31 Buah Dan Makanan Yang Mengandung Vitamin A Terbanyak

Dulu saat kita masih kecil seringkali dibujuk oleh orang tua untuk sering mengkonsumsi wortel mentah atau buah pepaya. Sebenarnya apa saja khasiat dari kedua makanan tersebut? Sebenarnya wortel dan buah pepaya sangat baik untuk kesehatan mata. Ini disebabkan karena kedua makanan tersebut sangat kaya akan vitamin A.

Semua makanan yang kaya akan vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin A ini juga bersifat antioksidan yang dapat mengobati dan menangkal beragam penyakit kronis yang membahayakan tubuh, seperti kanker, tumor, jantung, diabetes dan yang lainnya.

Lalu, buah dan makanan apa saja yang menjadi sumber dari vitamin A tersebut? Apa dampak negatif jika tubuh kekurangan vitamin A? Berikut dibawah ini akan kami jelaskan secara rinci tentang manfaat vitamin A dan sumber makanan terbaik yang banyak mengandung vitamin A.

loading...

Pengertian Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam pembentukan sistem indra penglihatan mata. Vitamin ini mengandung senyawa retinol yang mampu membantu retina mata untuk mengubah sinyal cahaya yang diterima menjadi sebuah bentuk gambar pada otak kita. Oleh sebab itu, jika kita kekurangan vitamin A maka dapat mengganggu organ penglihatan seperti mata minus, rabun jauh dan katarak.

Manfaat vitamin A lainnya adalah dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh manusia. Sistem kerjanya adalah dengan cara meningkatkan aktifitas kerja sel darah putih dan antibodi dalam tubuh. Vitamin A menjadi tameng atau pertahanan yang kuat untuk melawan serangan toksin, virus, bakteri dan mikroorganisme parasit lainnya.

Di dalam vitamin A juga terkandung senyawa beta-karoten yang memiliki sifat antioksidan dan berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat melindungi tubuh dari bahaya ancaman dari luar, seperti penyakit jantung dan kanker. Antioksidan ini juga bekerja untuk menjaga tubuh agar tidak terjadi kerusakan pada sel DNA dan mencegah terjadinya penuaan dini pada sel kulit.

pengertian vitamin a
Source : http://medikanews.com

Dilihat dari sumbernya, vitamin A ini terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu :

1. Retinol

ini adalah jenis vitamin A yang didapatkan dari sumber hewani, seperti hati ayam, daging sapi, susu dan keju.

2. Beta Karoten

Beta karoten merupakan vitamin A yang didapatkan dari sumber nabati, seperti sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian.

Jika tubuh manusia kekurangan vitamin A maka dapat menimbulkan masalah pada gangguan kesehatan. Seperti rabun senja, penglihatan kabur, infeksi kornea, kebutaan, gangguan saluran pernafasan dan tubuh rentan terkena penyakit. Jadi, khasiat vitamin A ini sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk kesehatan penglihatan mata.

Makanan Yang Mengandung Vitamin A Tertinggi

Ada beberapa makanan yang mengandung vitamin A tertinggi, baik itu jenis daging, sayuran atau aneka olahan makanan lainnya. Diantaranya adalah :

1. Daging Sapi

daging sapi
Source : https://www.britannica.com

Selain rasanya yang enak dan lezat saat dikonsumsi, kandungan gizi dalam daging sapi sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. Seperti zat besi, protein, selenium, zat seng, vitamin B komplek dan omega 3. Selain itu, dalam 100 gr daging sapi juga terdapat vitamin A sebanyak 31.718 IU. Manfaat vitamin A dalam daging sapi ini adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga untuk menyehatkan organ reproduksi.

2. Hati Ayam

Kandungan dalam hati ayam sangat tinggi akan nutrisi yang penting bagi kesehatan, seperti fostor, zat besi, lemak, vitamin A, vitamin B12, vitamin C dan niacin. Dalam seporsi masakan hati ayam ini mengandung vitamin A hingga 12.228 IU. Ini sudah senilai 280% dari kebutuhan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian tubuh. Manfaat vitamin A dalam hati ayam ini adalah untuk mencegah resiko terkena katarak dan meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

3. Ikan Salmon

ikan salmon
Source : https://skillet.lifehacker.com

Ikan salmon sering dianggap sebagai makanan yang super, karena kandungan didalamnya sangatlah lengkap dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan ikan salmon adalah omega 3, vitamin B, vitamin B6, vitamin E, vitamin D, vitamin A, asam amino, kalsium, magnesium, fosfor dan protein terbaik.

Vitamin A dalam ikan salmon bermanfaat untuk merangsang fungsi otak agar bisa bekerja lebih maksimal. Selain itu, manfaat ikan salmon adalah untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di pembuluh darah. Sehingga dapat mencegah resiko serangan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

4. Ikan Tuna

Dalam 100 gr ikan tuna mengandung vitamin A sebanyak 2.520 IU. Khasiat vitamin A pada ikan tuna ini berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dalam ikan tuna juga terkandung gizi lainnya seperti omega 3, vitamin B, fosfor, niacin dan yang lainnya. Mengkonsumsi ikan tuna secara rutin juga dapat merawat kesehatan mata.

5. Ikan Makarel

ikan makarel
Source : http://www.thehealthsite.com

Ini merupakan jenis ikan yang biasa diolah dalam bentuk kaleng seperti sarden. Ikan makarel ini juga menjadi sumber vitamin A dan beberapa gizi lainnya seperti protein, kalsium, magnesium, selenium dan kalsium. Manfaat mengkonsumsi ikan makarel antara lain dapat menyehatkan retina mata agar tidak terkena penyakit kebutaan, menyehatkan tulang, menguatkan otot tubuh dan memperlancar sistem metabolisme.

6. Mentega

Mentega merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Vitamin A dalam 100 gr mentega bisa mencapai 2499 IU dan ini sudah mencapai 112% kebutuhan harian Angka Kecukupan Gizi tubuh. Mengkonsumsi mentega dalam jumlah yang cukup juga dapat menyehatkan mata dan memperkuat sistem imun tubuh.

7. Susu

Sebenarnya susu ini bukan hanya baik untuk anak kecil saja, tapi orang dewasa juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu secara rutin. Susu merupakan sumber vitamin A yang mencapai 498 IU dalam 100 gramnya. Kandungan dalam susu sangat ampuh untuk mengusir katarak dan juga mampu menstabilkan kadar cairan pada mata.

8. Telur

telur
Source : http://www.sheknows.com

Dalam 100 gr telur terkandung vitamin A sebanyak 520 IU. Ini artinya bahwa kandungan gizi dalam telur sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain vitamin A, telur juga mengandung vitamin B6, asam folat, ribovlafin, vitamin B12, zat besi, kalium, kalsium, fostor dan protein yang tinggi. Vitamin A terbanyak dapat ditemukan pada kuning telur yaitu sebanyak 310 IU.

Beberapa manfaat mengkonsumsi telur adalah untuk menjaga kesehatan mata, menyehatkan janin pada ibu hamil, membantuk perkembangan sel otak dan memperlancar sistem fungsi saraf.

9. Keju

Keju merupakan bentuk olahan yang dihasilkan dari susu. Jika anda kurang suka terhadap susu, maka keju bisa menjadikan makanan alternatif untuk menjadi sumber vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gr keju terdapat 1002 IU vitamin A dan manfaatnya adalah untuk mencegah osteoporosis, mencegah kanker, mencegah diabetes dan sangat baik untuk masa pertumbuhan anak.

10. Yogurt

Yogurt juga termasuk makanan hasil olahan dari susu yang difermentasi. Minuman ini memiliki berbagai macam variasi rasa seperti buah-buahan dan sayuran. Dalam 100 gr yogurt terdapat 73 IU vitamin A. Manfaat yogurt ini sangatlah banyak seperti menjaga tulang agar tetap sehat, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

11. Oatmeal

Ini merupakan jenis makanan yang dihasilkan dari biji gandum. Saat ini sudah banyak sekali jenis oatmeal yang tersaji dalam berbagai bentuk seperti sereal, kue, biskuit dan roti. Manfaat oatmeal ini adalah dapat menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan jantung, menghindari diabetes dan menstabilkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes Di Usia Muda

12. Wortel

wortel
Source : http://www.iflscience.com

Salah satu makanan atau sayuran yang paling populer dengan kandungan vitamin A yang tinggi adalah wortel (16.706 IU). Makanan ini juga bisa diolah menjadi berbagai aneka makanan seperti jus, salad, sup, kuah dan yang lainnya. Selama ini kita sering mendengar bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Sebenarnya bukan itu saja, wortel juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Beberapa manfaat wortel selain untuk mata sehat adalah untuk kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit kanker, memelihara jantung dan mengontrol kadar kolesterol. Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang seringlah mengkonsumsi wortel karena segudang manfaatnya yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh kita.

13. Ubi Jalar

ubi jalar
Source : http://www.tasteofsouthern.com

Jenis ubi jalar yang paling banyak mengandung vitamin A adalah ubi kuning. Dalam 100 gram ubi jalar terdapat 14.187 IU vitamin A artinya sudah mencapai 769% kebutuhan harian tubuh dan sudah hampir sama dengan kandungan vitamin A pada wortel (16.706 IU). Selain itu, ubi jalar juga kaya akan vitamin C, vitamin B, magnesium, seng dan yang lainnya.

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh adalah untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi, mengurangi resiko diabetes, mencegah kanker usus dan sembelit, melawan radikal bebas, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kepadatan tulang dan tentu juga untuk kesehatan mata.

14. Labu

Labu merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori dan mengandung lemak tak jenuh. Dalam 100 gram labu juga di temukan vitamin A sebanyak 19,060 IU. Manfaat labu bagi kesehatan yaitu untuk menstabilkan gula darah, menangkal radikal bebas dan dapat mencegah anemia pada wanita. Selain itu, manfaat vitamin A pada labu juga dapat menyehatkan mata dan menjaga kesehatan pencernaan usus.

15. Bayam

Kandungan nutrisi dan vitamin pada bayam sangatlah lengkap. Dalam 100 gram sayur bayam ditemunkan vitamin A sebesar 11.450 IU. Jumlah vitamin A pada sayur bayam ini sudah melebihi kebutuhan harian tubuh. Khasiat sayuran hijau ini sangat banyak bagi kesehatan tubuh, seperti membuat penglihatan jadi semakin baik, sebagai nutrisi untuk tulang, mencerdaskan otak, mencegah penyakit kanker, menyehatkan jantung dan juga pencernaan.

16. Sawi

sawi
Source : https://www.healthbenefitstimes.com

Ada beragam jenis sawi yang bisa ditemukan di Indonesia, seperti sawi hijau, chaisin dan sawi putih. Semua jenis sayur sawi tersebut sangat kaya akan vitamin A. Dalam 100 gram sayur sawi ditemukan 19.520 IU. Selain vitamin A, sawi juga kayak akan protein, karbohidrat, vitamin C, kalsiu, zat besi, magnesium dan vitamin B6.

Manfaat sayur sawi hijau atau jenis lainnya sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa khasiat mengkonsumsi sayur sawi adalah dapat mencegah penyakit kanker, mempersehat struktur tulang, mengobati diabetes dan juga dapat menyehatkan rambut dan kulit.

17. Kale

kale
Source : http://www.renee.id.au

Sayuran kale ini memang jarang kita dengar karena sedikit sekali masyarakat Indonesia yang mengkonsumsinya. Tapi perlu Anda ketahui, kandungan vitamin A pada kale digadang-gadang melebihi jumlah vitamin A pada wortel. Dan sebuah penelitian juga menyebutkan, dalam sayur kale terdapat vitamin C yang 2x lipat lebih banyak dari buah jeruk.

Bukan hanya itu, sayuran hijau yang termasuk keluarga kubis ini juga kaya akan asam alfa-linoleat (ALA) dan asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan untuk kesehatan otak, memperbaiki kesehatan jantung dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Begitu juga dengan kalsium pada kale yang kadarnya lebih tinggi dibandingkan susu.

18. Lobak Hijau

lobak hijau
Source : https://id.aliexpress.com

Salah satu khasiat vitamin A pada lobak hijau adalah anti kanker, mencegah emfisema dan mengatasi radang paru-paru. Tidaklah heran jika lobak hijau ini sering dikenal sebagai tanaman obat. Lobak hijau juga mengandung vitamin K yang bersifat antiinflamasi sehingga dapat mencegah berbagai penyakit mematikan seperti jantung, stroke, kanker dan yang lainnya.

Sayur lobak hijau juga bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi kerusakan DNA. Selain itu, kandungan kalium dan kalsium pada lobak berperan penting untuk kesehatan tulang sehingga dapat mencegah penyakit osteoporosis, rheuatoid arthritis, sakit sendi dan penyakit tulang lainnya.

19. Cabai

Cabai merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin A, B, C, E, mineral, mangat, folat, kalium dan thiamin. Dalam 100 gram cabai dapat ditemukan vitamin A sebanyak 952 IU. Kandungan vitamin A dalam cabai ini adalah beta karoten yang bersifat antioksidan sehingga dapat menjaga tubuh dari pengaruh lingkungan. Selain itu, cabai berfungsi sebagai detoks alami yang dapat membersihkan racun di dalam tubuh.

Manfaat cabai lainnya adalah dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker, menjadikan jantung sehat, meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi radang paru-paru. Namun sebaiknya mengkonsumsi cabai ini jangan berlebihan karena dapat menimbulkan rasa panas di tenggorokan, mulut dan lidah.

20. Sayur Selada

selada
Source : https://juicing-for-health.com

Seringkali sayur selada ini dijadikan sayuran pelengkap saja, baik itu di restoran atau saat dimasak di rumahan. Padahal khasiat yang terkandung dalam daun selada ini sangat luar biasa, salah satunya adlah dapat mengobati penyakit kanker.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun selada adalah vitamin A yang mencapai 7.405 per 100 gramnya, vitamin B 6, vitamin C, vitamin K, protein, lutein, betakaroten, asam folat, alkaloid, kalium, zat besi, serat dan kolis. Beberapa manfaat daun selada adalah untuk mengobati anemia, mengatasi sariawan, mengobati diabetes, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat dan menangkal radikal bebas.

21. Kacang Kapri

Kacang kapri termasuk jenis tanaman polong-polongan yang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Dalam 100 gram kacang kapri dapat ditemukan vitamin A sebanyak 765 IU, sehingga manfaat kacang kapri ini sangat baik untuk kesehatan mata, mencegah peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan saraf dan dapat mencegah anemia, osteoporosis dan penyakit kanker.

22. Brokoli

brokoli
Source : http://timesofindia.indiatimes.com

Brokoli termasuk makanan yang rendah kalori dan juga disebut sebagai makanan yang super. Ini dikarenakan dalam 1 mangkok brokoli dapat ditemukan beragam jenis gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti protein, asam lemak omega 3, karbohidrat, kalsium, potassium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B5, vitamin B9, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, mangan, triptofan dan vitamin A sebanyak 229.07 RE.

Khasiat sayur brokoli ini adalah dapat melawan dan mencegah kanker, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, tekanan darah tinggi, tumor dan tentunya menyehatkan mata secara keseluruhan. Pilihlah brokoli yang masih segar, bertekstur padat dan tidak berbau karena kandungan gizi didalamnya masih utuh sempurna.

23. Paprika Merah

paprika merah
Source : https://pixabay.com

Sayur paprika ini masih ada famili dengan cabai. Paprika ini sangat rendah kalori, kaya akan vitamin C dan antioksidan sehingga sangat baik dijadikan menu diet sehat. Jenis paprika ada yang berwarna merah, hijau, kuning dan orange.

Kandungan vitamin A pada sayur paprika merah itu bisa mencapai 3.131 IU. Selain itu, paprika juga kaya akan protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, omega 3 dan omega 6. Beberapa manfaat paprika merah adalah untuk mencegah anemia dan baik bagi kesehatan mata dengan cara melindungi retina dan mencegah kerusakan pada dinding oksidatif bagian dalam mata

24. Kemangi

Sayuran kemangi biasanya dijadikan makanan pelengkap lalapan. Namun, Anda jangan menganggap remeh sayur kemangi ini karena ternyata didalamnya terdapat kandungan vitamin A yang sangat banyak, mencapai 15% kebutuhan harian tubuh. Khasiat vitamin A pada daun kemangi adalah dapat menyehatkan mata, meningkatkan sistem imun tubuh, sebagai antioksidan dan sumber protein sebagai proses pertumbuhan tubuh.

25. Tomat

Dalam tomat terdapat banyak kandungan gizi dan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Diantaranya dalah karbohidrat, protein, lemak, kalium, natrium, fosfor, kalsium, serat, air, vitamin A, vitamin B1, B2, B3 dan vitamin C. Dalam buah tomat juga ditemukan beta karoten sebesar 1500 SI. Manfaat tomat antara lain dapat mencegah usus buntu, penyembuhan rabun senja, menjaga stamina tubuh dan lain sebagainya.

Buah Yang Banyak Mengandung Vitamin A

1. Buah Melon

buah melon
Source : http://maconews.rascalous.com

Melon ini merupakan jenis buah yang masih memiliki ikatan saudara dengan buah semangka dan blewah. Selain memiliki rasa yang segar, buah melon juga mengandung banyak nutrisi yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gram buah melon terdapat vitamin A yang mencapai 5.706 IU dan ini telah memenuhi 64% kebutuhan harian tubuh akan vitamin A.

Selain vitamin A, buah melon juga kaya akan vitamin C, lemak, potassium, karbohidrat, protein dan beberapa gizi lainnya. Manfaat buah melon adalah dapat mencegah serangan jantung, mencegah penyakit kanker, sebagai anti aging untuk menghindari penuaan dini, memelihara kesehatan mata dan sangat baik untuk digunakan sebagai makanan diet sehat.

2. Aprikot

Buah ini memang kalah populer dengan apel, pisang, jeruk atau yang lainnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa buah aprikot ini kaya akan vitamin A, vitamin C, beta karoten, kalsium dan kalium. Dalam 1 buah aprikot dapat ditemukan 1.926 IU vitamin A dan 544,95 mcg beta karoten.

Aprikot ini tersedia dalam bentuk yang kering dan yang masih segar. Namun sebagian orang menganggap bahwa buah aprikot kering lebih berkhasiat bagi kesehatan tubuh dibandingkan yang segar. Beberapa manfaat buah aprikot adalah dapat mengatasi sembelit, meningkatkan kesehatan mata, mencegah kanker dan jantung, menyembuhkan anemia dan menyehatkan kulit.

3. Mangga

buah mangga
Source : http://www.mango.org

Buah mangga sudah tidak asing lagi bagi kita karena di sekitaran rumah mudah sekali ditemukan pohon mangga yang beraneka jenis macamnya. Kandungan vitamin dalam mangga juga sangat tinggi seperti vitamin C dan vitamin A. Selain itu, dalam buah mangga juga mengandung karbohidrat, betakaroten, serat dan yang lainnya.

Manfaat buah mangga bagi tubuh adalah dapat mengobati dan mencegah kanker, mengobati gangguan penglihatan, penambah nafsu makan, menstabilkan kadar gula darah, membantu sistem pencernaan dan masih banyak lagi khasiat yang lainnya.

4. Persik

Rasa buah persik sangat enak dan dagingnya sangat lembut. Buah persik ini menjadi sumber nutrisi yang kaya akan kalium, karbohidrat, kalsium, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E dan asma folat. Selain itu, buah persik juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker dan penyakit kronis lainnya.

Buah persik juga kaya akan betakaroten yang dapat berubah menjadi vitamin A dan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Kandungan betakaroten ini juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit kelainan pada mata serta dapat memberikan perlindungan mata dari terik sinar matahari.

5. Pepaya

Buah pepaya mengandung pro vitamin A karotenoid, beta karoten, tiamina, ribflavin, niacin, asam pantotenik, vitamin B6, vitamin E, vitamin K dan sangat kaya vitamin C. Manfaat buah pepaya ini buka hanya untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga berkhasiat untuk perawatan kesehatan kulit. Selain itu, manfaat pepaya adalah dapat mengurangi resiko stroke dan jantung, mencegah kanker, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah hipertensi.

6. Markisa

Dalam satu porsi buah markisa (100 gram) dapat mengandung vitamin A sebanyak 1.272 IU. Buah ini sangat baik untuk mengobati insomnia, mengobati asma dan sebagai antioksidan yang bekerja untuk melawan sel-sel jahat yang tumbuh dalam tubuh. Selain itu, buah markisa ini dapat memaksimalkan fungsi jantung dan aliran darah di dalam tubuh.

Itulah daftar buah, sayuran dan makanan yang mengandung vitamin A terbanyak. Meskipun semua daftar makanan tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh, sebaiknya mengkonsumsinya harus sesuai kebutuhan. Karena jika berlebihan mengkonsumsi vitamin A maka dapat menyebabkan mual-mual dan muntah-muntah.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*