10+ Cara Melembabkan Bibir Kering Agar Senyuman Bisa Cantik Menawan

cara melembabkan bibir kering

Hal terpenting agar kita bisa tampil percaya diri setiap hari, khususnya ketika kita bertemu dengan banyak orang adalah merasa nyaman dengan keadaan kita.

Penampilan yang sempurna memang menjadi kunci utama yang dapat meningkatkan rasa pede. Salah satu bagian yang selalu menjadi perhatian banyak orang adalah bibir.

Memiliki bibir kering, kusam dan pecah-pecah memang selalu menjadi masalah. Jangankan untuk bertemu dengan banyak orang, mau selfie saja rasanya sudah gak pede.

Bukan saja tidak enak dipandang, bibir kering dan kusam juga pertanda bibir tidak mendapatkan perawatan yang maksimal.

Namun Anda tidak usah khawatir, karena ada beberapa cara mudah dan cepat mengatasi bibir kering supaya bisa lembab dan sensual.

Baca Juga : Cara Alami Untuk Mengatasi Agar Bibir Tidak Kering Dan Pecah-Pecah

Cara Melembabkan Bibir Kering Dan Mengelupas

Seperti kita ketahui bersama bahwasanya kulit bibir ini sangatlah tipis, jauh lebih tipis dibanding kulit tubuh yang lainnya. Itulah sebabnya pembuluh darah nampak jelas terlihat pada bibir yang merah.

Jika kita tidak pintar merawatnya, kulit bibir yang tipis ini rentan mengalami perubahan sebab cuaca. Terutama ketika bibir sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, akan cepat kering dan pecah-pecah.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering tersebut, sehingga akan tampak lembab dan segar sepanjang hari.

1. Lemon

Di dalam buah lemon terkandung vitamin C dan asam amino yang mampu menyehatkan kulit bibir. Selain berfungsi untuk melembabkan bibir kering, lemon juga dapat membantu memerahkan bibir yang hitam.

Caranya adalah :

  • Ambil lemon yang masih segar, belah dan peras airnya
  • Tambahkan 1 sendok madu, lalu aduk hingga merata
  • Oleskan secara merata pada bagian bibir seraya dipijat lembut
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas hingga bersih

2. Minyak Kelapa

Kegunaan minyak kelapa pada bibir ini hampir sama dengan lip balm. Anda bisa memasukkannya ke dalam botol kecil dan dibawa dalam tas saat melakukan aktifitas sepanjang hari.

Caranya menggunakan minyak kelapa ini Anda tinggal mengoleskannya pada bibir saat terasa kering. Biarkan minyak kelapa tersebut mengering dengan sendirinya tanpa perlu mengusapnya.

3. Madu

Bahan alami paling efektif untuk melembabkan bibir kering adalah madu. Selain bisa dicampur dengan bahan alami lainnya seperti gula, jeruk nipis, lemon, dll, madu juga bisa dipakai langsung tanpa campuran apapun.

Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang ampuh mengatasi permasalahan pada bibir seperti kusam, kering, pecah-pecah, sariawan dan lainnya.

  • Oleskan madu murni pada bibir secara merata
  • Gosok permukaan bibir menggunakan madu tersebut supaya kulit kering yang menempel bisa bersih
  • Bilas dengan air hangat setelah 15 menit dibiarkan

4. Minyak Zaitun

Dari beragam manfaat minyak zaitun bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah untuk kesehatan bibir. Cara melembabkan bibir kering dengan minyak zaitun ini merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi semua permasalahan pada bibir.

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan asam lemak dan senyawa antioksidan yang juga berfungsi untuk mencerahkan warna bibir dan membuang sel kulit mati di permukaan bibir.

Oleskan minyak zaitun pada bibir dan diamkan selam 20 menit. Kemudian bilas atau bersihkan menggunakan air hangat. Anda bisa mencoba cara ini setiap hari sampai bibir lembab alami.

5. Gula Pasir

Cara cepat melembabkan bibir kering yang selanjutnya adalah menggunakan gula pasir. Khasiat dari gula ini adalah untuk membersihkan sel kulit mati pada permukaan kulit bibir.

Gula juga berfungsi sebagai scrub alami agar bibir bisa lebih cerah dan menghilangkan warna kusam dan kehitaman.

  • Siapkan 1 sendok gula pasir dan 1 sendok madu
  • Aduk kedua bahan hingga tercampur dan terbentuk menjadi pasta
  • Kemudian gosok bibir menggunakan pasta gula tersebut
  • Lakukan secara perlahan kemudian bilas sampai bersih

6. Mentimun

Mentimun dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan gizi, salah satunya adalah mineral. Selain berkhasiat untuk menghilangkan mata panda, mentimun juga dapat melembabkan bibir kering ketika ditempelkan.

Caranya adalah tempelkan irisan mentimun pada bibir pada malam hari menjelang tidur. Lalu biarkan hingga keesokan harinya. Yang pasti pada pagi harinya bibir akan terasa segar dan lembab.

7. Kelopak Mawar

Jika ada tanaman bunga mawar di halaman rumah, Anda bisa memanfaat kelopaknya untuk mengatasi bibir kering supaya lembab.

Selain itu, manfaat kelopak bunga mawar ini juga dapat memerahkan bibir yang hitam. Cara melembabkan bibir dengan kelopak mawar adalah :

  • Petik kelopak mawar segenggam dan cuci hingga bersih
  • Rendam kelopak tersebut ke dalam air susu selama beberapa menit
  • Setelah itu ambil dan tumbuk hingga halus membentuk seperti adonan kue (pasta)
  • Oleskan pada bibir dan diamkan selama setengah jam
  • Lalu bilas sampai benar-benar bersih

8. Mentega

Bahan alami lainnya yang bisa Anda aplikasikan untuk menjadikan bibir lembab sepanjang hari adalah mentega. Cara pemakaiannya sama dengan memakai lip balm atau minyak kelapa.

Hangatkan mentega yang sudah disiapkan lalu oleskan pada seluruh permukaan bibir secara merata.

9. Minyak Jarak

Senyawa kandungan yang terdapat dalam minyak jarak ini berkhasiat untuk mengelupaskan sel kulit mati pada bibir dan juga mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Caranya adalah oleskan minyak jarak pada bibir secukupnya pada malam hari menjelang tidur. Diamkan hingga keesokan harinya dan bersihkan.

10. Minyak Almond

Minyak almond juga bisa Anda pakai untuk dioleskan pada bibir yang kering. Manfaatnya adalah dapat menjadikan bibir lembab sepanjang hari dan terbebas dari kekeringan.

11. Lidah Buaya

Selain untuk mengatasi permasalahan rambut, lidah buaya juga berguna untuk mengatasi luka bakar. Oleh karenya, bibir yang pecah-pecah juga bisa diatasi menggunakan gel lidah buaya ini.

Cara melembabkan bibir kering dengan lidah buaya adalah :

  • Bersihkan 1 ruas daun lidah buaya yang tidak terlalu tua (berwarna hijau cerah) kemudian belah
  • Ambil bagian gelnya, atau kupas kulit luarnya yang hijau
  • Oleskan gel lidah buaya ini pada bibir dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas

12. Perbanyak Minum Air Putih

Ini adalah cara paling tradisional dan sudah digunakan oleh orang-orang terdahulu. Selain bermanfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, banyak minum air putih juga dapat membuat kulit tampak segar.

13. Teh Hitam

Teh hitam merupakan minuman yang kaya akan antioksidan dan tanin. Selain menyehatkan tubuh, Anda juga bisa mengambil manfaat dari teh hitam dengan cara dioleskan ke bibir yang kering.

Selain teh hitam, Anda juga bisa memanfaat teh hijau untuk membuat bibir merah merona dan terlihat lembab. Caranya adalah :

  • Ambil 1 teh hitam celup dan 1 cangkir air panas
  • Masukkan teh celup tersebut pada air panas selama 1 menit
  • Setelah itu tempelkan celupan teh tersebut pada bibir selama 10 menit
  • Anda juga bisa meminum teh hitam tersebut setelahnya

14. Krim Susu

Untuk melembabkan bibir yang kering, Anda juga bisa memakai krim susu. Didalamnya terdapat kandungan asam lemak yang ampuh menjadikan bibir cerah dan lembab.

Oleskan krim susu pada bibir dan biarkan selama 10 menit saja. Lalu bilas memakai air yang masih hangat. Anda bisa menggunakan cara ini berkali-kali dalam sehari.

Tips Penting Untuk Perawatan Bibir Kering

  • Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin E dan vitamin C agar kelembaban bibir tetap terjaga.
  • Hindari bibir dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika terpaksa beraktifitas di luar ruangan maka gunakan lip balm atau lip gloss
  • Hindari penggunaan lipstik yang terlalu lama dan terlalu tebal, terutama lipstik yang banyak mengandung kimia berbahaya
  • Jangan pernah membasahi bibir dengan air ludah karena itu justru bukan melembabkan tapi malah membuat bibir semakin kering
  • Terapkan pola hidup sehat dengan menjauhi rokok dan nikotin serta kafein
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih karena ini membantu menghidrasi bibir agar tampak lembab dan sehat

Itulah tips ampuh cara melembabkan bibir kering dan mengelupas. Anda bisa mempraktekkan cara diatas karena semua bahan alami yang digunakan sangat aman tanpa efek samping.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*