Asli dari Tanah Arab, Berikut Manfaat Buah Zuriat Yang Sangat Menakjubkan

asli dari tanah arab berikut manfaat buah zuriat yang menakjubkan
loading...

Buah zuriat merupakan buah yang populer bagi para jamaah haji untuk dijadikan sebagai oleh-oleh setelah kurma.

Tumbuhan yang berasal dari Hulu Mesir ini dapat tumbuh tinggi hingga 15,2 meter. Pohon dengan batangnya yang ramping tersebut juga bisa ditemukan di daerah Kenya, Sudan, Sudan Selatan dan Tanzania.

Buah zuriat kerap dijadikan sebagai oleh-oleh bukannya tanpa sebab, tapi karena manfaat buah zuriat sendiri sangatlah bermacam-macam. Bahkan kulit dari biji zuriat bisa dijadikan sebagai sirup dan manisan, sedangkan daunnya bisa sebagai bahan baku kertas dan untuk menenun tikar.

Kandungan Dalam Buah Zuriat

Buah yang memiliki banyak khasiat ini juga tentunya memiliki banyak kandungan bermanfaat didalamnya. Berikut beberapa kandungan gizi dan nutrisi dalam buah  zuriat, di antaranya:

1. Vitamin

Manfaat buah zuriat sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung beberapa vitamin di dalamnya, yakni:

  • Vitamin B1

Tiamin atau vitamin B1 mampu membantu tubuh untuk memanfaatkan sumber nutrisi dan karbohidrat dalam tubuh. Tiamin juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan sistem syaraf serta menjaga transmisi pada syaraf terhadap sel-sel dalam tubuh.

  • Vitamin B2

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan kulit adalah karena kandungan riboflavin atau vitamin B2 di dalamnya. Dimana riboflavin tersebut berfungsi untuk memecah dan mengolah lemak, karbohidrat dan lemak dalam tubuh.

  • Vitamin B3

Kandungan vitamin B3 atau niacin dalam buah zuriat mampu menjaga fungsi sistem syaraf dan meningkatkan produksi sumber energi tubuh. Tidak hanya itu, niacin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Karbohidrat

Karbohidrat sangat berperan penting bagi tubuh karena karbohidrat sendiri merupakan sumber energi yang dijadikan sebagai penggerak atau bahan bakar tubuh dalam kinerja biologis dan kontraksi otot.

Selain itu, karbohidrat juga mampu menyediakan sumber energi bagi proses metabolisme lemak, sistem saraf dan kerja otot.

3. Lemak

Manfaat buah zuriat dengan kandungan lemak di dalamnya mampu berperan sebagai insulator untuk menjaga suhu tubuh dan melindungi organ dalam tubuh. Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, D, E, dak K akan larut dalam lemak.

Tapi lemak sendiri berfungsi sebagai sumber cadangan energi dalam tubuh untuk menjalankan aktivitas. Lemak juga berfungsi untuk proses transduksi sinyal antar sel dan lemak dalam tubuh.

4. Protein

Salah satu komponen utama dalam tubuh sebagai pembentuk otot, tulang, kulit, rambut dan jaringan tubuh lainnya adalah protein. Dalam tubuh manusia saja terdeteksi ada lebih dari 10.000 jenis protein, dan seluruh protein yang berbeda-beda tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan tubuh manusia yang sebagian besar terdiri dari air, 75 persennya terdiri dari protein. Sehingga protein sangat berperan penting dalam tubuh, termasuk pada struktur enzim. Protein juga berfungsi untuk mengangkut hemoglobin saat olahraga  melalui aliran darah.

5. Fosfor

Fosfor yang termasuk dalam salah satu jenis mineral ini sangat berperan penting dalam pembentukan gigi dan tulang.

Selain itu, manfaat buah zuriat mampu menyimpan sumber cadangan energi dengan meningkatkan produksi molekul dan ATP. Kombinasi fosfor dan vitamin B berfungsi dalam mengatur detak jantung, kontraksi otot dan fungsi organ ginjal.

6. Energi

Kandungan energi dalam buah zuriat ini dihasilkan dari adanya proses metabolisme glukosa. Glukosa yang disimpan sebagai lemak dan nantinya akan dijadikan untuk sumber energi cadangan.

7. Kalsium

Salah satu jenis mineral ini sangat diperlukan tubuh dalam pembentukan tulang dan pembekuan darah serta kontraksi otot. Sebagian besar kalsium pada tubuh disimpan pada tulang dan gigi.

Beragam Manfaat Buah Zuriat

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan gizi pada buah zuriat, tak heran lagi jika buah zuriat memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, berikut beberapa manfaat buah zuriat bagi tubuh:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi tekanan darah dalam arteri meningkat dan biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Meningkatnya tekanan darah ini membuat jantung bekerja lebih keras dalam mengedarkan darah.

Jika kondisi tersebut tetap dibiarkan, maka bisa mengakibatkan munculnya penyakit lain seperti serangan jantung dan risiko stroke.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya Anda bisa mengonsumsi buah zuriat muda secara teratur dengan cara dikunyah langsung agar dapat mengontrol tekanan darah.

2. Melancarkan Pencernaan

Dengan kandungan niacin didalamnya, manfaat buah zuriat sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, terutama sembelit.

Selain itu, buah zuriat yang kaya akan kandungan serat dan mineral yang tinggi mampu membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuang “sampah” yang tidak berguna di dalam usus.

3. Mengatasi Kanker

Manfaat buah zuriat ternyata juga bisa mengatasi penyakit yang berbahaya dan mematikan sekalipun. Sehingga banyak upaya yang dilakukan untuk menyembuhkannya, mulai dari pengobatan medis hingga pengobatan tradisional, termasuk dengan menggunakan buah zuriat.

Buah zuriat yang bersifat anti oksidan dapat melawan radikal bebas dan membunuh virus yang memicu pembelahan sel kanker pada tubuh.

4. Menghilangkan Alergi

Dengan kandungan hydroxycinnamates dan flavonoid mampu mengatasi alergi secara efektif baik bagi Anda yang alergi terhadap makanan, cuaca, dan jenis alergi lainnya. Zat-zat tersebut mengandung sifat anti alergi sekaligus dapat meredakan reaksi akibat alergi tersebut.

Alergi sendiri merupakan reaksi berlebihan pada tubuh akibat gagalnya imunitas seseorang pada suatu lingkungan benda yang dianggap bahaya dan asing oleh tubuh. Gejala dari alergi biasanya kulit atau bagian tubuh yang alergi akan terasa gatal dan timbul ruam-ruam berwarna merah.

Baca Juga : Penyebab Gatal Karena Alergi Kulit Dan Cara Mengobatinya

5. Menangkal Radikal Bebas

Bagi Anda yang aktivitas sehari-harinya di luar ruangan memiliki risiko terkena radikal bebas lebih banyak dan terpapar sinar matahari.

Maka dari itu, manfaat buah zuriat dengan kandungan anti oksidannya mampu melindungi tubuh dan kulit, serta melawan radikal bebas.

6. Menyembuhkan Lumpuh

Asam urat yang merupakan gejala awal dari stroke atau kelumpuhan kini bisa diobati dengan bahan alami seperti buah zuriat.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah zuriat dapat melancarkan metabolisme tubuh dan sistem peredaran darah menjadi lancar dan bagian tubuh yang mengalami kelumpuhan tersebut akan berfungsi seperti sediakala.

Baca Juga : Gejala, Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Stroke Ringan Secara Alami

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat buah zuriat lainnya yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh menjadikan luka tersebut juga akan segera pulih.

Vitamin C pada buah zuriat juga dapat melindungi luka dan membunuh kuman yang bisa menyebabkan luka terinfeksi. Luka yang terjadi pada kondisi tubuh yang tidak sehat juga sulit untuk sembuh. Oleh karena itu, manfaat buah zuriat lainnya yaitu menjaga kekebalan tubuh.

8. Mencegah Penuaan Dini

Munculnya garis-garis halus atau kerutan wajah pada Anda yang masih berada pada usia 20-an tahun perlu segera diatasi. Tanda-tanda penuaan dini tersebut bisa ditangani dengan buah zuriat yang mengandung anti oksidan dan vitamin B untuk memperlambat proses penuaan dini.

9. Alternatif Program Hamil

Buah yang juga disebut sebagai adam hawa atau buah pasangan ini mampu membantu Anda yang memiliki masalah sekitar reproduksi dan membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Dengan banyaknya manfaat buah zuriat, tak ada salahnya bagi Anda yang mungkin tengah mengunjungi jazirah Arab atau menjalankan ibadah haji bisa membeli sebanyak mungkin untuk persediaan, mengingat buah zuriat tidak tumbuh di Indonesia. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa membelinya pada toko terdekat yang menjual buah zuriat.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*