Ini Dia 8 Akibat Kurang Minum Air Putih Yang Harus Anda Ketahui

akibat kurang minum air putih
loading...

Air putih memang sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, jika ditelaah lebih lanjut, air putih memiliki khasiat yang tidak bisa dianggap sepele untuk tubuh. Bahkan, kekurangan air putih dapat mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Air putih dianggap sebagai air yang paling menyehatkan karena belum terkontaminasi dengan bahan kimia atau bahan-bahan yang lainnya. Dan setiap orang sangat dianjurkan mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya.

Air putih yang dikonsumsi sehari-hari memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti membantu organ ginjal serta hati dalam melarutkan hasil metabolisme, mengatur suhu tubuh, membawa oksigen serta nutrisi ke seluruh bagian tubuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akibat Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh

Akibat kurang minum air putih dapat menimbulkan sejumlah masalah pada kesehatan tubuh Anda, seperti yang telah terangkum dalam informasi berikut ini.

1. Tubuh Menjadi Mudah Lelah

Jika tubuh Anda kekurangan air putih, maka akan timbul beberapa gejala seperti tubuh terasa letih, lesu, lemah, kurang bersemangat, dan mudah sekali capek meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat.

Hal tersebut terjadi karena air berfungsi untuk mengedarkan oksigen serta nutrisi ke seluruh jaringan tubuh sehingga jika tubuh kekurangan air, maka secara otomatis tubuh akan mudah lelah.

Selain itu, akibat kurang minum air putih dapat membuat proses metabolisme tubuh menjadi terganggu dan jaringan di dalam tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal. Kekurangan cairan juga dapat membuat tubuh Anda kekurangan sel darah merah, tak heran jika penyakit anemia dengan mudah melanda.

Jika sudah menderita penyakit anemia, maka orang tersebut akan mudah lelah, wajahnya terlihat pucat, sering sakit kepala, jantungnya berdebar-debar, dan bahkan dapat mengalami pingsan.

2. Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi berbahaya yang timbul akibat kekurangan cairan. Dampak dehidrasi sangatlah parah yaitu dapat menyebabkan syok hingga membuat orang meninggal.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh terlalu banyak mengeluarkan cairan tanpa diimbagi dengan asupan cairan ke dalam tubuh. Keluarnya cairan tersebut bisa disebabkan karena melakukan aktivitas yang terlalu berat, diare, muntah, ataupun akibat mengalami pendarahan.

Untuk itu, jika Anda banyak mengeluarkan cairan, imbangilah dengan banyak mengonsumsi air putih. Jangan sampai penyakit dehidrasi melanda diri Anda karena akibatnya akan sangat fatal bagi tubuh.

3. Mengalami Gangguan Sistem Pencernaan

Dampak akibat kurang minum air putih juga dapat mengakibatkan sistem pencernaan menjadi terganggu.

Dalam proses pencernaan di dalam tubuh, sangat diperlukan sekali air yang cukup, entah itu dalam proses mencerna ataupun menyerap nutrisi yang ada pada makanan yang dikonsumsi.

Jika Anda kekurangan air putih, biasanya akan mudah terserang sembelit dan juga memicu berbagai jenis penyakit pencernaan yang lainnya yaitu ambeien, ulkus peptikum, dan bahkan dapat mengakibatkan penyakit yang mematikan seperti kanker usus.

Selain daripada itu, kekurangan asupan air putih bisa mengakibatkan usus dan lambung mengalami penurunan pelindung lapisan luar serta elastisitas dari kedua organ tersebut menjadi berkurang. Hal tersebut dapat berakibat pada penyakit asam lambung dan usus menjadi luka.

4. Mengalami Gangguan Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ yang vital di dalam tubuh. Tanpa adanya ginjal, maka tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Organ ginjal berfungsi untuk menyaring zat-zat yang berguna dalam tubuh untuk diedarkan ke seluruh tubuh, serta membuang zat yang tidak berguna untuk tubuh melalui keluarnya urine.

Dalam proses filtrasi tersebut sangat dibutuhkan air yang banyak agar dapat bekerja secara maksimal. Jika mengalami kekurangan cairan, maka ginjal akan bekerja lebih keras sehingga zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh tidak bisa keluar secara maksimal.

Hal tersebut jika dibiarkan berlama-lama akan membuat ginjal menjadi rusak dan zat yang tidak berguna di dalam tubuh akan semakin menumpuk sehingga dapat memicu timbulnya penyakit lain yang dapat mengancam nyawa seseorang.

Jika proses filtrasi yang terjadi pada ginjal terganggu, maka seseorang akan rentan sekali mengalami penyakit batu ginjal, infeksi bakteri di ginjal dan bahkan jika sudah terlalu lama bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal, baik itu kronis ataupun akut.

Tak hanya itu saja, kekurangan air putih juga dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih yang biasanya ditandai dengan nyeri saat buang air kecil, air kencing bercampur darah atau warnanya cenderung keruh, mengalami demam, mengalami sakit pinggang, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait : Wow, Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal Yang Sangat Memukau

5. Mengalami Gangguan Sistem Syaraf

Mengalami gangguan sistem syaraf merupakan akibat kurang minum air putih yang selanjutnya. Gangguan sistem syaraf dapat terjadi karena terhambatnya distribusi oksigen ke otak.

Otak adalah organ yang paling vital bagi setiap manusia karena merupakan pusat syaraf yang mengendalikan fungsi motorik dan juga fungsi sensorik.

Gangguan fungsi syaraf yang diakibatkan karena kekurangan air putih ditandai dengan mudah bingung, menurunnya konsentrasi, memicu halusinasi, kehilangan kesadaran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Mudah Terserang Radang Sendi

Radang sendi akan menjangkiti organ tubuh jika kekurangan air putih. Ya, hal tersebut terjadi karena air putih berfungsi untuk menyusun tulang rawan serta digunakan sebagai pelumas persendian. Bisa dibayangkan jika tubuh Anda kekurangan air putih kan?

Penyakit yang sering muncul adalah osteoarthritis dan reumaik. Jadi, jika Anda tidak ingin penyakit tersebut datang, jangan lupa minum air putih yang cukup setiap harinya, minimal 8 gelas setiap hari.

Bagaimana, Anda sanggup melakukannya? Demi kesehatan tulang Anda tentu harus sanggup dan harus bisa. Air putih yang baik adalah tidak berbau, tidak berasa, dan juga tidak berwarna. Jadi, tidak sembarang air putih dapat Anda minum karena belum tentu air putih tersebut sehat untuk tubuh Anda.

7. Mudah Stres Dan Depresi

Kebutuhan tubuh akan air putih sangatlah penting, jika tubuh mengalami dehidrasi maka seseorang akan mudah mengalami stres dan depresi. Mengkonsumsi air putih dengan cukup maka dapat membantu meningkatkan mood seseorang, terutama bagi Anda yang sedang dalam rutinitas kerja.

Menurut pakar kesehatan bahwa minum air putih secara cukup dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan seseorang sehingga akan bisa terhindar dari beban pikiran dan stres. Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan lupa membawa bekal air putih kemanapun akan pergi supaya kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

8. Mengalami Gangguan Pada Kulit

Kulit juga akan mengalami kekurangan kesegaran dan keelastisisan ketika tubuh kekurangan asupan air putih.

Tak khayal jika dalam waktu sekejab kulit mudah menjadi kasar, kusam, dan mudah rusak. Hal tersebut dapat terjadi karena fungsi enzim yang menjaga kesehatan kulit tidak dapat bekerja secara maksimal.

Kulit merupakan bagian yang penting bagi wanita karena kulit merupakan bagian terluar dan sering dilihat oleh orang lain. Pada prinsipnya, seorang wanita ingin selalu terlihat cantik di mata banyak orang termasuk dalam urusan kulit.

Jika terdapat beberapa masalah kulit yang melanda pasti pusingnya bukan main. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, jangan lupa untuk meminum air yang cukup setiap harinya agar Anda terbebas dari akibat buruk dari kurang minum air putih. Dan kulit tetap segar, lembab, dan terawat.

Dengan menyimak informasi ulasan diatas, jelas bahwa air putih memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Nah, agar Anda terhindar dari akibat kurang minum air putih sebaiknya jangan menyepelekan meminum air putih yang cukup setiap hari karena sudah terbukti banyak khasiatnya bagi tubuh.

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, sebaiknya diimbangi pula dengan istirahat yang cukup, makan teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, rajin olahraga, manajemen stres yang baik, dan jangan lupa untuk check up secara rutin ke dokter agar penyakit dapat terdekteksi secara dini dan Anda tidak menyesal di kemudian hari.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*