Cara Membuat Masker Kopi Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

cara membuat masker kopi untuk menghilangkan bekas jerawat
loading...

Kopi merupakan minuman segar yang biasa dinikmati oleh para lelaki untuk membangkitkan semangat. Khususnya bagi mereka yang sering kerja lembur untuk menghilangkan rasa kantuk dan penat.

Tapi jangan salah, saat ini para wanita juga bisa menikmati manfaat kopi, tapi bukan dengan cara dikonsumsi, melainkan dengan dijadikannya sebagai masker wajah.

Dalam dunia kecantikan, manfaat masker kopi ini adalah untuk mengencangkan kulit wajah dan juga mengecilkan pori-pori kulit. Kandungan kafein dalam kopi juga berkhasiat untuk membersihkan sel kulit mati sehingga wajah akan tampak segar dan lembut.

Selain kafein, beberapa kandungan dalam kopi juga sangat baik untuk kecantikan, khususnya untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya. Diantaranya adalah magnesium, asam alifatik, zat besi, asam klorogenat, potassium, glikosida, asam amino, mineral dan asam organik serta antioksidan.

Manfaat masker kopi lainnya adalah untuk mencerahkan kulit wajah, mengatasi masalah komedo, menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit wajah serta berfungsi sebagai scrub alami untuk memberikan nutrisi pada kulit.

Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu lagi pergi ke salon mengeluarkan uang yang banyak untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cukup maksimalkan dengan bahan alami menggunakan masker kopi secara rutin dan konsisten.

Baca Juga : Jangan Dibuang, Ini Dia 10 Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah Yang Jarang Diketahui

Cara Membuat Masker Kopi Terlengkap

Setelah Anda mengetahui kegunaan masker kopi, berikut dibawah ini akan kami berikan panduan lengkap cara membuat masker kopi untuk menghilangkan bekas jerawat dan permasalahan kulit wajah lainnnya.

1. Masker kopi tanpa campuran

Cara pertama adalah membuat masker kopi murni yang tidak dicampur dengan bahan alami lainnya.

  • Siapkan beberapa butir kopi, lalu sangrai hingga matang dan menghitam
  • Tumbuk kopi hingga halus dan ayak hingga teksturnya menyerupai tepung terigu
  • Ambil bubuk kopi secukupnya dan tambahkan air panas, aduk hingga bercampur rata
  • Adonan kopi tersebut jangan terlalu kental dan jangan terlalu cair
  • Lalu oleskan pada permukaan kulit wajah hingga merata. Hati-hati jangan sampai terkena mata
  • Lakukan pijatan lembut agar komedo dan sel kulit mati bekas jerawat bisa terangkat
  • Biarkan mengering, lalu setelah itu bilas dengan air hangat

Agar manfaat masker kopi ini bisa maksimal, sebaiknya gunakan masker tersebut 2 kali per pekan. Dan khusus bagi Anda yang mengalami jerawat parah maka bisa gunakan masker kopi ini setiap hari.

2. Kopi dan lemon

Perpaduan dua bahan alami antara bubuk kopi dan lemon sangat cocok untuk mengatasi masalah jerawat hingga ke bekas-bekasnya serta dapat menghilangkan komedo. Masker kopi dapat membersihkan sel kulit mati dan manfaat lemon dengan vitamin C-nya berfungsi sebagai nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Cara membuat masker kopi dan lemon adalah dengan mengambil bubuk kopi secukupnya lalu tambahkan air. Aduk-aduk dan kemudian tambahkan air perasan jeruk lemon. Oleskan pada kulit wajah secara merata dan tunggu hingga kering. Setelah itu bilas hingga bersih.

Jika di rumah tidak ada lemon, Anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis. Lemon dan jeruk nipis termasuk jenis buah sitrus yang manfaatnya hampir sama dalam dunia kecantikan, khususnya untuk menjadikan wajah halus, putih dan bersih.

3. Kopi dan madu

Siapa sih yang tidak tau akan manfaat madu? Selain sangat bagus untuk kesehatan tubuh, madu juga memiliki khasiat untuk kecantikan kulit wajah, salah satunya untuk menghilangkan bekas jerawat.

Madu bersifat antiseptik alami yang sangat baik untuk menjaga kulit agar terus sehat. Masker kopi yang dicampur madu akan menghasilkan khasiat yang luar biasa, salah satunya untuk membuat wajah cerah dan segar.

Cara membuat masker kopi dan madu adalah :

  • Siapkan kopi bubuk secukupnya, lalu tambahkan madu
  • Aduk kedua bahan hingga membentuk pasta. Jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental
  • Gunakan masker kopi dan madu tersebut sebagai masker wajah dan diamkan hingga mengering, kurang lebih selama setengah jam
  • Terakhir bilas wajah menggunakan air hangat agar pori-pori kulit menutup kembali

4. Kopi dan susu

Manfaat dari campuran masker kopi dan susu adalah untuk menghilangkan kerutan halus pada wajah agar tampak awet muda dan kenyal. Selain itu jerawat juga akan enggan hinggap di wajah.

Cara membuat masker campuran kopi dan susu adalah dengan menambahkan susu pada kopi dan aduk hingga membentuk pasta. Aplikasikan masker tersebut pada wajah seperti biasanya dan tunggu sampai benar-benar kering. Kemudian bilas hingga bersih.

5. Kopi dan minyak zaitun

Kita sudah tidak heran lagi akan kegunaan minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah, sebab bahan yang satu ini memang sangat populer. Ada beragam manfaat yang akan didapatkan jika menggunakan masker kopi yang dicampur dengan minyak zaitun, terutama untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Cara membuat dan pengaplikasiannya adalah seperti biasanya. Campurkan kopi dan minyak zaitun, aduk hingga menjadi pasta. Gunakan sebagai masker wajah secara merata dan keringkan.

Artikel Lain : 9 Scrub Untuk Wajah Berjerawat Dan Berminyak Serta Cara Pemakaiannya

6. Kopi dan yogurt

Yogurt cukup populer dalam dunia kesehatan. Lalu apakah yogurt juga memiliki khasiat untuk dunia kecantikan, khususnya kulit wajah? IYA. Kandungan asam laktat pada yogurt diyakini dapat membuat kulit lebih bersih dan putih.

Perpaduan yogurt dan kopi tentu sangat efektif mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah. Cara membuatnya adalah seperti biasanya. Tinggal oleskan pada wajah dan ditunggu hingga kering. Terakhir bersihkan.

Catatan : Setelah pemakaian masker kopi ini sebaiknya tepuk-tepuk dengan lembut. Kemudian setelah itu pakailah pelembab alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Nah, sekarang sudah tau kan cara membuat masker kopi untuk menghilangkan bekas jerawat dan bahan alami apa saja yang bisa dipadukannya. Sekarang tinggal praktek secara rutin dan teratur karena semuanya tidak akan diperoleh dengan cara yang instan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*