Cara Membuat Bibir Merah Merona Dengan Pasta Gigi

Bibir yang berwarna merah merona memang selalu menarik perhatian. Bagi kaum hawa, bibir merah ini melambangkan sensualitas dan menjadi kebanggaan tersendiri agar bisa tampil percaya diri. Sehingga tidaklah heran jika di dalam tas para wanita selalu tersedia lipstik karena ini alat kosmetik penting yang harus dibawa kemana saja untuk menunjang penampilan.

Pada dasarnya, bibir manusia memiliki warna natural merah atau pink. Warna merah ini dikarenakan sel pembuluh darah yang terlihat di dalam bibir. Jika dibandingkan dengan kulit tubuh yang lainnya, kulit bibir memiliki lapisan kulit yang lebih tipis. Lapisan kulit pada bibir hanya terdiri dari 6 lapisan dan sedangkan pada kulit tubuh terdiri dari 16 lapisan. Itulah yang menjadikan bibir terlihat merah alami.

Namun karena disebabkan beberapa hal, warna bibir terkadang berubah menjadi gelap dan menghitam. Ada beberapa faktor penyebab bibir berubah menjadi hitam, seperti sering terkena paparan sinar matahari, pemakaian lipstick yang salah, tubuh kurang cairan, merokok, faktor keturunan dan lainnya. (Baca Juga : Penyebab Bibir Hitam Dan Pecah-Pecah Serta Cara Mengatasinya).

loading...

Namun Anda tidak usah berkecil hati, sebab ada cara alami untuk menjadikan bibir kembali berwarna merah merekah. Ada banyak bahan tradisional yang ampuh untuk memerahkan bibir secara permanen, seperti madu, gula pasir, kunyit, mentimun, buah jeruk nipis, buah alpukat, es batu, air mawar dan pasta gigi. Nah, artikel kali ini kita akan fokus membahas cara membuat bibir merah dengan pasta gigi.

Apa Benar Pasta Gigi Ampuh Untuk Membuat Bibir Merah?

pasta gigi untuk memerahkan bibir
Via http://www.huffingtonpost.com

Kegunaan utama dari pasta gigi ini memang sebagai pembersih gigi, yaitu untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada gigi dan juga menjadikan gigi putih bersih. Namun, ada beberapa manfaat lain dari pasta gigi, salah satunya adalah digunakan sebagai bahan alami untuk memerahkan bibir yang hitam dan gelap. Selain mudah dicari, untuk mendapatkan pasta gigi ini juga tidak harus mengeluarkan kocek yang banyak.

Salah satu cara untuk mengembalikan warna merah bibir yang menghitam adalah dengan menggunakan pasta gigi. Namun perlu diingat, pilihlah pasta gigi (odol) yang tidak mengandung deterjen, tidak berbentuk gel dan berwarna putih. Artinya, Anda harus menggunakan pasta gigi organik agar bisa memerahkan bibir yang hitam tersebut.

Praktek memerahkan bibir menggunakan pasta gigi organik ini sangat ampuh. Lapisan kulit bibir yang kering dan sudah mati akan dikikis dan meregenerasi dengan lapisan kulit yang masih baru. Jadi khasiat dari pasta gigi adalah membuang pigmen hitam pada lapisan kulit sehingga bibir akan tampak merah kembali. Kandungan mint dan flouride pada pasta gigi ini mampu membuat bibir hitam kembali berwarna merah merona.

Tapi yang harus diperhatikan, cara membuat bibir merah dengan pasta gigi ini sebaiknya jangan terlalu sering karena dapat mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Pasta gigi memiliki kandungan Sodium Lauril Sulfat (SLS) yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit jika dioleskan dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Kandungan SLS ini dapat mengurangi minyak dan kelembaban pada bibir sehingga bibir akan terlalu kering dan pecah-pecah.

Jadi saat pasta gigi ini dioleskan pada bibir maka dianjurkan selama 3 sampai 5 menit saja. Meskipun terkadang ada juga yang mengoleskan hingga semalaman, yaitu saat sebelum tidur dan dibersihkan pada pagi hari saat bangun tidur. Tentunya resiko mengoleskan pasta gigi dalam waktu semalam ini bukannya malah berubah menjadi merah, malah membuat bibir kering dan tambah hitam gelap.

Kandungan Pasta Gigi Yang Dapat Memerahkan Bibir

kandungan dalam pasta gigi
Via https://sticky.co.id

Pasta gigi ini terbuat dari bahan-bahan abrasif yang dapat mengikis sel kulit mati pada bibir. Seperti silika, kalsium karbonat, alumina, pemanis sorbitol, flavor, gliserol, polietilenglikol, flouride dan lauril sulfat. Sebelum membahas cara membuat bibir merah memakai pasta gigi, sebaiknya kenali dulu beberapa kandungan yang terdapat dalam pasta gigi.

1. Agen Polishing

Hampir 50% bagian pasta gigi terdiri dari agen polishing ini, seperti kapur presipitasi, trikalsium fosfat, alumunium fosfat, magnesium trisilikat, dlsb. Fungsi dari polishing ini adalah untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi.

2. Agen Moistener

Diantaranya adalah gliserin, sorbitol, propilen glikol dan lainnya. Kegunaan dari agen moistener ini adalah untuk membuat pasta lebih keras dan kering.

3. Agen Deterjen dan Foaming

Bahan yang sering digunakan adalah sodium lauril sulfat dan magnesium lauril sulfat. Kedua bahan ini berfungsi untuk membantu reaksi polishing agar gigi bisa bersih dari sisa makanan yang tertinggal.

4. Agen Pengikat

Seperti pati (starch), cum tragacanth, sodium alginat (manucol SA), modified irismoss, propilen glukol. Ini berfungsi untuk menyatukan semua bahan yang terdapat di dalam pasta gigi sehingga pasta akan stabil dan sintetik.

5. Pemanis

Yang sering dipakai sebagai bahan pemanis pasta adalah sakarin dengan konsentrasi 0,1-1,3%. Terkadang ada juga yang memakai gula namun lama kelamaan akan cenderung mengkristal.

6. Pengawet

Bahan pengawet yang digunakan adalah sodium benzoat / sodiumhidroxibenzoat karena memiliki sifat non toksik. Fungsi dari bahan pengawet ini adalah untuk menjaga struktur dari pasta gigi tersebut.

Cara Membuat Bibir Merah Dengan Pasta Gigi

  1. Bersihkan bibir dari sisa lipstik atau lip balm. Pastikan semua kosmetik di bibir telah hilang.
  2. Ambil pasta gigi organik secukupnya lalu oleskan pada area bibir secara merata. Jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis.
  3. Diamkan maksimal selama 5 menit, lalu bilas pakai air hingga bersih. Ingat, sebaiknya olesan pasta gigi pada bibir ini jangan dibiarkan terlalu lama karena karena kulit bibir sangat sensitif sehingga akan menjadi kering dan pecah-pecah.
  4. Agar bibir tidak kering dan pecah-pecah maka disarankan memakai minyak zaitun setelah menggunakan pasta gigi ini.

Catatan Penting! Penggunaan pasta gigi sebagai pemerah bibir ini jangan terlalu sering agar bibir tidak kering. Hindari pemakaian pasta gigi saat bibir sedang tidak sehat seperti terluka, mengelupas atau sariawan.

Tips Perawatan Bibir Agar Selalu Lembab

tips perawatan bibir agar selalu lembab
Via http://www.beautystylo.com

Sebenarnya tidak ada panduan klinis yang menyarankan pemakaian pasta gigi untuk membuat bibir merah. Namun banyak sekali artikel online yang menyajikan informasi bahwa pasta gigi tersebut dapat memerahkan bibir. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan cara memerahkan bibir hitam secara alami menggunakan bahan yang lain, seperti :

  • Minyak zaitun
  • Madu
  • Jeruk nipis
  • Lemon
  • Gula pasir
  • Buah alpukat, dll

Selain itu, hindari bibir terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Jika terpaksa harus beraktifitas di luar rumah maka gunakanlah tabir surya pelindung bibir agar terus lembab, seperti lip balm atau lip gloss. Perbanyaklah minum air putih 2-3 liter per hari agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi karena ini juga mempengaruhi pada kelembaban bibir.

Jangan pernah menggigit atau membasahi bibir dengan air liur karena justru akan membuat bibir semakin kering. Terapkan pola hidup sehat dengan menjauhi hal yang tidak baik seperti merokok dan yang lainnya. Itulah sedikit informasi tentang cara membuat bibir merah dengan pasta gigi dan juga tips perawatan bibir agar selalu lembab dan merah alami.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*