Simak 10 Alasan Mengapa Virgin Coconut Oil Baik Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

alasan mengapa virgin coconut oil baik untuk kesehatan dan kecantikan
loading...

Mendengar kata buah kelapa tentunya sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Pasalnya buah yang dihasilkan dari tanaman yang serbaguna tersebut sangat erat dengan kuliner khas Indonesia.

Pemanfaatan buah kelapa di Indonesia sendiri sangatlah beragam, mulai dari minuman segar kelapa muda, santan, hingga minyak kelapa.

Minyak kelapa juga terdapat dua jenis, yaitu minyak goreng dan minyak kelapa murni. Lalu apa perbedaan kedua minyak yang sama-sama dari buah kelapa tersebut?

Minyak kelapa murni atau dalam bahasa Inggris Virgin Coconut Oil merupakan minyak yang dihasilkan dari kelapa segar sebagai bahan bakunya, yang kemudian diproses melalui pemanasan atau tanpa pemanasan dan bebas dari bahan-bahan kimia.

Sedangkan minyak kelapa kopra atau minyak kelapa goreng merupakan hasil olahan dari kelapa yang sudah tua lalu diproses dengan dipanaskan.

Adapun hasilnya, minyak kelapa murni lebih berkualitas dari minyak kopra yang berwarna kekuningan, mudah tengik dan daya simpan tidak lama, yakni kurang dari 2 bulan.

Sementara itu virgin coconut oil yang menghasilkan asam lemak rendah memiliki daya simpan lebih dari 12 bulan dan memiliki banyak keunggulan, antara lain:

  • Biaya pembuatan sedikit dan bahan bakunya mudah diperoleh
  • Pengolahan tidak rumit
  • Membutuhkan energi yang sedikit karena tidak memerlukan bahan bakar banyak
  • Kandungan nutrisi dan kimia dalam minyak kelapa tetap terjaga, terutama asam lemaknya

Beberapa Kandungan Pada Virgin Coconut Oil

Lalu kandungan apa saja yang membuat virgin coconut oil lebih berkualitas dari minyak kelapa biasa? Berikut beberapa kandungan nutrisi dan kimia dalam minyak kelapa murni:

1. Kandungan Nutrisi

Dalam virgin coconut oil terdapat kandungan vitamin E dan vitamin K yang bersifat anti oksidan yang dapat membantu proses regenerasi sel pada tubuh dan sel-sel kulit, sehingga minyak kelapa murni itu bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Selain itu, virgin coconut oil juga mengandung energi, lemak dan lemak jenuh.

2. Kandungan Kimia

Minyak kelapa murni mengandung lebih dari 90 persen asam lemak. Ada beberapa kandungan asam dalam virgin coconut oil, yaitu asam kaprilat, asam laurat, asam kaprat, asam miristat, asam palmitat dan asam stearat.

Virgin coconut oil juga mengandung senyawa polifenol yang bersifat sebagai zat antioksidan yang berfungsi untuk mengurai kandungan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Dengan kandungan nutrisi dan lemak dalam minyak kelapa murni, selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Sedangkan manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan antara lain:

1. Sebagai Body Lotion

Dengan kandungan lemak pada virgin coconut oil sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan bisa dijadikan sebagai pegganti body lotion.

Selain dapat menutrisi kulit, virgin coconut oil juga dapat membuat kulit tubuh Anda menjadi elastis dan aman tanpa efek samping.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup oleskan pada seluruh tubuh pada malam hari dan biarkan meresap pada kulit Anda dan bersihkan keesokan harinya.

2. Menghilangkan Jerawat

Jerawat terkadang menjadi hal yang meresahkan bagi sebagian orang, karena selain mengganggu penampilan, ada beberapa jenis jerawat yang terasa gatal dan perih.

Oleh karena itu, penanganan jerawat dengan bahan alami seperti virgin coconut oil sangatlah diperlukan.

Jerawat biasanya ditimbulkan oleh keadaan kulit yang kotor, terkena kuman atau bakteri, dan radikal bebas.

Nah, dengan kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak kelapa murni yang bersifat antioksidan dan anti bakteri dapat menangkal radikal bebas sekaligus mencegah timbulnya jerawat dengan cara membunuh kuman dan bakteri tersebut.

Pemakaian virgin coconut oil sebagai obat jerawat tidak akan menyumbat pori-pori wajah Anda dan mudah meresap. Oleskan tipis-tipis minyak tersebut pada malam hari sebelum tidur.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Kopi Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Make Up Remover

Wanita memang sulit dipisahkan dari berhias dan make up, terkadang karena memang tuntutan pekerjaan.

Dan masalah pada kulit biasanya disebabkan karena make up tebal yang menempel pada wajah tidak dibersihkan dengan benar sebelum tidur.

Maka dari itu, untuk mencegah timbulnya jerawat dan masalah lain pada wajah akibat sisa make up, Anda bisa menggunakan virgin coconut oil untuk membersihkan make up hingga ke pori-pori.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu oleskan minyak kelapa secara merata dan pijat perlahan dengan gerakan memutar selama kurang lebih 5 menit. Kemudian bilas minyak tersebut dengan air bersih.

4. Lip Balm

Bibir merupakan bagian yang sensitif dan tidak bisa dilakukan penanganan secara sembarangan. Sebaiknya Anda juga menghindari pemakaian lip balm yang mengandung bahan kimia berbahaya, karena jika tertelan akan berdampak buruk juga bagi tubuh.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan virgin coconut oil yang megandung lemak dan vitamin C untuk melembabkan bibir Anda secara alami tanpa efek samping.

Dengan rutin menggunakan minyak kelapa tersebut sebagai lip balm, bibir Anda yang pecah-pecah akan perlahan-lahan terobati dan bahkan bisa mengembalikan warna alami bibir.

Baca Juga : Wajib Tahu, Inilah 6 Manfaat Madu Untuk Bibir Hitam Agar Terlihat Lebih Menarik

5. Merawat Kulit Wajah

Dengan kandungan nutrisi dan kimia alami pada virgin coconut oil, kulit Anda akan terlihat lebih cantik dan sehat. Minyak kelapa murni ini juga mampu berperan sebagai anti aging, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, dan mengencangkan kulit.

6. Merawat Rambut, Alis dan Bulu Mata

Minyak kelapa murni yang mengandung asam lemak alami dipercaya mampu menumbuhkan alis dan melentikkan bulu mata.

Selain itu, virgin coconut oil juga bermanfaat untuk conditioner alami rambut dan menjaga foilikel rambut sehingga rambut menjadi kuat dan lembab.

7. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, virgin coconut oil bisa menjadi alternatif yang efektif. Dengan kandungan asam lemak rantai mampu membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi dan memberikan efek berkurangnya nafsu makan.

Cukupi asupan minyak kelapa murni secara rutin sekitar 15-30 gram setiap harinya agar lemak pada perut terbakar.

8. Melancarkan Sistem Pencernaan

Virgin coconut oil yang mengandung asam lemak dan vitamin sangat berperan besar dalam membantu mengatasi masalah pencernaan.

Selain itu, minyak kelapa murni tersebut mampu membantu pencernaan lipid secara menyeluruh dengan cara meningkatkan efisiensi enzim pada sistem metabolisme.

9. Mencegah Infeksi

Asam lemak pada virgin coconut oil 50 persennya adalah asam laurat yang bisa berubah menjadi zat monolaurin yang sangat berfungsi untuk membunuh patogen penyebab infeksi seperti virus, bakteri dan jamur.

Selain dapat mematikan ragi Candida Albicans dan bakteri Staphylococcus Aureus, virgin coconut oil juga menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

10. Merangsang Kinerja Otak

Kandungan asam lemak rantai (MCT) pada virgin coconut oil sangat mudah diserap oleh hati dan melancarkan sistem metabolisme. MCT yang diolah menjadi keton ini bermanfaat sebagai sumber energi utama pada otak.

Zat keton tersebut juga bisa menyediakan kebutuhan energi untuk otak sebanyak 70 persen, sehingga sangat efektif untuk penderita alzheimer dan amnesia dengan senyawa fenoliknya.

Tidak hanya itu, virgin coconut oil juga mampu membantu mencerdaskan otak pada anak.

Selain beberapa manfaat virgin coconut oil di atas, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pengobatan untuk hipertensi, mencegah osteoporosis, meningkatkan stamina dan masih banyak lagi. virgin coconut oil juga aman digunakan dengan cara dikonsumsi.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*