membuat bibir terlihat kusam.

1. Jeruk Nipis

jeruk nipis
Via https://www.africaresource.com

Jeruk nipis ini kaya akan vitamin C yang sangat bagus untuk kulit, seperti menghilangkan komedo dan jerawat serta memutihan kulit. Selain itu, jeruk nipis juga bermanfaat untuk membuat bibir merah secara alami tanpa efek samping serta mengangkan sel kulit mati penyebab bibir pekat. Namun bahan jeruk nipis ini tidak dianjurkan bagi yang sedang mengalami sariawan.

  1. Ambil 2 sendok perasan air jeruk nipis
  2. Campurkan air hanggat 2 sendok makan
  3. Aduk secara merata, lalu oleskan pada bibir
  4. Biarkan selama 15 menit
  5. Kemudian bilas dengan air hangat
  6. Anda juga bisa mencampurkan perasan jeruk nipis ini dengan madu

2. Daun Mint

daun mint
Via https://alwayshealthyliving.com

Daun mint memiliki sifat menyegarkan dan bikin fresh pada bibir. Bahan alami ini juga berkhasiat membuat bibir tampah lebih merah. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan daun mint pada bibir secara merata.

3. Bawang Putih

bawang putih
Via https://www.davidwolfe.com

Menurut pakar kesehatan, manfaat bawang putih sangat ampuh untuk kesehatan rambut, organ dalam tubuh dan kulit, termasuk juga bibir. Memang aneh, tapi buktinya bawang putih juga bisa dijadikan bahan alami pengganti lipstik untuk memerahkan bibir Anda. Berikut tahapan caranya :

  1. Kikis bagian kulit bibir yang terkelupas
  2. Ambil 1 siung bawang putih, potong menjadi 2 bagian
  3. Lalu oleskan pada bibir secara perlahan-lahan karena terasa sedikit menyengat
  4. Lakukan berulang kali, lalu bersihkan bibir dengan tissue

4. Daun Ketumbar

Fungsi daun ketumbar hampir sama dengan daun mint. Caranya ambil 2 daun ketumbar lalu tumbuk hingga menjadi halus. Lalu oleskan ke area bibir secara merata dan diamkan hingga mengering.

5. Lemon

lemon
Via http://www.sobeys.com

Khasiat buah lemon sering digunakan untuk perawatan kulit. Namun Anda juga bisa memakainya sebagai pemerah bibir secara natural. Lemon memiliki kemampuan yang baik untuk mencerahkan bibir gelap.

  1. Resep pertama, peras buah lemon dan oleskan pada bibir sesaat sebelum tidur. Lakukan ini tiap hari secara rutin.
  2. Resep kedua, ambil irisan lemon dan taburkan sedikit gula, lalu gosokkan pada bibir. Ini berfungsi untuk meregenerasi sel kulit mati pada bibir agar nampak terlihat segar.
  3. Resep ketiga, siapkan setengah sendok perasan lemon, campurkan dengan madu dan gliserin, oleskan pada bibir sebelum tidur.

6. Gula Pasir

gula pasir
Via https://www.rodalewellness.com

Gula merupakan bahan alami yang memiliki sifat eksfoliator yang baik buat bibir. Rasa manis pada gula dapat meregenerasi sel kulit mati di area bibir.

  1. Resep satu, ambil 3 sendok gula pasir dan 2 sendok mentega, aduk hingga mengental. Lalu gosokkan pada bibir secara rutin dan teratur.
  2. Resep dua, sediakan 1 sendok teh gula, 1 sendok madu dan setengah sendok minyak almond. Aduk hingga bercampur menjadi satu. Oleskan pada bibir.

7. Garam

garam
Via http://www.friskacare.com

Garam memang sangat efektif untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Dan bila garam dicampurkan dengan minyak zaitun, maka akan berfungsi dengan baik untuk memerahkan bibir. Berikut dibawah ini cara memerahkan bibir dengan garam dapur :

  1. Ambil 1 sendok garam dan 1 sendok minyak zaitun
  2. Aduk secara merata, lalu oleskan pada bibir
  3. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air
  4. Gunakan 3 kali dalam seminggu secara teratur

8. Akar Bit

Bahan pemerah bibir alami lainnya adalah akar bit. Ini berkhasiat untuk mencerahkan kulit bibir yang hitam menggelap. Anda bisa mengambil sari akar bit lalu oleskan pada bibir di malam hari menjelang tidur. Bersihkan saat bangun tidur. Anda juga bisa mencampur sari akar bit ini dengan sari wortel.

9. Buah Alpukat

alpukat
Via https://www.cbsnews.com

Buah alpukat memang banyak memiliki manfaat bagi kulit, salah satunya adalah untuk memerahkan bibir yang hitam

  1. Ambil bagian dalam buah alpukat
  2. Blender atau haluskan, lalu oleskan pada bibir secara merata
  3. Gunakan secara teratur supaya bisa maksimal hasilnya

10. Lidah Buaya

gel lidah buaya
Via http://www.stylecraze.com

Lidah buaya memiliki sifat mencerahkan bibir dan mengangkan sel kulit mati. Efek dingin pada lidah buaya juga berfungsi sebagai pelembab alami yang baik.

  1. Ambil gel lidah buaya dalam daging daun
  2. Oleskan pada bibir dan diamkan selama 10 menit
  3. Bilas dengan air

11. Madu

madu murni
Via http://healthyleo.com

Madu merupakan obat herbal yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Ternyata, madu juga berfungsi untuk mencerahkan bibir yang hitam secara alami dan melembabkan bibir, tanpa efek samping.

  1. Ambil 1 sendok madu murni
  2. Oleskan pada bibir secara merata
  3. Diamkan selama 10-15 menit
  4. Kemudian bersihkan dengan air hangat
  5. Gunakan secara rutin agar mendapatkan hasil yang sempurna
  6. Madu bisa dikombinasikan dengan jeruk nipis

12. Es Batu

es batu
Via http://hariangadis.com

Es batu memiliki sifat dingin dan menenangkan. Efek dingin es batu dapat memicu pembuluh darah agar mengalir dan memberi nutrisi pada bibir, sehingga akan tampak lebih merah. Caranya dengan menggosokkan es batu yang bersih pada bibir, selama 5 menit.

13. Minyak Zaitun

minyak zaitun
Via https://www.naturallycurly.com

Ini merupakan minyak yang banyak memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Selain itu juga berkhasiat untuk mempermerah dan melembutkan bibir agar lebih nampak cerah dan lembut.

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir secara merata setiap hari. Anda bisa mencampur minyak zaitun dengan setengah sendok teh gula. Ini berfungsi untuk mengembalikan warna natural bibir.

14. Susu

susu
Via http://www.bbc.com

Susu banyak memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya untuk melembabkan area bibir dan memerahkannya dengan mudah.

  1. Ambil susu dan campurkan dengan gliserin
  2. Oleskan pada bibir saat malam hari sebelum tidur
  3. Cuci pagi hari saat bangun tidur

15. Minyak Kacang Almond

minyak kacang almond
Via http://www.stylecraze.com

Kacang almond banyak mengandung vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin E pada kacang almond terdapat minyak yang berfungsi untuk mencerah bibir yang gelap dan kusam sehingga tampak merah alami.

Minyak kacang almond ini juga berfungsi untuk menjaga bibir agar tidak kering dan mengelupas. Mengoleskan minyak kacang almond pada bibir secara rutin maka akan menjaga kelembaban bibir.

16. Pasta Gigi

Iya, pasta gigi juga sangat ampuh untuk meregenerasi sel kulit mati pada bibir. Bahan ini cukup mujarab untuk memerahkan bibir yang berwarna gelap. Anda bisa mengoleskan pasta gigi pada bibir pada malam hari menjelang tidur dan membersihkannya di pagi hari.

17. Buah Delima

buah delima
Via https://www.drfuhrman.com

Pada biji delima terdapat kandungan anthocyaniin yang berguna untuk memerahkan bibir gelap. Caranya tinggal oleskan biji buah delima pada bibir selama 5 menit. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil bibir merah merekah yang maksimal.

18. Kunyit

kunyit
Via https://dailypost.in

Kunyit merupakan obat herbal tradisional yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kandungan dalam kunyit juga berfungsi untuk membuat bibir jadi lebih merah merona.

  1. Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit
  2. Campurkan dengan 1 sendok madu, lalu aduk
  3. Oleskan pada bibir, lakukan pijatan pelan
  4. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan

19. Cabai

Cabai merupakan bahan alami yang terasa pedas di lidah sehingga dapat menaikkan suhu tubuh dan dapat merubah warna kulit, termasuk juga menjadikan bibir berwarna merah. Mengkonsumsi cabai ini tidak dianjurkan bagi penderita penyakit maag.

20. Kentang

kentang
Via http://www.medicalnewstoday.com

Bahan alami berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk memerahkan bibir hitam adalah kentang. Anda tinggal mengiris menjadi kecil-kecil, lalu tempelkan irisan tersebut pada bibir seraya digosok-gosokkan.

21. Ketimun

Mentimun memang populer berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah, termasuk juga bibir. Iris timun menjadi kecil lalu tempelkan irisan tersebut pada bibir. Gosokkan selama 5 menit setiap hari.

22. Baking Soda

Baking soda mampu membersihkan sel kulit mati sekaligus membuat bibir menjadi merah natural. Caranya campur baking soda dengan air hingga membentuk menjadi pasta, lalu gosokkan pada bibir selama 3 menit. Lalu bersihkan. Setelah itu gunakan minyak zaitun agar bibir lembab dan tidak kering.

23. Air Mawar

air mawar
Via https://www.dermatocare.com

Air Mawar bersifat menenangkan, mendinginkan dan melembabkan. Air mawar juga memiliki kandungan yang dapat membuat cerah warna bibir yang gelap.

  1. Ambil kelopak bunga mawar secukupnya
  2. Rendam dengan dicampurkan susu selama 30 menit
  3. Tambahkan beberapa tetes gliserin dan madu
  4. Gosokkan pada bibir selama 5 menit
  5. Diamkan beberapa saat, lalu bilas
  6. Anda juga bisa mencampurkan air mawar ini dengan madu atau mentega.

24. Yogurt

Yogurt memang terkenal ampuh dan biasa digunakan untuk perawatan wajah. Bahan ini juga dapat memerahan bibir yang gelap. Caranya dengan mengkonsumsi atau juga bisa mengoleskan yogurt pada bibir selama 15 menit, lalu bersihkan.

25. Mentega

mentega
Via http://historyhole.com

Mentega ini mengandung minyak alami yang membantu mengembalikan warna merah pada bibir serta melembabkannya. Cara pakainya pun cukup mudah, tinggal oleskan mentega pada bibir secara merata setiap hari, saat pagi dan malam hari menjelang tidur.

26. Buah Bit

Buat bit memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit bibir. Buah bit dapat melembabkan dan mengangkat sel kulit mati.

  1. Potong-potong kecil buah bit, kemudian letakkan di kulkas
  2. Diamkan hingga dingin, lalu ambil dan gosokkan pada bibir
  3. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan

27. Stroberi

stroberi
Via http://jonvilma.com

Buah strowberry memiliki warna merah alami yang juga bisa Anda gunakan untuk mengubah bibir gelap menjadi merah. Cara pemakaiannya cukup mudah, tinggal langsung menggosokkan irisan buah tersebut ke bibir secara perlahan.

Dan masih banyak lagi pemerah alami lainnya yang tergolong dalam buah-buahan yang berwarna merah. Diantaranya adalah buah ceri, cranberry, raspberi, umbi merah.

Tips Melembabkan Bibir Agar Tidak Kering Dan Pecah-Pecah

bibir kering dan pecah-pecah
Via http://oneclickbeautycare.com

Menggosok Bibir

Agar bibir tidak mudah pecah-pecah dan kering maka jika ada kulit bibir yang terkelupas sebaiknya segera dibuang. Kemudian oleskan setetes madu atau gula. Gosok secara perlahan-lahan, lalu bersihkan.

Hindari Menjilat Bibir

Sekilas, menjilaT bibir memang akan membuatnya lembab dan terlihat segar. Namun pada akhirnya akan semakin membuat bibir kusam dan kering. Jadi, janganlah terlalu sering membasahi bibir dengan air ludah karena mengakibatkan warna bibir menjadi kusam.

Minum Air Putih

Bibir akan terlihat segar dan fresh jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Jaga hidrasi tubuh dengan mengkonsumsi air puTIh setidaknya 2-3 liter per hari. Ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Hindari makanan yang mengandung garam yang tinggi karena dapat membuat bibir kering. Selain itu jauhi juga minum kopi dan minuman beralkohol karena ini dapat membuat bibir kering ketika kita bangun tidur.

Hindari Sinar Matahari

Terkena paparan sinar ultraviolet secara langsung juga menjadi salah satu penyebab bibir kering dan muncul bintik-bintik. Jika anda sering beraktifitas di luar ruangan, gunakan pelembab bibir yang aman yang berfungsi sebagai tabir surya.

Jangan Merokok

Berhenti merokok, ini adalah fakta. Banyak penelitian yang berkesimpulan bahwa rokok dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit, termasuk bibir. Kulit para perokok juga lebih cepat keriput karena dapat menyebabkan sel kulit mati dan kolagen mudah hilang. Selain itu bibir para perokok terlihat lebih kusam dan gelap.

Pemakaian Lipstik

Hindari pemakaian lipstik dalam jangka waktu yang terlalu lama karena dapat membuat bibir terlalu kering. Dan juga setelah beraktifitas yang mengharuskan memakai lipstik, biasakan membersihkan bekas lipstik sampai benar-benar bersih.

Hindari Makanan Dan Minuman Yang Terlalu Panas

Makanan dan minuman yang berada dalam suhu terlalu panas maka akan membuat bibir terbakar, sehingga menjadikannya lebih gelap dan kusam. Jadi pastikan semua makanan dan minuman yang Anda konsumsi berada pada suhu yang nyaman.

Inilah beberapa tips menjaga kesehatan bibir dan juga cara memerahkan bibir menggunakan bahan alami yang murah dan mudah didapatkan di sekitaran rumah kita. Semoga artikel referensi kecantikan ini, khususnya untuk menjadikan bibir merah merona, dapat bermanfaat dan menjadikan bibir Anda lebih indah dan menarik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*