Adakah Efek Samping dari Kapsul Mengkudu? Yuk Simak Beserta Manfaatnya

adakah efek samping dari kapsul mengkudu
loading...

Bagi Anda yang tinggal di daerah Aceh mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang kerap dijadikan sayur dan rujak ini.

Ya, tanaman yang dibawa oleh bangsa Polinesia Asia Tenggara dengan nama latin Morindo Citrifolia ini memang sudah tidak asing lagi keberadaannya di Indonesia.

Pohon dari buah mengkudu yang tingginya mencapai 3-8 meter ini dapat hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1500 mdpl.

Meski di Indonesia sendiri buah mengkudu lebih dikenal sebagai sayuran dan buah-buahan, ternyata buah ini bisa menjadi ramuan tradisional yang baik untuk kesehatan.

Bahkan kini ada terobosan baru, yakni Kapsul Mengkudu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dari bentuk dan penyajiaannya yang praktis, Kapsul Mengkudu juga memiliki beberapa kandungan zat dan senyawa di dalamnya, antara lain:

  • Zat Nutrisi. Mengkudu merupakan buah dengan kandungan gizinya yang lengkap. Zat nutrisinya seperti vitamin, selenium, mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh juga tersedia.
  • Zat Anti Bakteri. Zat anti bakteri yang terkandung dalam Kapsul Mengkudu dapat mematikan bakteri yang menyebabkan infeksi dan mengontrol munculnya bakteri pathogen.
  • Zat Anti Kanker. Beberapa zat anti kanker pada mengkudu sangat ampuh melawan sel-sel abnormal.
  • Terpenoid. Zat tersebut dapat membantu proses sitesis organic serta pemulihan sel tubuh.
  • Senyawa dalam Kapsul Mengkudu. Mengkudu juga mengandung banyak senyawa di dalamnya seperti proxeronine yang dapat membantu mengaktifkan protein yang tidak aktif dalam tubuh. Senyawa lainnya yakni Xeronine, Scolopetin, alizarin, plant sterois, lycine, arginine, sosium, caprylic acid, antra quinines, phenylalanine,trace elemens dan magnesium.

Dengan kandungan mengkudu yang kaya akan gizi, nutrisi dan senyawa, maka tidak dipungkiri lagi bahwa Kapsul Mengkudu yang berbahan dasar ekstrak buah mengkudu tersebut sangat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nah, berikut beberapa manfaat Kapsul Mengkudu untuk kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Kapsul Mengkudu

1. Mengobati Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau biasa dikenal juga dengan sebutan hipertensi ini merupakan penyakit yang muncul karena tekanan darah yang tinggi pada angka > 140/90 mmHg.

Kondisi dari hipertensi tersebut jika tidak dikendalikan akan menambah beban kerja jantung yang akan berakibat pada kegagalan fungsi atau pembesaran otot jantung. Bahkan hipertensi tersebut jika tidak segera ditangani malah akan menyebabkan stroke atau kelumpuhan.

Nah, salah satu cara mengatasinya yaitu dengan Kapsul Mengkudu. Karena kandungan scopoletin pada megkudu yang bersifat anti inflamasi mampu membantu menurunkan tekanan darah.

Hipertensi atau naiknya tekanan darah biasanya muncul karena penyempitan pembuluh darah, sedangkan Kapsul Mengkudu mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah akan menurun.

Atau mungkin bagi Anda yang memiliki pohon mengkudu, Anda bisa mengolahnya sendiri dengan cara sebagai berikut:

  • Ambil buah mengkudu yang matang dan mentimun
  • Kemudian cuci bersih kedua bahan tersebut
  • Lalu tumbuk keduanya hingga halus, bisa langsung atau kupas terlebih dahulu kulitnya
  • Saring hasil tumbukan tadi hingga mengeluarkan sari-sarinya
  • Masukkan ke dalam gelas dan tambahkan air panas
  • Minumlah 2 kali sehari, pagi dan sore untuk hasil yang optimal

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi

2. Pencegahan Kanker

Pada tahun 1993 Jurnal Cancer Letter melansir laporan hasil penelitian dari Institute of Biomedical Sciences dan Keio University di Jepang melakukan riset terhadap 500 jenis tumbuhan. Salah satunya adalah mengkudu yang mengandung damnacanthal atau zat anti kanker, yang mana mampu berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker.

Seorang peneliti yaitu Dr. Neil Solomon bersama 40 dokter dan praktisi medis yang meriset 8000 pengguna sari buah mengkudu, menyimpulkan bahwa mengkudu dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Dengan kandungan zat terpenoid, polisakarida, epigollocatechin gallate dan proxeronine pada Kapsul Mengkudu, dipercaya mampu mencegah kerusakan pada DNA sel penyebab munculnya sel kanker.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Dislipidemia merupakan kondisi di mana terjadi pengingkatan kolesterol dalam darah yang menjadi faktor utama dalam perkembangan penyakit kardiovaskular.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Saudi-Pakistan menggunakan ekstrak dari buah, daun, dan akar mengkudu untuk mengobati tikus yang sudah diinduksi dengan dislipidemia.

Dalam temuannya, yang dipublikasikan pada edisi 2010 dalam “Lipid dalam Kesehatan dan Penyakit”, mereka menyimpulkan bahwa ketiga ekstrak dari buah mengkudu dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol secara signifikan.

Dengan kandungan zat proxeronine dan xeronine dalam Kapsul Mengkudu, terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Mengandung Kolesterol Sangat Tinggi

4. Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan penyakit dimana produksi insulin dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Gejala dari orang yang terkena diabetes ini biasanya cepat haus dan lapar, sering buang air kecil, berat badan berkurang, mudah ngantuk, pandangan kabur dan lain sebagainya.

Diabetes juga pada umumnya menyerang orang yang obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, kurang aktivitas, dan karena faktor keturunan. Untuk mencegah diabetes menyerang banyak organ dalam tubuh, Anda bisa mencegahnya dengan berbagai perawatan, salah satunya dengan Kapsul Mengkudu.

Dengan kandungan flavonoid pada mengkudu, mampu mencegah produksi glukosa dalam hati sehingga penderita diabetes dapat menjaga kestabilan kadar gula darahnya Selain itu, kandungan Xeronine-nya dapat memicu fungsi sel yang rusak dapat optimal kembali dengan cara meregenerasi dan merevitalisasi.

5. Atasi Disentri

Disentri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Shigella Dusenteriae yang mengakibatkan radang usus yang dapat menimbulkan gejala meluas serta tinja berlendir yang bercampur dengan darah.

Gejala umum pada penderita disentri yaitu, saat buang air besar tinja berlendir dan berdarah, diare encer, dan nyeri ketika buang air besar. disentri juga dapat menimbulkan kejang-kejang, dehidrasi, gangguan elektrolit dan lain-lain.

Maka dari itu, penyakit tersebut haruslah segera ditangani dengan benar. Nah salah satu perawatannya bisa menggunakan Kapsul Mengkudu. Dengan kandungan zat anti bakteri dalam mengkudu bisa mematikan dan mencegah timbulnya bakteri penyebab disentri.

6. Obat Tumor

Dalam penelitian California pada tahun 1992 yang dituangkan dalam sebuah makalah yang berjudul “Aktivitas Anti-tumor Morinda Citrifolia pada Lewis Lung Carcinoma yang Disuntikkan pada Tikus”, menyimpulkan tikus yang sudah disuntikkan dengan kanker mati dalam kurun waktu 9-12 hari, sedangkan tikus yang diberi perawatan dengan mengkudu bisa bertahan 105-123 persen lebih lama.

Jadi intinya, dengan manfaat dari mengkudu mampu menghambat sel pertumbuhan tumor. Sementara itu, menurut Dr. Judah Folkman dari Harvard Univesity, menyimpulkan bahwa mengkudu dapat menghambat aliran darah yang mengalir menuju sel-sel tumor.

Oleh karena itu, sebenarnya manfaat Kapsul Mengkudu untuk tumor sebenarnya tidak jauh beda dengan khasiatnya untuk mencegah kanker.

Baca : Gejala Tumor Otak Stadium Awal Yang Wajib Diwaspadai

Namun sebaik-baiknya obat jika tidak digunakan sesuai pada kebutuhannya juga akan menimbulkan efek yang negatif pula. Lalu apakah Kapsul Mengkudu juga mempunyai efek samping bagi kesehatan? Yuk, simak apa saja efek sampingnya berikut ini:

  • Menimbulkan bau tidak sedap
  • Berisiko pada ibu hamil dan janin
  • Berbahaya bagi ibu menyusui
  • Berbahaya jika dikonsumsi dengan obat hipertensi
  • Membuat mual

Nah, setelah mengetahui apa saja kandungan dan manfaat dalam Kapsul Mengkudu, Anda juga tak luput harus memperhatikan efek sampingnya, dan janganlah mengonsumsinya secara berlebihan dan tidak sesuai dengan dosis.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*