Cara Diet Yang Baik Dan Benar Menurut Anjuran Dokter

cara diet yang baik dan benar menurut dokter

Cara Diet Yang Baik Dan Benar – Banyak orang yang keliru mengartikan diet. Menjalankan program diet itu sebenarnya tidak harus extreme dengan tidak mengkonsumsi nasi. Diet itu bukan hanya sekedar menurunkan berat badan tapi juga harus memperhatikan kesehatan tubuh. Bila diet salah dilakukan justru akan membuat tubuh lemah.

Mulai sekarang rubahlah persepsi dan pandangan Anda tentang diet. Banyak orang yang memilih cara instan yang sangat ketat untuk mendapatkan berat badan yang ideal, yaitu hanya mengkonsumsi minuman jus dan rela menahan lapar hingga berjam-jam. Padahal cara ini menimbulkan resiko yang besar yaitu dapat menyebabkan tubuh jatuh sakit.

Setiap harinya tubuh tetap membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang akan dirubah menjadi energi untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Jika asupan gizi berkurang dan aktifitas terlalu padat maka dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit.

loading...

Mengatur Pola Makan Dengan Benar

Cara diet yang baik dan benar adalah dengan mengatur pola makan dan memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Pola diet sehat ini harus tetap memperhatikan keseimbangan mineral, vitamin dan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Kebanyakan orang memulai diet dengan melewatkan sarapan pagi atau bahkan tidak makan siang dan makan malam. Itu bukanlah solusi yang tepat untuk menurunkan berat badan. Tips diet yang baik dan benar adalah tetap makan secara teratur, kita hanya harus mengurangi porsi makan agar tubuh tidak kekurangan nutrisi. Selain itu konsumsilah camilan yang menyehatkan seperti buah-buahan.

Sarapan Pagi

Pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat karena tubuh membutuhkan energi untuk beraktifitas. Konsumsi minuman susu agar tubuh tetap sehat untuk menjalani aktifitas.

Makan Siang

Konsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein, seperti nasi beras merah dan telur rebus. Serat dapat membuat kenyang tahan lama dan memperkuat sistem metabolisme tubuh. Selain itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih agar tubuh tidak dehidrasi.

Makan Malam

Untuk makan malam maka pilihlah makanan yang tidak mengandung lemak dan kaya akan vitamin seperti sayuran dan buah-buahan. Ini berguna untuk menyimpan energi saat tubuh sedang beristirahat dan siap kembali keesokan harinya.

Cara Diet Sehat Yang Baik Dan Benar

tips diet sehat yang baik dan benar
Via http://www.health.com

Bagi Anda yang selama ini sudah pernah menjalankan program diet tapi belum mendapatkan hasil yang maksimal, itu pertanda diet yang Anda jalani salah. Sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu cara diet sehat yang dianjurkan oleh dokter. Berikut beberapa cara diet yang baik dan benar :

1. Memahami Diet Yang Sebenarnya

Sederhananya, diet adalah sebuah kegiatan dimana kalori yang keluar dari dalam tubuh harus lebih banyak dari kalori yang masuk. Intinya, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak perlu banyak meskipun Anda dalam aktifitas yang padat.

Hal ini dimaksudkan agar timbunan lemak yang bersarang di dalam tubuh bisa terbakar. Anda bisa mengkonsumsi setengah porsi dari biasanya. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat karena serat ini nantinya sebagai pengganti lemak yang dibuang tersebut.

Dengan memahami cara kerja diet yang benar seperti ini maka Anda tidak perlu memaksakan hal yang ekstreme lagi dengan diet ketat yang mengganggu kesehatan tubuh.

2. Minum Air Putih

Air putih merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan makanan maka masih bisa bekerja dengan baik. Tapi bila tubuh kekurangan air putih maka ini dapat mengganggu aktifitas organ di dalam tubuh.

Jadi, meskipun Anda disengaja mengurangi porsi makan, asalkan kebutuhan air putih masih tercukupi dengan baik, maka hal tersebut tetap membuat tubuh terlihat segar. Penuhilah konsumsi air putih tersebut setidaknya 2 liter setiap hari.

3. Makan Tepat Waktu

makan tepat waktu
Via http://ayodetoxsehat.blogspot.co.id

Diet yang baik dan benar itu tetap makan teratur pada jam normalnya, bukan malah menghilangkan jam makan. Yang harus dilakukan adalah mengurangi jumlah porsi dari biasanya.

Jika Anda terbiasa makan 3 kali dalam sehari, yaitu sarapan pagi, siang dalam malam makan saat menjalanan program diet tetap harus makan 3 kali. Anda hanya harus mengurangi porsi hingga setengahnya saja.

4. Memilih Jenis Makanan Yang Benar

Hindari semua jenis makanan yang dilarang saat melakukan diet, seperti makanan yang banyak mengandung minyak (makanan di goreng), berlemak, mengandung santan, memiliki kadar gula tinggi dan mentega.

Pilihlah makanan yang disarankan dan kaya akan serat seperti gandum, nasi beras merah, buah-buahan, roti, sayuran dan ikan laut. Daging ayam dan sapi juga diperbolehkan asalkan tidak mengandung lemak dan dikonsumsi secukupnya saja.

5. Perbanyak Buah Dan Sayuran

Kedua bahan makanan ini merupakan jenis makanan yang sangat kaya akan serat dan vitamin serta membantu memperkuat sistem imun tubuh saat dalam masa diet berlangsung.

Bagi penderita obesitas, buah dan sayuran dapat membantu membakar timbunan lemak dan gula. Seperti buah apel, jeruk, lemon, tomat, wortel, brokoli dan lainnya.

6. Hindari Makanan Cepat Saji

Junk food dan fast food tidaklah baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu jenis makanan cepat saji ini dapat membuat diet Anda gagal dan sia-sia. Hindarilah makanan yang instan dan juga yang mengandung bumbu instan.

Sebaiknya Anda mengolah sendiri jenis makanan yang akan dikonsumsi agar Anda bisa memilih jenis makanan dan bumbu yang akan dipakai.

7. Olahraga Secara Teratur

olahraga teratur
Via http://www.warnaunyu.com

Melakukan olahraga secara rutin berkhasiat untuk membakar kadar timbunan lemak di dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar serta dapat mencegah obesitas.

Olahraga ini tidak harus yang berat, cukup lakukan olahraga yang ringan saja tetapi harus rutin setiap hari, seperti jalan kaki, lari ringan dan berenang. Luangkan waktu 1 jam setiap hari, yaitu 30 menit pada pagi hari dan 30 menit pada sore hari.

Baca Juga : Tips Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

8. Jangan Begadang

Tubuh juga membutuhkan istirahat yang cukup yaitu sekitar 7-8 jam setiap hari. Agar waktu tidur malam bisa tepat waktu maka sebaiknya Anda menghindari tidur siang. Saat siang hari sebaiknya lakukan aktifitas untuk membakar lemak dalam tubuh.

Dan saat malam hari tubuh akan merasa lelah dan Anda bisa tidur pada jam 9 atau 10 malam dan bangun pada jam 4 atau 5 pagi. Pada saat malam hari tubuh melakukan proses regenerasi, oleh karena itu sangat disarankan menghindari begadang.

Memang tidaklah mudah menjalani diet dengan mengatur pola makan yang benar ini sebab di hadapan kita sering ada camilan yang menggugah selera dan tidak bisa menghindarinya. Tapi percayalah, jika Anda melakukan proses diet yang baik dan benar secara konsisten ini maka hasilnya akan kelihatan dalam waktu 4 minggu.

Cara diet yang baik dan benar ini memang tidak instan dan butuh proses, tapi diet sehat inilah yang sangat dianjurkan oleh dokter. Ini sangat penting dilakukan dan dipatuhi demi kesehatan tubuh Anda agar tetap bisa menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik dan terhindar dari resiko terkena penyakit.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*