Cara Memasak Beras Merah Agar Empuk Dan Pulen

Keunggulan dan kelebihan beras merah dari jenis beras lainnya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Beras merah banyak mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk menyehatkan tubuh.

Selain itu, beras merah juga kaya akan serat dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk mencegah penyakit diabetes atau kencing manis. Banyak para ahli kesehatan yang menyarankan para penderita diabetes untuk mengkonsumsi beras merah karena berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Begitu juga untuk Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Dengan kandungan serat yang tinggi, mineral dan karbohidrat kompleks, beras merah sangat cocok dijadikan menu diet sehat karena bisa membuat kenyang tahan lama dan sangat baik bagi pencernaan.

Namun dibalik segudang manfaat beras merah tersebut, banyak orang yang tidak suka dan mengeluh akan rasanya yang pera di lidah. Rasa beras merah memang tidak selezat beras putih yang biasa kita konsumsi selama ini. Beras merah memiliki tekstur yang lebih keras, terasa pera dilidah dan jika tidak dimasak dengan benar maka beras ini tidak akan pulen.

Tapi tidak usah berkecil hati, karena kita akan belajar tips cara memasak beras merah agar teksturnya berasa lembut dan jadi pulen sehingga bisa menggugah selera.

Cara Memasak Beras Merah Agar Enak Dimakan

cara memasak beras merah agar enak dimakan
Gambar dari https://www.youtube.com
  1. Cuci beras merah menggunakan air mengalir. Hilangkan semua kotoran dan kemudian tiriskan.
  2. Sebelum dimasak maka sebaiknya rendam beras merah selama 30 menit terlebih dahulu.
  3. Siapkan panci dan kompor yang akan digunakan untuk memasak beras merah. Lalu masukkan beras merah dan air dengan perbandingan 1:3. Contoh, 1 gelas beras merah dan 3 gelas air.
  4. Jika sudah mendidih, maka aduk-aduk beras merah. Diamkan hingga airnya habis.
  5. Saat air sudah habis maka angkat beras merah. Siapkan alat untuk mengukus nasi, bisa pakai dandang atau rice cooker.
  6. Untuk mendapatkan aroma beras merah yang lebih lezat maka lapisi kukusan beras merah dengan daun pisang yang masih segar.
  7. Anda bisa menambahkan 1 lembar daun salam dan 1 lembar daun pandan.
  8. Diamkan sampai beras merah benar-benar matang sempurna.
  9. Hidangkan dalam keadaan masih hangat bersama lauk favorit.

Itulah cara sederhana memasak beras merah yang bisa Anda coba di rumah. Selain bahan tambahan yang disebutkan diatas, Anda juga bisa menambahkan daun jeruk, irisan bawang putih dan bawang merah. Dijamin rasanya pasti pulen dan nikmat.

Sebaiknya sajikan beras merah dengan lauk pauk kesukaan. Dan untuk menu diet nasi merah, maka pakailah lauk telur rebus, ikan bakar, sayur bening, lalapan sayur, tahu atau tempe. Pasti akan nikmat sekali.

Aneka Resep Olahan Beras Merah Agar Enak Dimakan

1. Nasi Goreng

nasi goreng beras merah
Gambar dari https://cookpad.com

Jika ingin sarapan nasi goreng, maka Anda bisa membuatnya dari nasi beras merah. Cara memasak nasi goreng beras merah ini cukup simpel. Bahan yang dibutuhkan nasi merah ½ rice cooker, 3 siung besar bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 lombok merah besar, 1 buah tomat, terasi secukupnya, minyak goreng secukupnya dan 2 telur ayam.

  1. Haluskan semua bumbu dengan cara diulek lalu ditumis
  2. Jika sudah keluar bau harum masukkan telur ayam lalu orak-arik hingga tercampur rata dengan bumbu
  3. Masukkan nasi beras merah, orak-arik lagi, tambahkan garam dan gula secukupnya
  4. Nasi goreng dari beras merah sudah siap disajikan

2. Nasi Merah Bakar

nasi merah bakar
Gambar dari https://cookpad.com

Ini ada nasi merah bakar isi ayam cuwir yang nikmat. Pastinya selera Anda akan tergugah dengan masakan nasi merah yang satu ini.

Bahan : beras merah merah, 2 buah bawang merah, 2 sdm minyak goreng, dada ayam secukupnya, 1 lembar daun salam.

Bumbu : 15 buah cabe rawit, 15 buah bawang merah, daun kemangi secukupnya, minyak goreng secukupnya, garam, gula dan daun pisang.

  1. Bersihkan beras merah lalu masak dengan 2 irisan bawang merah, minyak, daun salam. Tambahkan sedikit garam biar terasa gurih.
  2. Rebus dada ayam sampai matang, lalu suwir-suwir
  3. Ulek semua bumbu sampai halus. Lalu tumis hingga keluar bau wangi, kemudian masukkan nasi merah, daun kemangi sama ayam suwir. Masukkan garam dan gula secukupnya. Aduk-aduk sebentar.
  4. Ambil 1 centong nasi merah lalu letakkan pada daun pisang. Beri 2 sendok ayam suwir. Kemudian tutup rapat seperti lontong.
  5. Kemudian bakar hingga bumbu menyerap

3. Omelet Nasi Merah

omelet nasi merah
Gambar dari https://cookpad.com

Bagi Anda yang punya anak yang masih sekolah, menu omelet nasi merah ini cocok dibuat bekal ke sekolah. Cara memasak omelet nasi merah ini tidak ribet, rasanya lezat dan mengenyangkan.

Bahan : 1 mangkok nasi merah, 3 butir telur ayam, 50 gram keju parut, 2 lembar smoke beef potong kecil-kecil, ½ bawang bombai dicincang, 2 siung bawang putih cincang, ¼ sdm lada bubuk, ½ bks royco, ¼ sdm oregano dan 1 sdm mentega.

  1. Masukkan semua bahan ke dalam wadah, kecuali mentega. Keju parut ambil setengahnya saja. Lalu aduk pakai garpu hingga merata.
  2. Siapkan penggorengan anti lengket dan olesi mentega. Lalu masuk adonan omelet nasi merah dengan api yang kecil. Sesekali dibolak-balik.
  3. Jika sudah matang, angkat dan siap dihidangkan. Taburi dengan sisa parutan keju.

4. Nasi Kuning Beras Merah

nasi kuning beras merah
Gambar dari https://cookpad.com

Bahan : 3 cup beras merah, 65 ml santan, 1 sendok kunyit bubuk, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 lembar daun jeruk, 1 batang serai, gula dan garam secukupnya.

  1. Cuci beras merah dan dimasak dengan rice cooker seperti biasanya.
  2. Ulek kasar semua bahan menjadi satu, lalu masak dengan api sedang hingga harum
  3. Masukkan semua bumbu pada rice cooker, aduk menjadi satu dengan nasi merah
  4. Tunggu hingga matang, lalu hidangkan

5. Nasi Uduk Beras Merah

nasi uduk beras merah
Gambar dari https://cookpad.com

Bahan : 3 cup beras merah, 3 bungkus santan kara, 2 sendok garam, 1200 ml air, 2 batan serei geprek, 3 lembar daun salam dan 3 lembar daun jeruk.

  1. Cuci beras merah, lalu masak sambil menambahkan serei, daun jeruk, daun salam dan santan.
  2. Aduk-aduk hingga air kering, kemudian kukus beras merah menggunakan dandang
  3. Setelah matang siap disajikan

6. Takoyaki Nasi Merah

takoyaki nasi merah
Gambar dari https://cookpad.com

Bahan : 2 centong nasi merah, 1 bawang merah iris, 1 bawang putih iris kecil, sayur bayam secukupnya, 1 cabe merah iris kecil, 2 sdm olive oil, 2 butir telur, 1 potong ayam suwir, garam dan royco secukupnya.

  1. Kocok telur dan masukkan semua bahan
  2. Ambil cetakan lalu olesi olive oil dan masukkan adonan dan tunggu hingga berwarna coklat keemasan.
  3. Kemudian angkat dan hidangkan dengan saos sambal, tomat dan mayonaise.

7. Kaserol Ayam Nasi Merah

kaserol ayam nasi merah
Gambar dari https://cookpad.com

Bahan : 800 gr nasi merah matang, 100 gr jamur tiram suwir, 1 bawang merah iris, 250 gr keju, 250 ml susu putih cair, 2 telur ayam, sayur bayam, 1 genggam daun ketumbar iris, 1 sdt garam, 1 potong dada ayam kecil-kecil, gula, lada hitam, butter.

  1. Siapkan oven lalu panaskan 350 derajat. Ambil loyang besar kemudian olesi dengan butter.
  2. Siapkan wajan, kemudian tumis bawang merah, jamur tiram, ayam dan lada hitam hingga matang. Tambahkan daun bayam dan tumis hingga layu.
  3. Siapkan mangkok besar, kocok telur dan susu, lalu tambahkan keju dan daun ketumbar. Kemudian masukkan ke wajan yang berisi ayam yang sudah dimasak sebelumnya.
  4. Tambahkan nasi merah matang, garam, gula dan lada hitam. Aduk hingga merata
  5. Kemudian masukkan ke loyang yang sudah dipersiapkan tadi, taburi dengan keju parut. Panaskan selama setengah jam kemudian hidangkan selagi hangat.

Itulah tips cara memasak beras merah dan aneka resep olahan nasi merah agar selera kita bisa tergugah. Selain rasanya akan berubah menjadi nikmat, kita juga bisa mandapatkan khasiat dan manfaat dari beras merah bagi kesehatan tubuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*